Tips Diet yang Disarankan Sebelum Program Hamil, Wajib Coba Moms!

Pregnancy | Jumat, 17 Juni 2022 11:57

Reporter : Mila Ismiranda

Moms yang akan melakukan program hamil, wajib simak nih.

Diet memang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Untuk itu, dalam menjalankannya juga tidak mudah, tapi hasilnya pasti luar biasa. Moms yang saat ini sedang berencana untuk melakukan program hamil tentunya sudah melakukan konsultasi kesehatan terlebih dahulu. 

Nah, untuk mengetahui boleh atau tidak melakukan diet sebelum program hamil, dan diet seperti apa yang disarankan sebelum program hamil, simak selengkapnya di bawah ya!

Tips Diet yang Disarankan Sebelum Program Hamil, Wajib Coba Moms!
2 dari total 6 halaman

Bolehkah Diet Sebelum Program Hamil?

Diet sebelum program hamil ternyata dibolehkan. Justru dengan diet, peluang Moms untuk hamil serta memiliki kehamilan yang sehat lebih besar, karena Moms punya berat badan yang ideal.

Tapi, untuk jenis dietnya sendiri tidak bisa disamakan dengan diet pada umumnya ya!

3 dari total 6 halaman

Diet yang Disarankan Sebelum Program Hamil

Melansir Babycenter, diet yang baik saat akan menjalani program kehamilan adalah yang berkonsentrasi pada karbohidrat dengan kategori baik. Seperti roti gandum, pasta dan nasi merah.

Mengonsumsi protein juga diperlukan, yaitu protein tanpa lemak seperti ikan, ayam, dan potongan daging tanpa lemak. Tidak lupa juga untuk mengonsumsi buah-buahan, sayuran, produk rendah lemak seperti susu, yogurt atau keju.

4 dari total 6 halaman

Nutrisi yang Harus Dipenuhi Sebelum Program Hamil

Selain yang sudah disebutkan di atas, ini beberapa nutrisi menurut situs whattoexpect.com yang perlu ditingkatkan saat melakukan diet:

  • Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan bahwa perempuan harus mengonsumsi 400 mikrogram asam folat setiap hari, setidaknya selama sebulan sebelum hamil. Asam folat bisa didapatkan dari sayuran hijau, sereal, jeruk dan strawberry. 

  • Kalsium bisa membuat sistem produksi kamu berfungsi dengan lancar dan membantu untuk bisa cepat hamil. Moms bisa mendapatkan sekitar 1.500 mg kalsium setiap hari dari yogurt, susu, keju.
  • Zat besi. Zat besi yang sedikit bisa meningkatkan risiko bayi kekurangan berat badan dan lahir prematur. Moms bisa tambahkan sereal, daging tanpa lemak dan juga bayam pada menu diet sebelum program hamil.
  • Asam lemak omega-3 membantu mengatur hormon pemicu ovulasi dan meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi. Ini bisa didapatkan di makanan laut, daging sapi yang diberi makan rumput serta kacang-kacangan dan biji-bijian. 

  • Protein akan membantu memberikan nutrisi penting pada calon bayi nantinya. Nah, kalau Moms saat ini sedang diet, cobalah untuk mengonsumsi protein dua hingga tiga porsi dalam sehari. Protein itu bisa didapat dari ikan salmon, daging sapi tanpa lemak, kacang hitam
5 dari total 6 halaman

Pola Makan Sebelum Program Hamil

Selain nutrisi diet yang sudah dijelaskan di atas, pola makan yang sehat juga penting. Seperti:

  • Makan lebih banyak buah dan sayuran.
  • Batasi asupan gula dalam makanan
  • Menganalisa dan memahami kebiasaan makan seperti apa
  • Praktikkan kebersihan (makanan) yang baik
  • Hindari kontaminan
  • Jangan melewatkan makan, makanlah dengan teratur sesuai waktunya
  • Kurangi mengonsumsi kafein jika ingin mendapatkan peluang baik dalam program kehamilan 
  • Jangan merokok dan batasi mengonsumsi alkohol yang berlebihan
Join Diadona.id