6 Hal yang Perlu Dilakukan agar Tak Kehilangan Jati Diri saat Menjalin Hubungan Asmara

Reporter : Yoyok
Kamis, 14 Januari 2021 07:50
6 Hal yang Perlu Dilakukan agar Tak Kehilangan Jati Diri saat Menjalin Hubungan Asmara
Kamu bahkan bisa jadi orang yang sama sekali berbeda karena suatu hubungan yang serius

Memiliki hubungan serius dan dalam memang bisa memunculkan perasaan terbaik di dunia. Kamu bahkan bisa merasa menjadi orang paling bahagia di dunia ini.

Walaupun begitu, seberapa berartinya pasanganmu, jangan sampai kamu kehilangan jati diri atau berubah karenanya. Sering kali sebuah hubungan asmara yang serius dapat mengubah kepribadian seseorang. kalau jadi lebih baik tentu saja akan positif, namun bagaimana kalau jadi lebih buruk?

Kamu bahkan bisa saja kehilangan orang-orang terdekatmu karena hal ini. Mereka akan menganggap kamu telah berbeda dari orang yang pertama kali mereka kenal.

Untuk mencegah hal itu terjadi, dikutip dari iHeart Inteligence, berikut ini adalah enam hal yang sebaiknya kamu lakukan untuk tidak kehilangan jati diri atau identitas.

1 dari 7 halaman

Lakukan Hal-hal yang Membuatmu Bahagia

Memiliki pasangan bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkan kebahagiaan untuk dirimu sendiri. Kamu mungkin mencintainya dengan sepenuh hati, namun bukan berarti kamu tidak peduli dengan dirimu sendiri.

Lakukan beberapa hal yang dapat membuatmu bahagia. Seperti hobi atau melakukan perawatan untruk diri sendiri.

Lagipula, dalam suatui hubungan, kamu tidak akan selalu bahagia setiap saat. Jadi, melakukan beberapa hal yang membuatmu senang bukanlah hal yang egois dalam suatu hubungan.

2 dari 7 halaman

Kencan dengan Dirimu Sendiri

Ilustrasi Wanita Senyum © Diadona

Kencan tidak harus dengan pasangan lho. kencan dengan diri sendiri juga bisa kamu lakukan. Contohnya seperti mengajak dirimu untuk makan siang sendiri, belanja sendiri, dan berbagai kegiatan lainnya.

Dengan begini, kamu memiliki kebebasan dalam menikmati hidup tanpa peduli seseorang mengkritik pilihanmu. Selain itu, kamu jadinya memiliki waktu yang berkualitas untuk merenung sendiri.

 

3 dari 7 halaman

Jangan Putus Hubungan dengan Teman dan Keluarga

Tanpa sadar, sering kali kamu membiarkan pasanganmu mengendalikan hidupmu dan mengisolasi dari orang-orang terdekatmu. Dengan begini, kamu tidak hanya kehilangan orang-orang terdekatmu, namun juga kepribadianmu.

Pastikan selama menjalani hubungan asmara yang serius, kamu tetap berhubungan dengan teman ataupun keluarga. Habiskan waktu dengan mereka, atau terkadang tanpa adanya pasanganmu.

Bagaimanapun, mereka adalah orang-orang yang ada bersamamu sebelum kamu memiliki pasangan. Jadi, jangan lupakan mereka ya.

4 dari 7 halaman

Tetapkan Batasan yang Sehat

Ilustrasi Pasangan Suami Istri © Diadona

Setiap hubungan asmara pastinya membutuhkan beberapa batasan. Hal ini sangat dibutuhkan, terutama untuk menjaga jati diri atau kepribadianmu.

Bicarakan hal ini dengan pasanganmu hal-hal yang boleh dan tidak boleh untuk dilakukan. Hal ini juga dapat mencegah hubungan asmaramu menjadi sebuah kurungan yang tidak menyenangkan.

5 dari 7 halaman

Jangan Biarkan Emosi Menguasaimu

Banyak orang bilang kalau cinta itu buta. Maka dari itu, tidak heran jika kamu sering melakukan hal-hal yang gila atas nama cinta. Hal ini ternyata bagian dari emosi yang sudah menguasaimu.

Mengabaikan semua logika dan rasionalitas demi cinta hanya akan membuatmu jadi peribadi yang buruk. Maka dari itu, kamu juga perlu menggunakan akal sehat dalam menjalani hubungan asmara yang serius.

6 dari 7 halaman

Jangan Takut Untuk Putus

Ilustrasi Pasangan Pegangan Tangan © Diadona

Tidak ada hubungan asmara yang sempurna. Tidak semua hubungan asmara harus bertahan lama dan berakhir di pelaminan.

Jika hubungan asmaramu membuatmu menjadi pribadi yang lebih buruk dan tidak dapat diubah lagi, dan pasanganmu tidak ingin mendengar keluh kesahmu ini, mungkin keputusan untuk berpisah bisa kamu ambil. Memang akan sakit, namun kamu juga perlu memikirkan kebahagiaan untuk dirimu sendiri.

Beri Komentar