Terlanjur Minum Pil KB padahal Sudah Hamil, Bahaya Gak sih?

Pregnancy | Jumat, 4 Juni 2021 11:57
Terlanjur Minum Pil KB padahal Sudah Hamil, Bahaya Gak sih?

Reporter : Mila

Kalau udah terlanjur gimana dong?

Ada beberapa metode kontrasepsi yang umum dilakukan, terutama di Indonesia. Salah satu yang terkenal adalah Pil KB. Pil KB adalah kontrasepsi yang sifatnya oral, mengandung hormon yang mirip dengan hormon yang diproduksi oleh tubuh perempuan.

Meski begitu Pil KB tidak efektif 100 persen. Dengan demikian, masih ada kemungkinan Moms telah hamil secara tidak terduga sementara masih meminum pil KB. Lalu, gimana dampaknya?

2 dari 5 halaman

Apakah Menimbulkan Risiko Cacat Lahir?

Banyak ibu hamil yang tidak menyadari dirinya hamil dan masih terus mengonsumsi pil KB. Oleh karena itu, jadi muncul kekhawatiran hal ini bisa  menyebabkan cacat lahir.

Tetapi, sampai sekarang tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan penggunaan kontrasepsi saat di awal kehamilan meningkatkan kemungkinan cacat lahir pada bayi.

3 dari 5 halaman

Apakah Meningkatkan Risiko Keguguran?

Kekhawatiran lain yaitu adalah anggapan risiko keguguran yang lebih besar jika tak sengaja minum pil KB. Tapi sekali lagi, tidak penelitian yang membuktikan hal tersebut.

Pil KB relatif tidak berpengaruh, karena hormon yang terkandung dalam pil yang ditujukan untuk mengentalkan lendir serviks supaya sperma tidak masuk ke rahim dan menghentikan ovulasi, tidak lagi berfungsi.

4 dari 5 halaman

Apakah Ada Kemungkinan Hamil Ektopik?

Dalam beberapa kasus, minum pil KB khusus-progestin (minipill) saat hamil bisa meningkatkan kemungkinan terjadinya kehamilan ektopik, di mana sel telur yang dibuahi tumbuh di luar rahim.

5 dari 5 halaman

Apakah Ada Risiko Bayi Lahir Prematur?

Beberapa penelitian menyatakan bahwa perempuan yang hamil saat menggunakan Pil KB berisiko lebih besar mengalami persalinan prematur, berat badan lahir rendah, dan beberapa kelainan saluran kemih bawaan.

Terlepas dari faktor risiko yang mungkin terjadi, sebaiknya Moms konsultasikan dengan dokter lebih lanjut untuk menghindari bahaya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Join Diadona.id