5 Alasan Kenapa Memutus Kontak dengan Mantan Adalah Cara Terbaik untuk Move On

Reporter : Firstyo M.D.
Jumat, 3 Januari 2020 14:44
5 Alasan Kenapa Memutus Kontak dengan Mantan Adalah Cara Terbaik untuk Move On
Tetap berbuat baik nggak berarti kamu harus terus menerus saling kontak dengan mantan, karena ternyata memutus kontak nggak selalu berarti buruk.

Nggak ada putus cinta yang nggak sakit. Entah kamu yang mengambil keputusan atau menerimanya, kamu pasti akan merasakan ada hal yang hilang. Setelahnya kamu harus kembali menyesuaikan ritme hidup sebagai seorang single. Cara terbaiknya? Dengan cara nggak lagi-lagi berkomunikasi intens dengan mantan.

Dilansir dari Bolde (27/12), berikut adalah lima alasan kenapa memutus kontak dengan mantan adalah cara terbaikmu untuk move on.

1 dari 5 halaman

1. Kamu Butuh Waktu untuk Bersedih

Ilustrasi perempuan menangis © Diadona

Sedih pasti waktu harus mengakhiri hubungan dengan orang yang pernah--atau bahkan masih--kamu sayang. Tetap menjalin komunikasi dengan mantan setelah putus mungkin akan sedikit menahan rasa sedihmu, tapi hal itu cuma akan menambah lama waktumu untuk kembali pulih. Tentu saja kamu nggak bisa terus menerus sedih. Untuk melewatinya, kamu perlu menerima kenyataan bahwa kamu sedih terlebih dahulu. Bersedih dan menangislah sepuasmu, sampai kamu merasa cukup, dan bisa bangkit lagi setelahnya.

2 dari 5 halaman

2. Kamu Perlu Fokus Pada Dirimu

Ilustrasi perempuan membentuk love sign © Diadona

Nggak ada saklar di diri manusia yang membuat mudah proses mengubah perasaan, itulah kenapa kadang kamu masih punya kepedulian pada mantan, bahkan waktu hubunganmu nggak berakhir dengan baik-baik saja. Hal ini nggak disarankan karena kamu akan terus terpapar oleh perasaan dan pemikiran mantanmu, yang sangat mungkin nggak kamu sukai, yang kemudian mempengaruhi dirimu sendiri. Kamu harus lebih fokus untuk menjaga perasaanmu sendiri ketimbang harus memikirkan seseorang yang nggak lagi signifikan di hidupmu.

3 dari 5 halaman

3. Waktu yang Tepat untuk Mencoba Jadi Mandiri

Ilustrasi tangan memegang bunga © Diadona

Menjadi tergantung pada seseorang karena terbiasa ada di suatu hubungan adalah hal yang wajar. Kamu bahkan mungkin sampai lupa gimana rasanya beraktivitas sendiri. Momen putus adalah waktu yang tepat untuk kamu menghargai me time-mu lagi. Kamu juga bisa mulai membangun lagi hubungan dengan orang-orang di sekitar seperti teman-teman dan keluargamu.

4 dari 5 halaman

4. Untuk Menciptakan Batas

Ilustrasi siluet putus cinta © Diadona

Kamu mungkin adalah orang dengan tipikal ingin berteman dengan mantan. Justru karena hal itu, kamu harus mulai membatasi diri untuk berkomunikasi dengan mantanmu. Langkahmu itu sekaligus memberi kesan kalau hubungan di antata kalian sudah nggak seperti dulu lagi. Nggak masalah untuk tetap baik waktu bertemu, tapi batasi komunikasi di luar itu agar tercipta batas yang jelas di antara kalian.

5 dari 5 halaman

5. Kamu Bisa Melihat dari Perspektif Baru

Ilustrasi perempuan dan sunset © Diadona

Banyak hal yang muncul di pikiranmu setelah hubungan berakhir. Mungkin kamu masih merenungkan kenapa bisa, atau salah siapa, atau apa sebabnya. Nggak lagi berkomunikasi dengan mantan adalah jalan yang tepat untuk sejenak merenung untuk menenagkan isi kepalamu yang ramai. Kamu akan bisa melihat banyak hal terkait hubunganmu dengan lebih jelas sehingga kamu lebih paham apa yang harus diperbaiki dan bisa diubah sebelum meutuskan untuk melangkah.

Beri Komentar