5 Hal Ini Bisa Jadi Solusi Jika Cintamu Terhalang Restu Orang Tua

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Rabu, 10 November 2021 14:15
5 Hal Ini Bisa Jadi Solusi Jika Cintamu Terhalang Restu Orang Tua
Jangan buru-buru putus atau malah kawin lari yaa..

Hubungan percintaan mungkin kelihatannya hanya melibatkan dua pihak. Namun disadari atau tidak, hubungan ini akan melibatkan semakin banyak pihak terutama keluarga apabila sudah melangkah ke jenjang yang lebih serius.

Sayangnya, nggak semua hubungan berjalan mulus. Salah satu penyebab kandasnya hubungan percintaan bisa terjadi karena terhalangnya restu dari orang tua. Bisa dari orang tuamu sendiri atau bahkan dari orang tua pasangan.

Lantas, apa yang perlu dilakukan jika hubungan percintaan ini tak direstui salah satu pihak orang tua? Jangan keburu nyerah atau bertindak gegabah, berikut solusi yang bisa kamu lakukan.

1 dari 6 halaman

1. Mintalah penjelasan pada orang tua

Ilustrasi Ngobrol dengan Orang Tua © Diadona

Tak ada asap jika tak ada api. Orang tua yang tidak merestui hubungan anaknya juga pasti punya alasan tersendiri. Alih-alih berprasangka buruk, nggak ada salahnya untuk langsung menanyakan ini dan meminta penjelasan pada orang tua kok.

Jika kamu sudah mengetahui alasan yang sebenarnya, kamu mulai bisa berpikir langkah selanjutnya yang perlu diambil. Entah mau menuruti permintaan orang tua atau memperjuangkan hubungan asmara kalian.

2 dari 6 halaman

2. Ajak pasangan untuk berdiskusi

Kamu perlu berdiskusi dengan pasangan mengenai hal ini. Kalian harus sama-sama mengetahui jika memang ada pihak orang tua yang tidak menyetujui hubungan tersebut. Namun perlu diingat, lakukan diskusi dengan kepala dingin dan jangan buru-buru menyalahkan satu sama lain.

Selalu ada alasan mengapa hubungan kalian belum disetujui. Jadi, sebenarnya sabar-sabar saja menanti restu sembari memperbaiki kualitas diri masing-masing. Dan lagi, keinginan mempertahankan hubungan harus muncul dari dua pihak yakni kamu dan pasangan.

3 dari 6 halaman

3. Coba berpikir secara objektif

Ilustrasi Perempuan Merenung © Diadona

Mengetahui hal yang kita inginkan dan cintai justru tidak mendapat dukungan dari orang terdekat, memang terasa menyakitkan. Namun jangan sampai hal ini membuat kamu bertindak bar-bar hingga melukai perasaan orang tua.

Terima dulu penolakan tersebut dengan hati yang tetap sabar dan pemikiran yang bijaksana. Mungkin restu ini belum diturunkan karena orang tua belum mengenal pasangan anaknya dengan baik. Jika memang mencintai pasangan dan ingin beranjak ke hubungan yang lebih serius, jangan menyerah untuk memperjuangkan cinta kalian ya!

4 dari 6 halaman

4. Kenali juga karakteristik orang tua pasangan

Saat hubungan asmara sudah mulai naik tingkat ke arah yang lebih serius, penting banget bagi kamu untuk mengenali karakteristik orang tua pasangan. Hal ini berlaku bagi kedua belah pihak, supaya saling mengenal satu sama lain dan nggak menimbulkan pemikiran-pemikiran negatif yang belum tentu kebenarannya.

Belajar secara perlahan-lahan, bukan hanya untuk mengenal tapi juga untuk memahami. Dengan keterbukaan dan saling mengenal sebenarnya orang tua pasangan akan lebih mudah menyampaikan hal yang mungkin jadi uneg-uneg mereka atas hubungan asmara anaknya.

5 dari 6 halaman

5. Berdoalah untuk mendapat petunjuk yang terbaik

Ilustrasi Berdoa © Diadona

Hal terakhir ini sering terlupakan padahal penting banget loh, yakni berdoa untuk mendapatkan petunjuk. Pasalnya, kadang kita ingin mempertahankan hubungan tapi juga tak mau menyakiti orang tua. Di saat seperti inilah, kamu perlu memohon petunjuk pada Tuhan untuk bisa mengambil keputusan terbaik.

Kamu harus menyadari bahwa jalan hidupmu diatur oleh Tuhan. Itulah sebabnya kamu perlu berdoa sekaligus memohon kelapangan hati untuk menerima segala kenyataan yang bisa terjadi.

Beri Komentar