Yuk Kenali Jenis Perubahan Kulit Saat Hamil, Moms!

Reporter : Prisma Difta
Minggu, 5 Juli 2020 09:00
Yuk Kenali Jenis Perubahan Kulit Saat Hamil, Moms!
Apa ya kira-kira?

Saat hamil, hormon di dalam tubuh akan berubah, dan memperngaruhi jenis kulit. Selain perubahan kulit, tubuh juga akan mengalami gangguan kesehatan, dan juga perubahan bentuk tubuh.

Jika mengalami perubahan jenis kulit, Sahabat Fimela tidak perlu khawatir, karena terkadang perubahan itu hanya terjadi pada saat masa kehamilan saja.

Yuk kenali beberapa perubahan jenis kulit, yang sering terjadi pada saat masa kehamilan, dilansir dari Fimela,

1 dari 4 halaman

Noda hitam di wajah ( Flek )

Perubahan jenis kulit pertama, yang sering terjadi ada saat masa kehamilan, yaitu munculnya noda-noda hitam di wajah.

Noda-noda hitam di kulit wajah ini timbul, karena adanya peningkatan pigmentasi pada kulit, atauyang sering disebut dengan melasma atau chloasma.

Agar noda-noda hitam di kulit tidak semakin parah, gunakan tabir surya yang kandungannya aman digunakan ibu hamil, untuk membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

2 dari 4 halaman

Kulit Berjerawat

Perubahan jenis kulit yang sering muncul pada masa kehamilan, yaitu timbulnya jerawat pada kulit, pada saat trimester pertama dan kedua. Jerawat bisa disebabkan karena kulit berminyak, stres, dan perubahan hormon pada saat sedang hamil.

Untuk menghilangkan jerawat yang timbul saat hamil, gunakanlah skincare yang dikhususkan untuk jerawat, dan konsultasikan dengan dokter karena tidak semua obat jerawat bisa digunakan ibu hamil.

3 dari 4 halaman

Kulit lebih tipis

Perubahan hormon pada saat hamil, bisa membuat perubahan jenis kulit, seperti kulit menjadi lebih tipis. Hal ini disebabkan karena hormon estrogen meningkat, yang membuat pembuluh dara kapiler lebih terlihat pada wajah, tenggorokan dan leher.

Tak perlu khawatir, hal seperti ini sangat wajar terjadi, dan kulit akan kembali seperti semula setelah melahirkan.

4 dari 4 halaman

Kulit Sensitif

Perubahan kulit yang sangat wajar, yang sering terjadi pasa masa kehamilah, yaitu kulit menjadi lebih sensitif. Kulit lebih sensitif pada masa kehamilan, disebabkan karena perubahan sistem imun tubuh. Namun kondisi ini akan membaik setelah melahirkan. 

Kulit sensitif biasanya ditandai dengan kulit yang mudah kemerahan, mengelupas, kering dan terlihat lebih kusam.

Semoga membantu ya moms!

Beri Komentar