Waspada Moms, Ini Risiko dari Kehamilan yang Tidak Direncanakan!

Reporter : Mila I
Senin, 10 Januari 2022 11:57
Waspada Moms, Ini Risiko dari Kehamilan yang Tidak Direncanakan!
Bisa berbahaya untuk bayi dalam kandungan.

Mempersiapkan kehamilan memang sangatlah penting, agar Moms dan bayi dalam kandungan sehat. Tapi, terkadang kehamilan terjadi tanpa disangka-sangka, tidak direncanakan maupun diinginkan.

Kehamilan yang tidak direncanakan ini bisa menjadi masalah bagi Moms dan bayinya. Bahkan, kalau tidak ditangani dengan tepat dan cepat, bisa berakibat fatal.

Kehamilan yang tidak direncanakan biasanya terjadi karena tidak menggunakan alat kontrasepsi, atau penggunaan alat kontrasepsi yang tidak konsisten atau tidak benar. Pada akhirnya, ini menimbulkan dampak negatif pada kesehatan, sosial, dan psikologis.

1 dari 5 halaman

Depresi

Ilustrasi Hamil © Diadona

Kehamilan yang tidak direncanakan dan tidak diingink bisa menjadi penyebab Moms mengalami depresi selama kehamilan dan postpartum.

Hal tersebut juga didukung oleh beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa kehamilan yang tidak diinginkan berhubungan dengan depresi, kecemasan, dan tingkat stres yang lebih tinggi.

2 dari 5 halaman

Perawatan Kehamilan Tertunda

Ilustrasi ibu hamil dan dokter © Diadona

Perawatan kehamilan penting dilakukan sejak dini oleh setiap ibu hamil. Perawatan kehamilan yang dilakukan dengan benar terbukti berhubungan dengan berat badan lahir bayi sehat.

Perempuan dengan kehamilan yang tidak diinginkan cenderung kurang mendapatkan pelayanan kesehatan selama kehamilan dibandingkan dengan wanita dengan kehamilan yang diinginkan.

3 dari 5 halaman

Kelahiran Prematur

ilustrasi bayi prematur © Diadona

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita dengan kehamilan yang tidak diinginkan memiliki risiko yang lebih tinggi untuk melahirkan prematur.

Bayi yang lahir prematur cenderung punya berat lahir rendah, yang berhubungan dengan ketidakmampuan fisik dan kognitif pada masa bayi dan juga pencapaian pendidikan yang lebih rendah saat dewasa.

4 dari 5 halaman

Komplikasi dan Kematian

Ilustrasi Hamil © Diadona

Risiko terburuk yang bisa ditimbulkan dari kehamilan yang tidak direncanakan adalah peluang terjadinya komplikasi saat kehamilan yang lebih besar. Bahkan hal ini bisa menyebabkan kematian untuk Moms dan bayinya.

Kehamilan yang tidak direncanakan yang terjadi pada remaja bisa menimbulkan dampak kesehatan yang lebih parah pada sang ibu, seperti toksemia, anemia, komplikasi kelahiran, dan kematian.

Bayi dari ibu remaja ini juga cenderung punya berat badan lahir rendah dan menderita cedera lahir atau cacat saraf. Bayi juga kemungkinan dua kali lebih besar untuk mati di tahun pertama kehidupannya.

5 dari 5 halaman

Kalau Sudah Terlanjur, Apa yang Harus Dilakukan?

Ilustrasi Hamil © Diadona

Banyak perempuan yang tidak tahu apa yang harus ia lakukan ketika mendapat kehamilan yang tidak direncanakan. Ini beberapa hal yang bisa dilakukan adalah:

  • Mulai dengan konsumsi zat gizi yang ibu butuhkan. Penting untuk mengonsumsi asam folat 400-800 mikrogram setiap hari. Kamu bisa dapatkan dari makanan atau suplemen.
  • Sebaiknya berhenti merokok danminum alkohol.
  • Pertahankan berat badan pada rentang normal.
  • Segera periksakan kehamilan ke dokter. Tanyakan apa yang harus dilakukan untuk membuat ibu dan bayi dalam kandungan tetap sehat.
  • Cari dukungan dari orang-orang terdekat.

Semoga informasi ini membantu, ya!

Beri Komentar