5 Pertanda Kamu Berteman dengan Orang yang Toxic, Yakin Mau Bertahan?

Relationship | Selasa, 7 September 2021 14:15

Reporter : Olivia Lidya Elsanty

Putuskan pertemanan toxic penting banget loh..

Bicara soal hubungan yang toxic, kita pasti langsung terpikirkan mengenai kisah asmara. Namun tanpa disadari, perilaku toxic bisa terjadi pada setiap hubungan antar manusia.

Salah satu hubungan toxic yang seringkali tidak disadari berada pada lingkup pertemanan. Padahal perilaku ini bisa merusak emosional, tapi cukup sulit untuk ditinggalkan.

Lantas, seperti apa sih perilaku toxic dalam hubungan pertemanan? Melansir dari iheartintellegence, berikut adalah pertanda kamu sedang terlibat dalam pertemanan yang toxic. Simak selengkapnya ya!

5 Pertanda Kamu Berteman dengan Orang yang Toxic, Yakin Mau Bertahan?
2 dari 7 halaman

1. Terkadang kamu harus memohon agar dia bisa meluangkan waktu

Ilustrasi Sulit Menghubungi TemanIlustrasi Sulit Menghubungi Teman © shutterstock.com/id/g/GaudiLab

Setiap orang tentunya punya kesibukan dan prioritas yang harus dikerjakan. Namun ada kalanya, kita perlu menyediakan waktu untuk teman/sahabat kita. Jika dia nggak pernah meluangkan waktu untuk kamu atau parahnya kamu sampai memohon agar dia bisa meluangkan waktu, itu tandanya dia tidak benar-benar menghargai pertemanan kalian.

3 dari 7 halaman

2. Kamu dituntut untuk peka dan perhatian pada mereka

Diperlakukan dengan penuh perhatian dan dihargai tentu sangat menyenangkan. Namun jika rasa perhatian dan respect itu dituntut secara berlebihan, rasanya nggak banget deh.. Apalagi kalau temanmu sampai menuntut hal tersebut secara berlebihan tapi nggak pernah memperlakukan kamu dengan sama, apakah masih wajar untuk dimaklumi?

4 dari 7 halaman

3. Kadang kamu terpaksa membenarkan perbuatan mereka

Ilustrasi KeterpaksaanIlustrasi Keterpaksaan © shutterstock.com/id/g/prostock_studio

Pada momen-momen tertentu, mungkin kamu menyadari ada yang salah dari perilaku teman/sahabatmu. Tapi di sisi lain, kamu merasa hal tersebut wajar untuk mereka lakukan. Kamu tahu bahwa dia sebenarnya toxic, namun terpaksa bertahan karena kamu nggak punya teman selain dia.

5 dari 7 halaman

4. Mereka membuat kamu merasa tidak berharga

Kepedulian seorang teman/sahabat itu sebenarnya mudah terlihat. Mereka akan membuat kamu merasa dihargai dan penting bagi mereka. Namun jika teman/sahabat itu malah sengaja membesar-besarkan kekuranganmu bahkan membuat kamu merasa tidak berharga, maka jelas ini adalah pertemanan toxic yang perlu kamu hindari.

6 dari 7 halaman

5. Kamu merasa cemas saat berada di sekitar mereka

Ilustrasi Perasaan Tidak NyamanIlustrasi Perasaan Tidak Nyaman © shutterstock.com/id/g/photographeeeu

Pertemanan atau persahabatan yang tepat akan menimbulkan rasa bahagia, dicintai, dipahami, dan dihargai. Tapi manakala kamu merasa cemas dan nggak nyaman, tentu ada sesuatu yang salah dalam hubungan kalian. Bisa jadi ada hal-hal menyakitkan yang membuat kamu nggak bisa lagi memercayai mereka.

7 dari 7 halaman

Memutuskan pertemanan memang nggak mudah. Tapi jika hubungan tersebut sudah nggak sehat dan lebih banyak menimbulkan perasaan nggak nyaman dan tersakiti, ada baiknya kamu segera melepaskan diri dari ikatan tersebut. Ingat, kesehatan dan kebahagiaan mentalmu lebih penting loh!

Join Diadona.id