5 Jenis Luka Perasaan yang Amat Sulit Dilupakan

Reporter : Yayuk Harini
Sabtu, 8 Mei 2021 15:00
5 Jenis Luka Perasaan yang Amat Sulit Dilupakan
Bahkan, luka yang akan terus terbawa hingga seumur hidup.

Setiap orang pasti memiliki luka dari kejadian-kejadian di hidupnya. Entah luka itu sudah ada sejak masih kecil, maupun luka yang baru saja terjadi ketika beranjak dewasa. Sebagian orang mampu memulihkan luka tersebut. Namun, sebagian masih kesulitan untuk berdamai dengannya.

Luka yang kamu alami mungkin sangat sulit untuk dilupakan, tapi kamu selalu punya pilihan untuk mengahadapinya agar beban dari luka yang selama ini kamu pendam terlepas sepenuhnya.

1 dari 5 halaman

Kematian orang yang dicintai

Ditinggalkan oleh orang yang sangat dicintai adalah luka dengan rasa paling dalam. Hal ini tentu sangat umum dirasakan oleh seseorang. Hingga hal ini membuat kamu untuk belajar dan menjalani hidup tanpa dia.

Perasaan memang hal yang rumit. Susah sebenarnya untuk mengatakan wajar atau tidak, apalagi bila itu soal perasaan sedih. Yang jelas, semakin dekat kita dengan orang yang pergi atau meninggal tersebut, semakin besar rasa sedih yang dirasakan.

Tak ada cara spesifik untuk menghilangkan rasa sedih karena kehilangan.  Semua orang membutuhkan proses-roses penyesuaian bahwa dirinya mau tak mau harus terbiasa hidup tanpa orang tersebut.

2 dari 5 halaman

Mental Illness

Penyakit Mental © Diadona

Kondisi mental adalah dasar emosi yang memengaruhi aktivitas sehari-hari, termasuk cara berpikir, berkomunikasi, belajar, ketahanan psikologis dan rasa percaya diri.

Ketika seseorang mengalami tekanan mental yang sangat mengganggu akan menghambat aktivitas, maka kondisi tersebut bisa jadi termasuk mental illness.

Terkadang, ketika seseorang mengetahui dirinya memiliki gangguan mental adalah salah satu kenyataan pahit. Akan sangat sulit baginya untuk menerima kenyataan tersebut.

3 dari 5 halaman

Adiksi

Adiksi merupakan suatu kondisi ketergantungan fisik dan mental terhadap hal-hal tertentu yang menimbulkan perubahan perilaku bagi orang yang mengalaminya.

Melihat seseorang yang dicintai memiliki suatu adiksi adalah hal yang menyakitkan. Hal ini lantaran sifat adiksi yang seringkali muncul kembali meski sudah diobati.

4 dari 5 halaman

Dikhianati

Ilustrasi wanita menangis © Diadona

Ada kalanya dalam hidup ketika kita merasa dicurangi oleh seseorang, sekelompok orang atau oleh keadaan. Namun pada kenyataannya, kita dihadapi dengan realita bahwa segala sesuatu tak sesuai dengan apa yang terlihat atau apa yang kita ekspektasikan.

Salah satu nasihat sederhana adalah terima kenyataan dan ambil hal terbaik dari itu. Rasa sakit dikhianati dapat membuatmu sulit memercayai orang lain, bahkan yang lebih parah lagi kamu jadi tak memercayai diri sendiri.

5 dari 5 halaman

Trauma

Trauma meninggalkan luka yang akan terus terbawa hingga seumur hidup. Trauma menyebabkan terus merasakan rasa sakit sama seperti kamu pertama kali mengalaminya, bahkan ketika sudah bertahun-tahun lamanya.

Tidak bisa dilupakan bukan berarti tidak sembuh. Rasa sakitmu bisa sembuh dan kelak kamu akan mengingat rasa sakitmu hanya sebagai salah satu perjalanan hidup yang membantumu menjadi dirimu yang baru dan lebih baik lagi.

 

Beri Komentar