Terbukti, Kehamilan Ternyata Bisa Nular lho!

Reporter : Audila Rima Ndani
Jumat, 3 Juli 2020 12:37
Terbukti, Kehamilan Ternyata Bisa Nular lho!
Nggak bercanda lho. Kehamilan emang beneran bisa nular.

Kehamilan menjadi sebuah hal yang mungkin dimimpikan oleh setiap wanita. Beberapa wanita bahkan menganggap bahwa kehamilan menjadi salah satu tujuan yang dapat menyempurnakan kehidupan keluarga bersama dengan pasangan.

Punya anak memang suatu hal yang menakjubkan. Nggak jarang tentu kabar bahagia ini ingin kita sampaikan pada orang terdekat seperti keluarga dan teman-teman.

Yang nggak banyak diketahui adalah ternyata kehamilan kita bisa menular ke orang-orang di sekitar kita lho. Bukan bercanda, tapi penelitian sudah membuktikan bahwa hal itu beneran terjadi.

1 dari 4 halaman

ilustrasi ibu hamil makan © Diadona

Dilansir dari Times of India, kehamilan merupakan hal luar biasa yang nggak hanya membuat pasangan berbahagia tapi juga memberikan kegembiraan pada keluarga dan teman-teman. Percaya nggak percaya ternyata kehamilan bisa menular layaknya virus.

Saat kita dikelilingi oleh orang-orang yang sedang hamil atau punya bayi sebenarnya kondisi ini bukanlah kebetulan. Kehamilan memang fenomena menular dan meski terdengar aneh tapi hal ini sudah terbukti secara ilmiah lho.

2 dari 4 halaman

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Menurut sebuah penelitian, alasan mengapa begitu banyak wanita satu lingkungan yang hamil atau melahirkan bayi pada waktu yang hampir bersamaan adalah karena mereka dipengaruhi oleh teman-teman mereka yang sudah punya anak. Banyak orang berpikir bahwa menikah dan punya anak menjadi kompetisi bagi para wanita. Padahal kenyataannya hal itu justru terjadi sebaliknya.

Secara psikologis kehamilan memang menular. Melihat kehamilan teman dekat sebenarnya dapat memengaruhi wanita secara positif. Kita akan memiliki perasaan tanggung jawab dan keyakinan bahwa kita bisa mengampil peran dan tugas sebagai ibu.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Sebuah penelitian yang dilakukan di American Sociological Association Journal membuktikan bahwa alih-alih mengadalkan kemampuan sendiri, wanita cenderung mendapatkan rasa percaya diri saat melihat teman atau orang di sekitarnya membesarkan anak. Penelitian ini dilakukan pada 1700 wanita selama lebih dari sepuluh tahun.

Wanita yang diteliti adalah mereka yang saling berteman dan telah menghabiskan waktu bersama cukup lama. Hasilnya menunjukkan lebih dari setengah wanita dalam penelitian ini memiliki anak.

4 dari 4 halaman

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Para ahli menyadari bahwa ada penularan yang umum terjadi di antara semua wanita yang hamil pada waktu yang hampir bersamaan. Selain melihat teman mereka hamil, wanita juga cenderung merasa nggak tertinggal dan diterima secara sosial saat hamil.

Terlihat juga bahwa wanita mendapatkan rasa percaya diri setelah mengetahui bahwa mereka bisa mengalami perjalanan yang sama saat teman mereka sedang hamil. Jadi saat wanita melihat temannya hamil, secara nggak sadar diri mereka terpengaruh dan hormon kesuburan juga terus meningkat. Kondisi ini membuat mereka ingin hamil dan mendapatkan peran yang sama.

Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan kamu ya!

Beri Komentar