Wajah Jadi Lebih Berminyak saat Hamil? Ternyata Ini Penyebabnya, Moms

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 19 November 2020 06:30
Wajah Jadi Lebih Berminyak saat Hamil? Ternyata Ini Penyebabnya, Moms
Moms mengalami hal ini juga nggak saat hamil?

Saat hamil, tentu banyak perubahan baik fisik maupun emosional yang dialami ibu. Salah satunya kondisi kulit. Saat hamil, nggak sedikit ibu yang mengalami kulit berminyak. Mungkin Moms juga salah satunya.

Sebenarnya, apa sih yang menyebabkan ibu hamil mengalami kulit berminyak? Dilansir dari Parenting Firstcry, berikut penyebab sekaligus cara mengatasinya.

1 dari 4 halaman

Apa sih Penyebab Kulit Berminyak saat Hamil?

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Perubahan hormon selama kehamilan jadi salah satu penyebab kulit ibu hamil lebih berminyak, Moms. Perubahan hormonal ini menyebabkan produksi sebum meningkat selama bulan-bulan awal kehamilan yang menyebabkan kulit jadi lengket dan berminyak.

Tak hanya perubahan hormon, meningkatnya aliran darah selama kehamilan juga bisa membuat kulit jadi berminyak. Aliran darah yang meningkat ini bisa memicu kelenjar minyak yang menyebabkan kulit jadi lebih berminyak tentunya.

2 dari 4 halaman

Lantas, berapa lama sih kondisi kulit ini dialami oleh ibu hamil?

Dalam banyak kasus, kulit Moms akan membaik pada trimester kedua. Tapi nggak menutup kemungkinan bagi sebagian wanita, kondisi ini bisa bertahan sampai melahirkan bahkan sampai setelah menyusui.

Bagi Moms yang sedang mengalami masalah kulit ini, hindari obat atau skincare yang mengandung asam salisilat atau asam beta-hidroksida ya Moms. Karena, kedua bahan itu kemungkinan bakal menimbulkan efek samping bagi ibu dan bayi dalam kandungan.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi

Ada sederet cara yang bisa Moms coba untuk mengatasi kondisi kulit satu ini agar nggak semakin parah. Apa saja caranya?

1. Makan Banyak Buah dan Sayur

Ilustrasi ibu hamil © Diadona

Makan banyak buah dan sayur sekaligus mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gula, nggak hanya membantu kulit tetap bersih tapi juga bermanfaat untuk membantu Moms menjaga berat badan tetap ideal.

2. Minum Cukup Air

Minum air yang cukup bisa membantu Moms mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan baik bagi pencernaan. Nggak hanya, itu minum cukup air juga membantu Moms terhindar dari dehidrasi selama hamil.

4 dari 4 halaman

3. Pastikan Mengonsumsi Cukup Vitamin B2

Kekurangan vitamin B2 nyatanya bisa memperburuk masalah kulit berminyak lho Moms. Karena itu, pastikan Moms mendapat asupan vitamin B2 dengan cukup. Vitamin ini sendiri bisa ditemukan pada telur, daging tanpa lemak, susu, biji-bijian, dan lainnya.

Selain tiga cara di atas, Moms juga bisa meminimalisir dampaknya dengan menjaga kebersihan dan makan dengan pola makan yang tepat.

Tapi bila Moms mengalami masalah kulit lainnya karena hal ini seperti munculnya jerawat yang parah, Moms bisa langsung menghubungi dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. Semoga membantu.

Beri Komentar