Waspadai Beberapa Hal Kecil yang Bisa Hambat Perkembangan Janin Ini Mom

Reporter : Riza Umami
Sabtu, 13 Juni 2020 13:17
Waspadai Beberapa Hal Kecil yang Bisa Hambat Perkembangan Janin Ini Mom
Meski sepele ternyata cukup berdampak untuk si kecil lho, Mom.

Ada banyak hal yang perlu ibu perhatikan saat masa kehamilan mulai dari hal-hal yang sepele sampai hal-hal yang besar. Hal ini disebabkan, hal-hal kecil yang dilakukan pun ternyata bisa memberikan dampak yang buruk untuk janin yang ada di dalam kandungan.

Bahkan, beberapa hal sepele ini bisa menghambat perkembangan si kecil di dalam perut ibu. Tentu sebagai orang tua, ibu tak ingin hal ini terjadi pada calon bayinya. Apa saja kira-kira hal-hal tersebut? Sebuah akun Instagram yaitu @mutiarabunda.id menjelaskan beberapa hal sepele yang bisa menghambat perkembangan janin.

1 dari 2 halaman

Yang pertama yaitu saat ibu berantem bahkan sampai berteriak-teriak. Dalam hubungan, tentu ada saja masalah yang terjadi bahkan sampai menimbulkan pertengkaran. Ternyata bila ibu sering bertengkar dengan ayah saat mengandung, hal ini bisa memberikan dampak yang buruk pada janin karena sedari dalam kandungan, ia sudah mulai mendengarkan pertengkaran orang tuanya.

Ilustrasi Ibu Hamil Makan © Diadona

Yang kedua yaitu terlalu banyak makan makanan yang manis. Meskipun berat badan cenderung naik saat hamil, tetapi ibu pun harus tetap memperhatikan dan menjaga berat normal untuk ibu hamil. Hindari pula terlalu banyak mengonsumsi makanan yang terlalu banyak gula karena bisa menghambat perkembangan janin.

2 dari 2 halaman

Yang berikutnya yaitu mengonsumsi obat-obatan saat hamil baik yang herbal maupun tidak. Hanya minum obat sesuai anjuran dari dokter dan jangan terlalu percaya jika ada orang lain atau kerabat yang merekomendasikan obat-obat tertentu yang katanya baik untuk janin. Pastikan konsultasikan dulu segala jenis obat yang ibu minum semasa hamil pada dokter kandungan.

Terakhir yaitu berendam di air hangat. Boleh-boleh saja untuk berendam di air hangat untuk ibu hamil tetapi perhatikan suhu air tersebut. Suhunya tidak boleh lebih dari 38 derajat Celsius karena bisa berdampak buruk dan menghambat perkembangan janin di dalam kandungan.

Nah, itulah beberapa hal kecil yang perlu ibu hindari saat masa kehamilan. Semoga ibu dan si kecil sehat selalu sampai proses persalinan nanti. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar