Tetap Sehat dan Produktif, Ini 5 Tips Bekerja saat Hamil

Pregnancy | Rabu, 25 November 2020 09:30
Tetap Sehat dan Produktif, Ini 5 Tips Bekerja saat Hamil

Reporter : Devi Puspitasari

Hamil bukan jadi halangan buat tetap produktif ya, Moms.

Kehamilan tentu saja jadi kebahagiaan tersendiri bagi seorang ibu. Tapi juga menjadi tantangan tersendiri bagi ibu yang harus bekerja setiap harinya. Tak jarang, segudang kesibukan dan jadwal yang padat di kantor membuat ibu jadi kelelahan dan mudah stres.

Meski begitu, bukan berarti hamil menjadi halangan bagi Moms untuk tetap produktif selama di kantor ya. Dilansir dari Parenting Orami, berikut Diadona sajikan 5 tips bekerja saat hamil agar Moms bisa tetap produktif dan sehat selama masa kehamilan. Apa saja tipsnya?

2 dari 6 halaman

Jaga Emosi

 Ilustrasi ibu hamil marahIlustrasi ibu hamil marah © cdnparenting.com

Saat hamil, biasanya wanita cenderung punya emosi yang nggak stabil. Untuk itu, Moms perlu menjaga emosi agar selalua berpikiran positif.

Bila emosi Moms sedang meledak-ledak, Moms bisa istirahat sejenak dari pekerjaan dan keluar menghirup udara segar. Berjalan-jalan sebentar atau istirahat di kamar mandi sejenak untuk mengatur napas bisa juga jadi cara lainnya untuk menekan rasa stres, Moms.

3 dari 6 halaman

Gunakan Pakaian yang Nyaman

 Ilustrasi ibu bekerja saat hamilIlustrasi ibu bekerja saat hamil © shutterstock.com

Pakaian yang nyaman sangat berpengaruh pada kesehatan Moms. Apalagi, bagi Moms yang bekerja dengan mobilitas yang tinggi. Karena itu, pilihlah pakaian yang senyaman mungkin.

Selain itu, penting juga Moms menghindari memakai pakaian yang ketat dan model yang membatasi ruang gerak. Begitu juga dengan pemilihan alas kaki. Sebisa mungkin hindari menggunakan sepatu hak tinggi ya Moms saat hamil.

4 dari 6 halaman

Periksa Kandungan secara Berkala

 Ilustrasi ibu hamil dan dokterIlustrasi ibu hamil dan dokter © medicalnewstoday.com

Memeriksakan kondisi kehamilan juga nggak kalah penting, Moms. Moms bisa mengonsultasikan hal-hal apa saja yang perlu dilakukan untuk menunjang perkembangan buah hati dalam kandungan.

Selain itu, jangan sungkan juga bila Moms memiliki keluhan terkait kehamilan agar dokter bisa memberikan solusi untuk menjamin Moms tetap produktif dan sehat selama masa kehamilan.

5 dari 6 halaman

Makan Tepat Waktu

 Ilustrasi ibu bekerja saat hamilIlustrasi ibu bekerja saat hamil © shutterstock.com

Meski Moms punya jadwal yang padat saat pekerja, memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh juga sama pentingnya Moms. Tak hanya untuk Moms saja, tapi juga untuk perkembangan buah hati dalam kandungan.

Karena itu, biasakan untuk selalu makan siang tepat pada waktunya. Moms juga bisa menyediakan camilan sehat seperti buah, salad, atau biskuit untuk mengganjal perut di jam-jam yang kritis.

6 dari 6 halaman

Hindari Lembur Terus-Menerus

 Ilustrasi ibu bekerja saat hamilIlustrasi ibu bekerja saat hamil © shutterstock.com

Tubuh ibu hamil cenderung mudah lelah dan perlu istirahat yang cukup. Karena itu, Moms bisa memberitahu atasan bahwa Moms sedang hamil. Dengan mengetahui kondisi Moms, diharapkan agar atasan nggak memberikan pekerjaan yang membuat Moms harus lembur sampai larut malam. Pasalnya, hal ini juga nggak baik bagi kesehatan Moms dan juga bayi.

Nah, itu dia 5 tips bekerja saat hamil agar ibu dan bayi tetap sehat. Semoga bermanfaat.

Join Diadona.id