Tak Selamanya Mengkhawatirkan, Ini 3 Kelebihan Bayi yang Sungsang

Reporter : Mila
Jumat, 20 Agustus 2021 07:27
Tak Selamanya Mengkhawatirkan, Ini 3 Kelebihan Bayi yang Sungsang
Apa aja ya Moms?

Posisi bayi dikatakan sungsang apabila kepalanya masih berada di atas sementara kaki atau pantatnya yang berada di bawah dekat dengan jalan lahir. Padahal dalam kondisi normal, harusnya posisi kepala bayi sudah berada di bawah (cephalic presentation) ketika usia kehamilan memasuki usia 33 minggu.

Meski sering membuat khawatir, ternyata bayi sungsang memberikan beberapa manfaat bagi Moms yang mengandungnya lho! Apa saja ya?

1 dari 3 halaman

Bayi Sungsang Menandakan Kemungkinan Persalinan Normal

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Moms tidak perlu khawatir apabila posisi bayi sungsang sebelum memasuki usia kehamilan 37 minggu. kebanyakan bayi sungsang masih akan terus bergerak dan memutar posisi tubuhnya sebelum mencapai usia penuh kehamilan.

Selain itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki posisi bayi jelang persalinan, misalnya dengan melakukan posisi sujud, berenang, atau memperdengarkan musik untuk memancing si Kecil bergerak.

2 dari 3 halaman

Bayi Sungsang Memiliki Risiko Lebih Kecil Terlilit Tali Pusar

Bayi terlilit tali pusar adalah hal yang lebih mengkhawatirkan. Lilitan yang biasanya terjadi di leher ini sangat berisiko menyebabkan aliran darah dan oksigen terhambat.

Jika posisi bayi sungsang, maka kemungkinan kondisi membahayakan di mana tali pusar melilit janin terjadi akan semakin kecil.

3 dari 3 halaman

Bayi Sungsang Mungkin Menandakan Bayi Kembar

Posisi bayi sungsang juga menandakan adanya kemungkinan Moms sedang mengandung bayi kembar.

Pasalnya dalam kehamilan kembar, kedua bayi akan saling menyesuaikan ukuran dan posisi tubuh untuk berbagi dalam menempati ruang di kandungan. Itulah sebabnya ada kemungkinan salah satu bayi berada dalam posisi sungsang.

Nah, itu tadi manfaat atau kelebihan bayi sungsang. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar