5 Alasan Penting Kenapa Kamu Diharuskan Mencintai dengan Sewajarnya Saja

Relationship | Jumat, 6 Agustus 2021 20:08

Reporter : Yayuk Harini

Yang berlebihan itu emang nggak baik!

Ada yang bilang kalau boleh saja mencintai seseorang, tapi jangan berlebihan dan sampai mendalam banget. Yap, barangkali memang tak sedikit orang yang telah menasehatimu untuk selalu mencintai pasangan dengan sewajarnya.

Lalu, kenapa bisa begitu ya? Sederet alasan berikut ini akan membantumu untuk menjawab pertanyaan ini. Yuk simak ulasannya berikut ini. Check this out!

5 Alasan Penting Kenapa Kamu Diharuskan Mencintai dengan Sewajarnya Saja
2 dari 6 halaman

1. Menghindari terbentuknya pribadi yang posesif

Mencintai pasangan secara mendalam malah akan memicu kamu untuk berubah jadi pribadi yang posesif. Oleh karenanya, saat menjalin hubungan dengan seseorang cintailah mereka sewajarnya saja ya.

Rasa khawarir, curiga, hingga insecure yang terkumpul menjadi satu pada akhirnya bisa mengubahmu jadi pribadi yang posesif. Jadi, cintailah pasangan dengan sewajarnya saja, ya. Jangan pernah memberikan 100 persen hatimu kepadanya ya.

3 dari 6 halaman

2. Potensi menjadikanmu lupa dengan kebahagiaan sendiri

Ilustrasi pasangan main handphone sendiri-sendiriIlustrasi pasangan main handphone sendiri-sendiri © 2020 https://www.diadona.id / Lifewire

Cinta pada seseorang sih boleh-boleh saja, tapi jangan sampai kamu lupa akan kebahagiaanmu sendiri ya. Kala mencintai seseorang dengan mendalam, hal yang kamu pikirkan saat itu adalah tentang bagaimana caranya agar orang tersebut terus bahagia. Bisa saja, bagimu kebahagiaanmya adalah kebahagiaanmu juga sehingga gak jarang kamu akan mengupayakan segala cara agar ia tetap bahagia. Usahakan untuk mencintai sewajarnya saja, ya agar kamu gak lupa dengan kebahagiaanmu sendiri.

4 dari 6 halaman

3. Jadikan hubungan adem ayem dan langgeng

Entah kamu sadari atau tidak, mencintai seseorang terlalu dalam hanya akan membuat hubungan kian tak nyaman. Hubungan kalian berpotensi untuk berubah menjadi toksik. Alhasil, tak menutup kemungkinan hubungan kalian akan lebih cepat kandas.

Jika Diazens menginginkan hubungan yang langgeng ada baiknya untuk mulai mencintai pasanganmu dengan sewajarnya saja. Lagipula sesuatu yang berlebihan juga gak baik kan?

5 dari 6 halaman

4. Biar kamu tak lupa akan masa depan yang masih panjang

Ilustrasi Wanita KarierIlustrasi Wanita Karier © 2019 https://www.diadona.id /lifeofpix.com

Kala kamu masih saja fokus pada pasangan seorang, kamu pasti akan lupa dengan masa depanmu. Cintailah sewajarnya dan tetap fokus dengan masa depan ya Diazens. Kejarlah karir atau pendidikan yang tengah kamu jalani.

Ingat, jangan malah fokus pada hubungan percintaan. Usahakan untuk mencintai sewajarnya jangan sampai mencintai seseorang dengan terlalu dalam. Kamu tentu sudah tahu dong dengan mencintai dengan batas wajar?

6 dari 6 halaman

5. Bertumbuh bersama

Hubungan yang baik dan sehat akan terjalin jika keduanya sepakat untuk gak terlalu menggenggam erat satu sama lain. Maksudnya, kalian berdua tetap punya ruang untuk tumbuh. Mengikat terlalu erat satu sama lain hanya akan membuat luka.

Jadi, mencintai sewajarnya jadi salah satu kunci agar hubungan tetap harmonis dan langgeng. Sebaliknya menggenggam terlalu erat tanpa memberi ruang untuk tumbuh akan jadi momok besar dalam hubungan kalian.

So, sudah tahu dong apa saja yang patut dan tidak untuk dilakukan agar sekiranya kamu paham betul bahwa mencintai dengan sewajarnya saja adalah hal yang penting dilakukan. Lagian, sesuatu yang berlebihan itu juga gak baik lho! Semoga menginspirasi.

Join Diadona.id