3 Alasan Psikologis Mengapa Kamu Nggak Boleh Mencintai Seseorang Secara Berlebihan

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 15 Januari 2021 09:15
3 Alasan Psikologis Mengapa Kamu Nggak Boleh Mencintai Seseorang Secara Berlebihan
Cukup sewajarnya aja deh..

Pernah nggak sih kamu mendengar nasihat supaya jangan mencintai seseorang secara berlebihan? Atau mungkin nasihat lain seperti, saat mencintai seseorang jangan berikan 100% yang kamu punya?

Nasihat-nasihat semacam ini memang ada benarnya kok. Pasalnya, mencintai seseorang secara berlebihan ternyata bisa berakibat buruk pada psikologi seseorang loh.

Melansir dari Psychology Today, seorang psikolog bernama Aaron Ben-Zeév Ph.D., mengemukakan 3 alasan mengapa kamu nggak boleh mencintai pasanganmu secara berlebihan. Kira-kira apa saja? Simak selengkapnya ya..

1 dari 4 halaman

1. Tidak bisa melihat perspektif yang lain

Ilustrasi Pasangan Bucin © Diadona

Kelebihan emosional, termasuk cinta, ternyata diam-diam juga membahayakan. Saat kamu terlalu mencintai seseorang dan terlalu banyak mencurahkan kasih sayang padanya, maka hal tersebut akan membuat kamu dan dia sama-sama nggak bisa melihat perspektif yang lain. Kalian hanya terjebak dan terfokus satu sama lain, sehingga bisa menjadi abai terhadap berbagai masukan dan pertimbangan yang diberikan oleh orang lain untuk hubungan kalian.

2 dari 4 halaman

2. Menyakiti diri sendiri dan juga kekasih

Ilustrasi Pasangan Sedih © Diadona

Mencintai secara berlebihan sebenarnya bisa menyakiti kedua belah pihak, baik kamu maupun kekasihmu. Cinta yang terlalu besar kadang menutupi hal-hal buruk yang seharusnya bisa disingkirkan. Sehingga saking cintanya, kamu bisa menganggap perlakuan buruk pasangan adalah suatu hal yang bisa ditoleransi, meski seharusnya nggak demikian.

Rasa sayangmu yang terlalu besar itu juga bisa menyakiti pasangan. Saat kamu memberikan terlalu banyak cinta tapi dia nggak bisa memberikan hal yang sama, kamu cenderung menuduhnya nggak benar-benar mencintaimu. Jelas-jelas menyakiti perasaannya kan?

3 dari 4 halaman

3. Kehilangan jati diri

Ilustrasi Perempuan Merenung © Diadona

Mencintai pasangan dengan sewajarnya akan membuat hidupmu lebih seimbang. Namun jika kamu memberikan cinta secara berlebihan, diam-diam kamu akan kehilangan dirimu sendiri. Kamu terlalu memprioritaskan kebahagiaannya, sampai lupa bahwa diri sendiri jauh lebih perlu mendapat perhatian.

Ada baiknya jika kamu benar-benar mencintai dirimu sendiri, sebelum mencintai orang lain. Supaya dengan demikian, kamu nggak akan kehilangan jati diri saat sedang menjalin hubungan asmara.

4 dari 4 halaman

Well, segala sesuatu yang berlebihan itu emang nggak baik loh. Bahkan soal cinta dan kasih sayang, ada baiknya jika diberikan secukupnya kepada orang yang benar-benar tepat. Jangan diserahkan seluruhnya, karena kamu pun butuh cinta dan kasih sayang untuk dirimu sendiri..

Beri Komentar