6 Hal Ini akan Terjadi Saat Kamu Putus dari Pasangan yang Toxic

Relationship | Kamis, 14 Oktober 2021 14:15

Reporter : Olivia Lidya Elsanty

Meski menyakitkan, akan jadi pembelajaran.

Mendengar kata putus cinta, pasti kita akan beranggapan bahwa hal itu adalah sesuatu yang menyedihkan dan menyakitkan. Bagi sebagian orang, putus cinta bahkan bisa memadamkan gairah dan harapan dalam menjalani hidup.

Namun, ada kalanya putus cinta justru bisa menyelamatkan seseorang. Melansir dari Times of India, putus dari seseorang atau hubungan yang toxic justru akan memberikan banyak pelajaran berharga bagi hidup seseorang. Apa saja, simak ulasan selengkapnya ya..

6 Hal Ini akan Terjadi Saat Kamu Putus dari Pasangan yang Toxic
2 dari 8 halaman

1. Melepaskan diri adalah pertempuran melawan batin

Ilustrasi Putus CintaIlustrasi Putus Cinta © brainchildmag.com

Melepaskan diri dari hubungan dan pasangan yang toxic bukanlah hal yang mudah. Bisa dibilang, kamu harus mengalami konflik batin untuk bisa mengambil keputusan dengan tepat.

Perlu komitmen dan penerimaan, bahkan cinta untuk diri sendiri agar bisa melepaskan sesuatu yang menahan kamu selama ini. Dengan penguasaan diri yang tepat, kamu bisa berjalan di jalur yang benar.

3 dari 8 halaman

2. Menyakitkan tapi juga menimbulkan kesadaran

Melepaskan sesuatu atau seseorang yang dicintai memang tidak pernah semudah yang dibayangkan. Akan ada air mata, teriakan, kekecewaan, hingga rasa sakit luar biasa yang akan menyertai.

Namun semua hal itu justru adalah pilihan terbaik yang harus diambil. Namun jika kita sampai pada titik yang menyadarkan, rasa sakit bertubi-tubi itu akan memberikan pembelajaran.

4 dari 8 halaman

3. Merasa sepi tapi ada kedamaian

Ilustrasi Perempuan KesepianIlustrasi Perempuan Kesepian © shutterstock.com/id/g/bugnin

Namanya juga berpisah, tentu nggak akan lagi bersama. Hal yang juga dirasakan selain kesakitan, adalah kesepian.

Jika keputusan untuk berpisah sudah diambil, jangan sekali-kali menyesalinya. Ada kalanya kamu akan merindu karena didera rasa sepi, tapi di sisi lain ada kedamaian mental yang akan kamu nikmati.

5 dari 8 halaman

4. Bisa melihat dunia dengan cara berbeda

Pernah mengalami rasa sakit yang mendalam akan membuat seseorang punya perspektif baru dalam melihat sesuatu. Kamu akan bisa melihat sesuatu dengan lebih terbuka, tanpa ada sekat yang membatasi.

Di sisi lain, kamu akan tergerak untuk lebih dulu merangkul atau melindungi diri sendiri. Dan tanpa diduga, ketegaranmu justru akan memberi inspirasi bagi orang lain.

6 dari 8 halaman

5. Ada kebebasan dari semua ikatan

Ilustrasi Perempuan BahagiaIlustrasi Perempuan Bahagia © shutterstock.com/g/lookstudio

Melepaskan sesuatu atau seseorang, nggak selamanya terasa buruk kok. Apalagi jika yang kamu lepaskan adalah sesuatu yang negatif, justru akan timbul perasaan bebas.

Ikatan-ikatan dengan pasangan dan hubungan yang toxic seringkali membelenggu. Tapi jika kamu berhasil lari darinya, ada perasaan bebas yang menggembirakan dan mendatangkan harapan baru.

7 dari 8 halaman

6. Memberi gambaran jelas tentang sebuah hubungan

Berhasil lepas dari hubungan yang toxic pada akhirnya akan memberi pelajaran berharga untuk kamu. Untuk waktu-waktu mendatang, biasanya kamu akan berhati-hati dan selektif dalam memilih pasangan.

Kamu tahu mana yang baik untuk dirimu dan mana yang membahayakan kesehatan mentalmu, sehingga kamu nggak akan lagi sembarangan menjatuhkan pilihan.

Join Diadona.id