5 Cara Membantu Pasangan Mengubah Kebiasaan Buruknya, Tunjukkan Dukungan Tulusmu Girls!

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 3 Mei 2021 14:00
5 Cara Membantu Pasangan Mengubah Kebiasaan Buruknya, Tunjukkan Dukungan Tulusmu Girls!
Bantu pasangan mengubah kebiasaan buruknya dengan cara ini Girls!

Di awal masa PDKT mungkin Diazens masih belum bisa melihat kebiasaan apa saja yang dilakukan oleh pasangan. Namun, makin lama menjalin hubungan, kamu akan jadi mengenal beberapa kebiasaan pasangan. Mungkin bisa dinilai normal olehnya, namun juga bisa dinilai buruk bagi sebagian orang atau bahkan dirimu sendiri.

Mengahadapi kenyataan bahwa pasangan memiliki kebasaan buruk mungkin adalah salah satu kejutan kecil. Namun, apa jadinya kalau kebiasaan itu makin hari membuat hubungan yang terjalin jadi tidak nyaman?

Nah, oleh sebab itu, sebagai pasangan yang tulus alangkah baiknya kamu juga ikutan memberikannya semangat menuju perubahan Girls. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk bantu sang pacar menuju perubahan kebiasaan buruknya.

1 dari 5 halaman

Bantu pasangan menemukan target perubahan yang hendak dicapai

Ingat, tanpa tujuan yang jelas tak akan membawa pasanganmu menuju perubahan. Jadi, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengajaknya menemukan target jangka panjang.

Bantu pasangan menentukan target besar yang hendak diraih. Jangan hanya diam saja ya, uraikan secara mendetail target besar tersebut menjadi beberapa target harian yang lebih sederhana dan mudah dilakukan. Tujuan besar tidak bisa tercapai tanpa memenuhi target kecil, bukan?

2 dari 5 halaman

Bangun suasana yang positif dan menyenangkan

Ilustrasi Pasangan Bahagia © Diadona

Hal utama yang harus Diazens tekankan kepada diri sendiri saat membantu mengubah kebiasaan buruk pasangan adalah dengan selalu membangun suasana positif. Hindari pertengkaran, berbicara dengan nada tinggi, apalagi membiarkan keadaan jadi tidak terkendali. Hem, jangan coba-coba ya!

Nah, jika Diazens mampu membangun suasana positif, maka pasangan akan mengaitkan semua usaha yang dilakukannya dengan emosi positif yang dirasakan. Tentu, hal ini akan membuat pasangan lebih bersemangat dalam melakukan kebiasaan-kebiasaan yang baik.

3 dari 5 halaman

Mengubah sudut pandang saat menanggapi kesalahan pasangan

Tak bisia dipungkiri bahwa mengubah kebiasaan buruk itu merupakan suatu proses yang panjang. Tak bisa ,endadak berubah maksimal, sang pasangan mungkin masih akan melakukan kesalahan. Namun, jangan berasumsi bahwa pasanganmu melakukan kesalahan dengan sengaja atau karena tidak mencintaimu ya!
 
Coba deh tetap sabar dan terus memahami bahwa pasangan tak melakukan kesalahan untuk menyakitimu. Lalu, sampaikan kritik dengan cara yang tepat. Tak hanya akan menjadi penyemangat bagi pasangan, tapi juga membuatmu merasa lebih baik.

4 dari 5 halaman

Buat kebiasan lebih mudah dilakukan

Ilustrasi Pasangan Bahagia © Diadona

Pada dasarnya, manusia lebih termotivasi untuk melakukan kegiatan yang dianggapnya mudah. Agar pasangan lebih sering melakukan kebiasaan baik, kamu bisa berperan aktif dengan membuat kebiasaan tersebut terasa lebih mudah dan cepat.
 
Sebagai contoh, jika pasangan ingin memperbaiki pola makan, cobalah menyediakan semangkuk buah atau telur rebus sebagai camilan. Apabila ia sedang berusaha berhenti merokok, Diazens juga bisa dengan mengalihkannya lewat kegiatan lain atau menyediakan permen.

5 dari 5 halaman

Ikut melakukan kebiasaan baik bersama pasangan

Motivasi diri dapat muncul dan tenggelam dengan cepat bila tidak didukung oleh orang terdekat. Bukan hanya pasangan, siapa pun akan kesulitan untuk mengubah kebiasaan buruk jika menjalaninya seorang diri.
 
Atasi hambatan ini dengan ikut serta melakukan kebiasaan baik bersama pasangan. Selain membantu pasangan, Diazens juga dapat memperoleh manfaatnya. Selain itu, suatu kegiatan juga terasa lebih menyenangkan bila dilakukan dengan orang tercinta, bukan?

Semoga Diazens semua bisa menjalani kegiatan positif bersama pasangan dan membentuk perubahan demi kebaikan bersama ya. Tetap semangat!

Beri Komentar