5 Tanda Kamu Miliki Self-Discipline yang Kuat, Kesuksesan Otomatis Mudah Digapai

Relationship | Selasa, 29 Juni 2021 20:20

Reporter : Yayuk Harini

Tak heran kalau kamu mudah menemukan jalan menuju kesuksesan!

Kedisiplinan emmang sangat diperlukan ntk bisa sukses menjalan bidang apapun. Ya, sikap disiplin akan mendorongmu untuk belajar, meski dalam hati ingin sekali rebahan.

Disiplin, yang membuatmu tetap menyelesaikan tugas, meski godaan besar sekali untuk nonton drama kesukaan. Nah, buat para Diazens yang berhasil melakukan beberapa hal berikut ini, berarti membuktikan kalau kamu sudah punya self-discipline yang kuat, lho.

Hal ini berarti kamu memiliki disiplin secara mandiri, tanpa harus dipaksa orang lain. Orang yang punya self-discipline yang kuat, umumnya akan sukses. Yuk simak beberapa poin berikut untuk menunjukkan seberapa disiplin dirimu.

5 Tanda Kamu Miliki Self-Discipline yang Kuat, Kesuksesan Otomatis Mudah Digapai
2 dari 6 halaman

1. Mampu mencapai target yang ditentukan

Ilustrasi PerempuanIlustrasi Perempuan © Shutterstock.com/g/Rangsarit+Chaiyakun

Hal pertama yang mencirikan kalau kamu punya self-discipline yang kuat adalah mampu mencapai target yang telah ditentukan sebelumnya. Ini jauh lebih sulit, dibanding memenuhi target yang dibuat oleh atasan atau dosen kuliah.

Kalau target itu dibuat orang lain, biasanya daya juangnya lebih gigih dibanding target yang ditentukan oleh diri sendiri. Sedangkan kalau target yang dibuats sendri akan jauh lebih santai dan merasa gapapa kalau gak tercapai, toh gak ada pihak lain yang dirugikan. Dengan kata lain, kalau dengan diri sendiri saja kamu bisa tegas dan bertanggung jawab, kualitasmu memang gak diragukan lagi deh!

3 dari 6 halaman

2. Tahu kapan harus berhenti

Ilustrasi Perempuan KesepianIlustrasi Perempuan Kesepian © shutterstock.com/id/g/4774344sean

Ciri self-discipline yang kuat bisa dilihat dari hal sederhana. Contohnya saja kamu gak akan meneruskan nonton, walaupun masih pengin banget, karena memang jatah waktu nonton atau bersenang-senangmu sudah habis.

4 dari 6 halaman

3. Tak mudah tergoda dengan diskon sesaat

Ilustrasi ShoppingIlustrasi Shopping © RawPixel

Lagi scrolling asyik buka media sosial, eh kok nemu info diskon besar-besaran dari merek baju favorit. Orang dengan self-discipline lemah, pasti akan tergoda buat belanja dan langsung kalap. Rela menarik tabungan cuma buat membeli apa yang dia suka.

Tapi kamu gak seperti itu. Jujur, kamu pasti pengin banget untuk beli baju kesukaanmu itu. Namun kamu berpikir, kalau sekarang menyerah dan tergiur dengan godaan sale, pasti ke depannya akan gampang tergoda untuk belanja lagi pas ada diskon lainnya.

5 dari 6 halaman

4. Tetap melakukan pekerjaan sampingan walaupun badan sudah lelah

Ilustrasi Perempuan BekerjaIlustrasi Perempuan Bekerja © freepik.com/pressfoto

Hidup itu kalau dipikir-pikir, sebenarnya simpel. Kalau kamu inginnya banyak, maka usahanya pun harus banyak. Nah, kamu pun menyadari ini.

Maka dari itu, kamu membulatkan tekat untuk melakukan pekerjaan sampingan. Kendati sebenarnya lelah, tapi kamu berusaha untuk membiasakan. Lumayan, bisa buat menambah tabungan. Kalau pun memang bisa, sapa tahu kamu bisa sekalian nambah buat investasi kan?

6 dari 6 halaman

5. Rajin olahraga buat kebugaran tubuh

Ilustrasi Wanita OlahragaIlustrasi Wanita Olahraga © Shutterstock

Kamu paham, kondisi badanmu sedang gak baik-baik saja. Kebanyakan makan berlemak dan manis-manis, kerja di balik meja seharian, jarang gerak, akhirnya kamu pun jadi obesitas.

Kalau kamu punya self-discipline yang kuat, kamu akan paksa tubuhmu untuk bangun pagi dan melanjutkan olahraga. Walaupun sambil merem-merem, yang penting dibawa gerak. Lama-lama juga melek sendiri kan?

Kalau dari kelima hal tersebut telah berhasil kamu lakukan selama ini, maka selamat ya! Hal ini berarti kamu termasuk beberapa orang yang memiliki self-discipline kuat. Yuk tetap pertahankan!

Join Diadona.id