Tidak Perlu Obat, Ini Cara Agar Tetap Rapat Setelah Melahirkan!

Pregnancy | Jumat, 13 Mei 2022 10:57

Reporter : Mila Ismiranda

Moms yang baru melahirkan wajib simak ya!

Salah satu kekhawatiran perempuan setelah melahirkan adalah vagina yang 'longgar'. Banyak yang percaya bahwa ketika seseorang terlalu sering berhubungan seksual dan melahirkan, vagina akan kehilangan kerapatannya.

Perlu diketahui, bahwa tidak ada yang namanya vagina longgar, apalagi secara permanen. Miss V punya otot yang elastis. Tapi, tak bisa dimungkiri bahwa setelah melahirkan dan makin bertambahnya usia, otot itu tidak seelastis sebelumnya.

Jadi, yang perlu dilakukan bukanlah 'merapatkan' vagina, melainkan membuat otot di sekitarnya menguat. Bagaimana caranya? Simak terus ya!

Tidak Perlu Obat, Ini Cara Agar Tetap Rapat Setelah Melahirkan!
2 dari 6 halaman

Senam Kegel

Cara pertama untuk 'merapatka' vagina adalah dengan berolahraga, terutama yang fokus pada otot dasar panggul. Sebab, otot tersebut berkaitan erat dengan area vagina, rektum, dan uretra.

Salah satu latihan yang bisa Moms lakukan adalah senam kegel. Sebelum mempraktikkannya, kamu harus tahu di mana otot panggul berada. Untuk mencarinya, saat buang air kecil, coba hentikan urine yang keluar. Otot yang mengalami kontraksi adalah otot dasar panggul. 

Setelah mengetahuinya, ikuti langkah-langkah senam Kegel berikut ini:

  • Berbaring telentang di lantai, tubuh lurus menghadap atas.
  • Kencangkan otot dasar panggul selama 5 detik, kemudian lepaskan selama 5 detik.
  • Lakukan hal ini setidaknya 15 kali dalam satu set.
  • Untuk hasil yang memuaskan, ulang minimal 10 set setiap harinya. 
3 dari 6 halaman

Yoga

Yoga juga bagus untuk membantu memperkuat otot panggul dan vagina. Ada beberapa posisi terbaik yang bisa Moms coba. Di antaranya adalah child's pose, bridge pose, chair pose, dan happy baby pose.

Moms bisa mempraktikkannya sesering mungkin untuk hasil yang maksimal. Selain mengencangkan otot vagina, yoga punya segudang manfaat kesehatan lainnya, baik secara fisik maupun mental.

4 dari 6 halaman

Vaginal Cone

Vaginal cone adalah sebuah alat dengan bentuk seperti tampon. Cara menggunakannya dengan memasukkan bagian kepalanya ke vagina. Setelah itu, kencangkan otot sekuat mungkin selama kurang lebih 15 menit lalu lepaskan.

Alat ini berguna untuk melatih otot-otot vagina, hampir sama seperti senam kegel. Moms bisa melakukannya dua kali sehari. Tambahlah berat dari cone seiring setelah terbiasa.

5 dari 6 halaman

Neuromuscular electrical stimulation (NMES)

Cara terakhir untuk memperkuat otot vagina adalah neuromuscular electrical stimulation (NMES). Berbeda dari metode sebelumnya, ini adalah prosedur medis yang biasanya ditangani oleh dokter. 

Secara garis besar, NMES dilakukan dengan cara mengirimkan arus listrik kecil ke otot panggul. Stimulasi tersebut akan membuatnya berkontraksi kemudian relaks, seperti mekanisme olahraga di atas. Proses biasanya terjadi selama 20 menit dan diulang empat hari sekali dalam beberapa minggu. 

Join Diadona.id