Tak Perlu Khawatir, Ini 5 Tips Atasi Varises saat Hamil

Pregnancy | Sabtu, 21 November 2020 06:30
Tak Perlu Khawatir, Ini 5 Tips Atasi Varises saat Hamil

Reporter : Devi Puspitasari

Menurut sebuah penelitian, 40% ibu hamil alami varises lho Moms.

Saat hamil nggak sedikit ibu yang mengalami varises. Varises memang jadi salah satu masalah yang umum dialami ibu saat hamil Moms. Bahkan, menurut penelitian 40% ibu hamil mengalami varises.

Varises sendiri adalah pembengkakan pembuluh darah yang menonjol berwarna keunguan yang khas di dekat permukaan kulit dan biasanya muncul di kaki. Tapi nggak menutup kemungkinan varises akan muncul di bagian bawah tubuh yang lain.

Bila Moms sedang mengalami masalah ini, jangan khawatir, berikut Diadona rangkum sederet cara mengatasinya. Penasaran bagaimana saja caranya?

2 dari 8 halaman

Penyebab Varises saat Hamil

 Ilustrasi varises saat hamilIlustrasi varises saat hamil © bostonmagazine.com

Dikutip dari What to Expect, varises ini bisa muncul kapan saja Moms selama kehamilan, tapi varises umumnya cenderung membesar dan lebih jelas seiring usia kehamilan. Tapi tenang Moms, varises ini akan perlahan hilang kok setelah Moms melahirkan.

Apa sih yang menyebabkan varises selama kehamilan?

Volume darah yang cenderung bertambah selama kehamilan memberikan tekanan ekstra pada pembuluh darah Moms, terutama pembuluh darah yang ada pada kaki.

3 dari 8 halaman

Ditambah lagi, bertambahnya berat badan dan tekanan yang diberikan rahim pada pembuluh darah di panggul seklaigus efek dari relaksasi pembuluh darah dari progesteron yang diproduksi tubuh juga menjadi penyebab lainnya Moms mengalami varises selama kehamilan.

Tapi perlu diingat ya Moms bila nggak semua wanita hamil mengalami varises. Jadi, bila Moms salah satunya selamat, Moms berarti salah satu yang beruntung!

4 dari 8 halaman

Tips Mengatasi Varises

Namun nggak perlu berkecil hati buat Moms yang saat ini mengalaminya. Tennag, ada beberapa tips yang bisa Moms coba untuk membantu meminimalkan varises yang muncul. Apa saja tipsnya?

1. Ubah Posisi Duduk dan Berdiri

 Ilustrasi Ibu Hamil DudukIlustrasi Ibu Hamil Duduk © https://www.shutterstock.com/g/asawin+klabma

Istirahatkan kaki kapanpun Moms bisa dan sebisa mungkin pastikan agar kaki tetap terangkat saat duduk sehingga nggak memberikan tekanan berlebih pada kaki. Selain itu, lakukan peregangan pada pergelangan kaki sesering mungkin ya dan hindari menyilangkan kaki saat duduk.

5 dari 8 halaman

2. Hindari Memakai Pakaian Ketat

Saat hamil, pastikan Moms pakai pakaian yang nyaman dan nggak ketat ya terutama di area atas kaki. Hindari memakai sabuk atau kaos kaki yang ketat begitu juga pakaian yang Moms kenakan. Satu lagi, hindari pakai sepatu yang ketat dan stiletto!

6 dari 8 halaman

3. Olahraga

 Ilustrasi Ibu Hamil LariIlustrasi Ibu Hamil Lari © shutterstock

Olahraga jadi salah satu kunci untuk mencegah varises, Moms. Jadi, Moms bisa nih melakukan olahraga ringan seperti jalan-jalan santai setiap dua hari sekali atau lakukan olahraga ringan lainnya.

Berenang juga bisa membantu lho Moms, Sebuah penelitian menyatakan bahwa bergerak di dalam air sangat membantu untuk mengatasi varises.

7 dari 8 halaman

4. Perhatikan Berat Badan

Berat badan juga berpengaruh lho Moms. Karena itu, sebisa mungkin jaga berat badan Moms selama kehamilan agar tetap ideal dan seperti yang dianjurkan dokter.

5. Tidur di Sisi Kiri

Tidur di sisi kiri juga bisa membantu nmeminimalisir varises selama kehamilan. Dengan tidur miring ke kiri, bisa membantu menghindari tekanan pada pembuluh darah utama dan menjaga sirkulasi darah tetap kuat.

8 dari 8 halaman

Kapan harus menghubungi dokter tentang varises selama kehamilan?

 ilustrasi ibu hamil dan dokterilustrasi ibu hamil dan dokter © 2020 https://www.diadona.id / @ parents

Jawabannya, segera setelah menyadarinya Moms. Hal ini krena ada hubungan umum antara varises dan risiko trombosis vena dalam (DVT) Moms. Bahkan, juga risiko pembekuan darah. Karena itu, pastikan dokter mengetahui kondisi Moms ini ya.

So, itu dia sederet cara dan informasi mengenai varises selama kehamilan. Semoga membantu.

Join Diadona.id