5 Dampak Negatif Sering Membandingkan Pasangan dengan Orang Lain

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 5 November 2021 20:05
5 Dampak Negatif Sering Membandingkan Pasangan dengan Orang Lain
Tak baik membandingkan pasangan dengan orang lain.

Tak ada satu orang pun yang mau dibandingkan dengan orang lain, termasuk juga pasanganmu. Kamu saja merasa kecewa akan ekspektasi tinggi terhadap pasanganmu jika tidak sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

Kendati demikian, membandingkannya dengan seseorang yang menurutmu sempurna juga tidak baik dilakukan. Bukan apa, hal ini malah akan menimbulkan berbagai masalah dan rasa sakit hati bagi kamu dan juga pasanganmu.

Tak berhenti sampai di situ, pasti akan ada dampak negatif jika kamu sering membandingkan pasangan dengan orang lain. Berikut adalah beberapa dampaknya, simak yuk Diazens!

1 dari 5 halaman

1. Tak ada kebahagiaan saat jalin hubungan

Jalinan asmara tidak akan bahagia saat kamu sering membandingkan pasanganmu dengan orang lain. Pasti akan selalu ada rasa ketidakpuasan dan hal yang masih saja kurang.

Padahal, kunci dari hubungan yang langgeng dan bahagia adalah menerima kekurangan dalam diri pasangan. Jadi, pantas saja kamu tidak bahagia bersamanya. Hal ini lanaran kamu pun tidak menerima kekurangan darinya. 

2 dari 5 halaman

2. Timbulnya toxic relationship

Ilustrasi Toxic Couple © Diadona

Rasa tidak puas akan hal yang kamu miliki menjadikan hubungan yang jalani menjadi toxic. Bhakna sampai-sampai kamu menuntut pasangan untuk jadi sosok yang kamu inginkan.

Hubungan yang tidak sehat ini jika diteruskan hanya akan menyakiti satu sama lain. Kamu akan merasa tidak bahagia dan pasangan akan merasa makin tertekan.

3 dari 5 halaman

3. Pasangan menjadi insecure akan dirinya

Dampak yang ditimbulkan dari membandingkan pasanganmu dengan orang lain adalah membuat dirinya selalu merasa insecure dan tidak berharga. Tanpa disadari, pasanganmu akan menyakiti dan menyalahkan dirinya seniri. lalu timbul pertanyaan, " Mengapa dia tak bisa menjadi sosok yang kamu inginkan?" Padahal, yang patutnya disalahkan dalam hal ini adalah dirimu yang terlalu egois dan menuntut. Ingatlah, tak semua orang itu sempurna.

4 dari 5 halaman

4. Kemungkinan kamu belum siap menjalani hubungan

Ilustrasi pasangan berdiskusi © Diadona

Membandingkan pasangan sendiri dengan orang lain yang menurutmu lebih sempurna menunjukkan bahwa kamu masih belum dewasa. Nah, ketidakdewasaan inilah yang akhirnya membuatmu merasa tidak siap menjalani hubungan dengan orang lain. Kamu seolah masih punya standar pasangan yang terlalu tinggi untuk didapatkan.

5 dari 5 halaman

5. Kemungkinan hubunganmu berakhir sia-sia

Jika memang benar cinta, maka terimalah pasanganapa adanya. Membandingkan dengan orang yang menurutmu sempurna hanya akan membuat hubungan berakhir sia-sia. Lama kelamaan, pasangan akan merasa lelah dan bosan dengan sikapmu yang selalu menuntut dan membandingkan dirinya. Dan, akhirnya dia akan memutuskan hubungan denganmu secara sepihak. 

Well, itulah tadi beberapa dampak yang bisa ditimbulkan dari sikap kamu yang suka membandingkan pasangan dengan orang lain. Ingat, tak ada seorang pun di dunia ini yang sempurna. Semoga membantu ya.

Beri Komentar