Waspada, Ini 5 Bahaya Makan Berlebihan Bagi Ibu Hamil

Reporter : Devi Puspitasari
Sabtu, 9 Januari 2021 12:30
Waspada, Ini 5 Bahaya Makan Berlebihan Bagi Ibu Hamil
Apa saja risikonya?

Berat badan ibu kebanyakan naik selama kehamilan karena makan yang berlebih. Memang, mencukupi asupan nutrisi bagi ibu dan si kecil sangat penting selama kehamilan. Tapi, nyatanya makan berlebihan saat hamil justru nggak sehat Moms.

Mengonsumsi makanan secara berlebihan saat hamil, nggak hanya berdampak pada ibu namun juga bayi. Umumnya, kalori tambahan yang direkomendasikan selama trimester kedua yakni 340 kalori per hari sedangkan pada trimester ketiga yakni sebesar 450 kalori.

Lalu, apa sih dampak buruk makan berlebihan saat hamil? Dikutip dari Parenting Firstcry, yuk simak sederet bahaya makan berlebihan bagi bumil.

1 dari 7 halaman

Obesitas

Ilustrasi ibu hamil obesitas © Diadona

Makan yang kurang terkontrol selama kehamilan bisa menyebabkan penambahan berat badan yang lebih dari normal bahkan berujung obesitas. Kenaikan berat badan yang berlebihan saat hamil ini bisa berdampak buruk Moms bagi bumil secara fisik seperti meningkatkan risiko nyeri kaki, nyeri punggung, varises dan wasir

2 dari 7 halaman

Diabetes Gestasional

Makan berlebihan dan penambahan berat badan yang nggak terkontrol bisa membuat bumil berisiko lebih besar terkena diabetes gestasional.

Kadar gula bumil yang meningkat bisa meningkatkan kadar insulin bayi dan kadar gula darah, Moms sehingga bisa mengakibatkan bumil mengalami obesitas sekaligus diabetes tipe 2.

3 dari 7 halaman

Tingkatkan Risiko Makrosomia

Ilustrasi Bayi © Diadona

Mengonsumsi terlalu banyak kalori selama kehamilan bisa memengaruhi berat badan bayi dalam kandungan, Moms. Hal ini juga bisa meningkatkan risiko bayi mengalami makrosomia atau berukuran terlalu besar. Dalam kondisi ini, sangat mungkin Moms harus melahirkan secara caesar.

Makrosomia atau bayi besar juga rentan mengalami gangguan pernapasan, gula darah rendah, bahaya obesitas, dan penyakit jantung pasca lahir.

4 dari 7 halaman

Mulas

Sakit maag bisa dibilang sebagai keluhan yang umum dirasakan bumil. Saat kehamilan berlanjut, rahim yang tumbuh bisa memenuhi saluran pencernaan sehingga memberi lebih banyak tekanan pada perut dan usus, Moms. Nah, makan berlebihan selama waktu ini bisa memperburuk gangguan pencernaan dan mengakibatkan mulas.

5 dari 7 halaman

Preeklamsia

Ilustrasi ibu hamil © Diadona

Makan berlebihan selama kehamilan juga bisa menyebabkan preeklamsia atau tekanan darah tinggi pada ibu hamil. Preeklamsia sendiri bisa membahayakan kesehatan ibu dan bayi, Moms. Bahkan, preeklamsia bisa menjadi penyebab kelahiran prematur.

6 dari 7 halaman

Gimana sih Cara Mengontrol Makan Berlebihan saat Hamil?

Ilustrasi ibu hamil makan © Diadona

Bila Moms sekarang sedang mencoba berjuang untuk mengubah kebiasan buruk satu ini, berikut sederet tips yang bisa bumil lakukan. Apa saja tipsnya?

1. Lakukan olahraga ringan saat hamil.

2. Pastikan diri tetap terhidrasi.

3. Pertahankan pola makan yang sehat.

4. Kurangi stres.

Beri Komentar