20 Obrolan Basa-Basi yang Gak Garing saat Ketemu Calon Mertua, Biar Makin Akrab!

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 7 November 2023 12:17
20 Obrolan Basa-Basi yang Gak Garing saat Ketemu Calon Mertua, Biar Makin Akrab!
Hayo, udah kepikiran bakal mau ngobrolin apa aja?

Katanya, tradisi berkenalan dengan orang tua pacar jadi hal yang menakutkan. Rasanya tuh deg-degan, bingung, dan gak tau mau melakukan apa. Tapi apakah benar demikian?

Proses mengenal latar belakang keluarga memang menjadi sangat krusial bagi pasangan. Tak hanya kenal dengan pasangan saja, tapi kamu juga akan hidup dan sering bertemu dengan keluarga pasangan setelah menikah. Makanya, inilah yang disebut cinta bukan hanya menyatukan dua hati, tapi juga dua keluarga.

Nah, bagi kamu para Girls setia Diadona yang saat ini tengah bingung akan menemui sang calon mertua dan gak tau bahan obrolan yang akan dibicarakan nanti, berikut Diadona ulas 20 obrolan basa basi yang gak garing dan membuat kamu makin akrab dengan orang tua pacar. Yuk, check this out!

1 dari 6 halaman

Ide Ngobrol dengan Calon Mertua © Diadona

1. Kondisi Cuaca

Kondisi cuaca hari ini bisa jadi perbincangan menarik. Obrolan ini tentu yang bisa melebar kemana-mana bahkan mungkin sampai ke pengalaman orang tua pasanganmu.

Siapa bilang musim hujan atau panas selalu menghambat aktivitas. Malah, berkat kedua musim ini malah bisa jadi penyelamat kalau kalian kehabisan akal buat ngobrolin apa dengan calon mertua.

Kalau cuacanya bikin suhu dingin, kamu bisa membandingkan dengan tempat di mana kamu tingal. Sepele banget ya, tapi siapa sangka obrolan ringan kayak gini malah bikin calon mertua antusias lho!

2. Benda Sekitar

Membangun obrolan kadang semudah membicarakan apapun yang ada di sekitar, seperti foto masa muda calon mertua yang terpajang di salah satu sudut rumahnya.

Kalau lagi kepepet gak tau mau ngobrolin apa, kamu tentu bisa melihat sekeliling. Kalau kamu melihat ada figura foto kamu bisa menanyakan siapa dia dan kapan foto itu diambil. Yakin deh, orang tua pacar bakal ngomong ngalor ngidul buat menjelaskannya. Sekalian tau silsilah keluarga mereka kan?

3. Membahas Saudara

Jadikan adik atau kakaknya bahan obrolan, sesederhana bertanya tentang sekolah, pekerjaan, hingga kebiasaannya mungkin.

Poin plus pacarmu kalau ia punya adik, apalagi adiknya yang masih kecil dan menggemaskan. Kalian nggak cuma bisa ngobrol tentang kelucuannya tapi juga menemaninya bermain. Selain bisa buat basa-basi, kamu juga bisa tunjukkan rasa kepedulianmu pada anak kecil dengan kelembutan yang kamu berikan padanya. Ide cemerlang gak tuh! Hehe...

2 dari 6 halaman

Ide Ngobrol dengan Calon Mertua © Diadona

4. Lingkungan Tempat Tinggal

Membicarakan lingkungan tempat tinggal keluarga mereka, mulai dari tradisi sampai suasananya juga oke-oke aja tuh.

Obrolan paling simpel dan tentu akan menarik orang tua pasanganmu adalah saat membalas pertanyaanmu. Bahas soal daerah di mana dia tinggal, kalau kebetulan kamu paham daerah itu, kamu bisa ngobrolin hal seputar ini. Dijamin gak bakal garing kok.

5. Cerita Random

Biarpun random, cerita pengalamanmu kesasar saat ke rumahnya bisa saja terdengar lucu dan akhirnya mencairkan suasana, lho

Rute perjalanan memang selalu jadi bahasan menarik. Kamu bisa berlagak bodoh untuk menanyakan rute yang benar untuk menuju rumah calon mertua. Gak ada salahnya juga cerita pengalaman hampir kesasar, siapa tahu itu bisa membuat ayah atau ibunya tertawa. Sekali-kali dong kamu jadi bahan tertawaan, demi bisa jadi mantu idaman. 

6. Ngobrol Sambil Nonton TV

Ngobrol sambil nonton TV bisa jadi salah satu alternatif paling menarik. Apalagi kalau yang kamu dan ayahnya tonton itu program TV favoritnya.

Udah deh, gak akan ada habisnya kalau bicara soal tren, atau sesuatu yang lagi viral. Melihat calon mertua sedang asyik nonton tv bisa kamu jadikan bahan buat basa-basi.

Kamu bisa ngobrol tentang program sampai kasih tahu hal-hal keren yang orang tua pacarmu belum tahu. Kamu anak muda kekinian pasti pinter dong bikin obrolan jadi menarik seputar media.

3 dari 6 halaman

Ide Basa-Basi saat Ngobrol dengan Calon Mertua © Diadona

7. Hewan Peliharaan

Beruntung kalau keluarga pasanganmu punya hewan peliharaan, sebab ini juga bisa jadi bahan penyelamatmu untuk ngobrolin hewan saat basa-basi dengan calon mertua.

Kalau orang tua pacarmu memelihara anjing, alangkah lebh baiknya kamu paham soal dunia anjing juga. Hewan peliharaan bisa menjadi kunci ajaib untuk membuka obrolan yang bikin calon mertua betah lama-lama ngobrol sama kamu.

8. Minta Saran

Awalnya tanya tentang pekerjaan orangtua pasangan, selanjutnya kamu bisa meminta nesehat soal karier masa depan, biar mereka merasa dijadikan panutan olehmu.

Kalau kamu sudah paham betul, kalau mau basa-basi pakailah topik yang gak jauh dengan latar belakang pekerjaan calon mertua. Daripada kamu bingung, mending ngobrol yang kamu kuasai deh, jangan sok pintar dan berakhir membangun topik di luar kemampuan dan minat calon mertua, ya.

9. Ngobrolin Pasangan

Gak ada salahnya juga ngobrolin hal-hal yang belum kamu pahami dari pasanganmu ini, entah sikap, sifat atau kebiasaannya sehari-hari.

Orang tua pasti tahu tentang aib tersembunyi dan nyeleneh pasangan yang belum kamu pahami. Kamu bisa tanyakan ke orang tua pasanganmu itu, sekadar becandaan biar suasana nggak tegang gitu lho. Gak usah ngobrolin hal yang serius dulu ya, karena orang tua pacar juga belum begitu paham betul dengan dirimu.

4 dari 6 halaman

Ide Ngobrol Basa-Basi dengan Calon Mertua © Diadona

10. Harga Sembako

Namanya juga orangtua, obrolan masalah sembako pasti akan membuat mereka antusias dong.

Jangan anggap remeh tentang pengetahuanmu tentang sembako, hal ini tentu akan berharga buat kamu kalau suatu waktu bertemu dengan orang tua pasangan. Basa-basi dengan bahan yang ringan seperti ini bisa membuat orang tua pacar tertarik, karena mereka pasti peduli dan paham dengan sembako, dan kebutuhan pokok lain. Simpel dan tentunya gak sulit dong?

Nah, itu tadi beberapa ide membuat bahan obrolan dengan orang tua pacar yang gak garing dan tentunya mereka makin suka sama kamu. Semoga membantu ya.

11. Resep Makanan

Basa basi dengan nanyain resep makanan favorit pasanganmu atau makanan khas daerah pasanganmu bakal bikin mereka merasa lebih istimewa.

Lebih bagus lagi kalau kamu pernah dibawain makanan sama mereka. Kamu bisa mencari tahu lebih dalam resep apa yang digunakan oleh ibunya. Kalau kamu beruntung, kamu bisa diajak praktik langsung jadi kamu bakal lebih dekat lagi sama mereka.

12. Hobi

Obrolan tentang hobi dijamin bikin basa basi kamu lebih lancar dan menuai antusias dari mereka.

Sebelum membicarakan hobi, kamu perlu mengetahui dan memahami dulu dunia hobi yang disukainya. Jangan sampai mereka udah antusias, eh, kamu bingung melanjutkan obrolan. Poin plus lagi kalau kalian berdua memiliki hobi yang sama, otomatis mereka makin betah ngobrol sama kamu.

5 dari 6 halaman

Ide Basa-Basi saat Ngobrol dengan Calon Mertua © Diadona

13. Aktivitas Saat Ini

Obrolan ini basa basi banget, tetapi bisa menunjukkan kalau kamu nggak cuma peduli sama anaknya aja.

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan dasar yang bisa bikin nyambung ke berbagai topik. Berawal dari obrolan aktivitas, kamu bisa mendapatkan banyak cerita tentang pengalaman hingga nasihat yang bermanfaat buat kamu.

14. Anggota Keluarga Yang Lagi Di Rumah

Pertanyaan tentang siapa aja yang lagi ada di rumah juga bisa kamu jadikan jurus andalan saat akan basa basi.

Saat kamu tiba di rumah mereka dan hanya melihat ada ibunya, kamu bisa menanyakan hal seperti, Cuma ada ibu sama (nama pasanganmu) di rumah, Bu? Bapak kemana?, biasanya pertanyaan ini akan dijawab dengan mengabsen anggota keluarga yang sedang pergi. Orang tua juga biasanya akan bercerita lebih lanjut tentang keluarga dia yang sedang pergi.

15. Pengalaman Lucu Sama Pasanganmu

Obrolan basa-basi nggak harus selalu tentang mereka, kamu bisa menceritakan pengalaman lucu sama anak mereka alias pasanganmu.

Kamu bisa mengawali dengan obrolan santai seputar pengalaman kalian yang lucu. Ceritakan hal yang lucu tapi tetap nggak bikin pasanganmu terlihat jelek. Kalau kamu menceritakan hal yang bikin pasanganmu terlihat jelek, bisa-bisa mereka makin mikir-mikir buat ngebolehin kamu sama anaknya.

16. Peristiwa Terkini

Kejadian yang terjadi baru-baru ini bisa bikin obrolan makin lanjut karena hal yang trendy nggak pernah ada habisnya.

Topik ini terlihat membutuhkan effort untuk mencari berita. Namun, bagi orang tua, obrolan tentang peristiwa terkini adalah hal yang bisa bikin nyambung. Melalui obrolan ini, kamu bisa diingatkan dan diberi informasi tentang pengetahuan yang mereka miliki.

6 dari 6 halaman

17. Destinasi Wisata

Destinasi wisata merupakan topik yang nggak ada habisnya, kamu juga bisa menanyakan destinasi impian mereka sebagai ide basa-basi.

Kalau mereka pernah mengunjungi destinasi wisata yang kamu impikan, kamu bisa menanyakan informasi tentang destinasi wisata tersebut. Mereka bisa merekomendasikan destinasi lain yang bagus untuk kamu kunjungi dan tips saat sedang berlibur.

18. Perkembangan Teknologi

Orang tua biasanya nggak update dengan perkembangan teknologi, tetapi kamu bisa membuat topik obrolan seputar kenangan teknologi pada masa lalu.

Obrolan tentang susahnya menonton televisi pada saat mereka masih remaja adalah basa-basi yang bikin mereka mengingat kenangan masa lalu. Pada tahap ini, biasanya mereka akan bercerita susahnya untuk mendapatkan sentuhan teknologi pada saat itu. Biasanya obrolan tentang masa lalu nggak pernah ada habisnya.

19. Aktivitas Sosial

Menanyakan kesibukan mereka selama mengikuti kegiatan tingkat RT juga nggak salah, lho.

Biasanya orang tua suka banget ikut perkumpulan yang disenangi. Misalnya, ibu-ibu mengikuti kumpulan PKK atau bapak-bapak yang aktif di kegiatan tingkat RT. Kamu bisa mengawali topik dengan memuji kerukunan lingkungan rumah mereka, nantinya mereka akan menceritakan hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas sosial mereka di rumah.

20. Kisah Cinta Mereka

Sebenarnya topik ini bisa dijadikan sebagai obrolan basa-basi yang menyenangkan asal kamu tahu cara menyampaikannya

Kalau suasananya lagi nyantai, kamu bisa tuh awalnya iseng-iseng nanya sejarah mereka bisa kenal satu sama lain. Saat mereka menjawab dengan antusias, kamu bisa menyambung dengan pertanyaan kisah cinta mereka hingga saat ini masih langgeng. 

Ada 20 ide ngobrol sama mertua, jadi jangan khawatir bakalan kehabisan topik ya!

Penulis : Yayuk Harini, Alvita Maharani

Beri Komentar