6 Tips Ampuh yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Mengasah Rasa Empati

Relationship | Kamis, 20 Januari 2022 06:50

Reporter : Yoyok

Rasa empati memang tidak bisa serta merta datang dengan sendirinya lho.

Mungkin semua orang dapat merasakan kasihan atau simpati pada seseorang. Tetapi, tidak semua orang memiliki rasa empati.

Empati adalah kemampuan seseorang dalam memahami serta merasakan emosi yang sedang dialami oleh orang lain. Gak cuma itu, rasa empati juga membuat seseorang tahu bagaimana memberi respon yang sesuai dengan orang lain harapkan.

Hal positif yang bisa kamu dapatkan jika memiliki rasa empati adalah kamu bisa lebih peka terhadap sekitar dan juga orang lain. Kamu bisa kok melatih rasa empati.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengasah rasa empati.

6 Tips Ampuh yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Mengasah Rasa Empati
2 dari 8 halaman

Memahami Emosi Diri Sendiri

Setiap orang pastinya pernah merasakan perasaan sedih, senang, marah, dan banyak lainnya. Dalam melatih rasa empati, kamu bisa menggunakannya untuk memahami perasaan orang lain.

Hilangkan sifat cuek dan tidak peduli ketika orang di sekitarmu sedang merasakan perasaan yang pernah kamu alami. Cobalah untuk peduli dan berada di posisi orang tersebut, maka secara perlahan rasa empatimu akan muncul.

3 dari 8 halaman

Membuka Hati

Melatih rasa empati tidak bisa dilakukan jika kamu tidak membuka hati pada sekitar. Hal ini tentu sangat vital karena dorongan hati memiliki andil besar dalam merasakan empati.

Seperti halnya jika kamu bergabung dengan geng sosialita hanya karena kamu ingin eksis dan menjadi sorotan. Ketika kamu hanya ingin mencari kepopulerannya, dan mengabaikan pertemanan di dalamnya, maka kamu akan merasa cepat bosan dan lelah. Ini dikarenakan kamu tidak membuka hati pada geng sosialita tersebut.

Ilustrasi Teman CurhatIlustrasi Teman Curhat © shutterstock.com/StudioByTheSea

 

4 dari 8 halaman

Good Listener

Menjadi pendengar yang baik merupakan satu usaha untuk kamu dapat melatih rasa empati. Kamu bisa menjadi pendengar yang baik dengan tidak menyela omongannya dan tidak menyalahkan orang opini orang tersebut.

Menjadi pendengar yang baik juga menunjukkan bahwa kamu sudah berhasil dalam kehidupan bermasyarakat dan banyak orang menyukai sifatmu.

5 dari 8 halaman

Peduli Pada Sekitar

Dalam melatih rasa empati, kamu perlu untuk menghilangkan perasaan subyektif akan rasa pedulimu. Seperti halnya mulailah untuk peduli pada sekitar.

Jika kamu sudah peduli dan menyatu dengan lingkunganmu, maka akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi dari situ. Hal ini juga akan membuatmu dapat dengan mudah menempatkan posisi di lingkungan tersebut.

Ilustrasi CurhatIlustrasi Curhat © shutterstock.com/g/PRImageFactory

6 dari 8 halaman

Suka Menolong Sesama

Sering-sering membantu sesama juga dapat melatih rasa empati pada diri sendiri. Menolong teman, memberi sedekah dengan tulus juga bisa disebut membantu sesama atau orang lain.

Dengan memberikan bantuan kepada orang lain, maka kamu bisa lebih peka dengan kesulitan yang sedang mereka hadapi.

7 dari 8 halaman

Mengerti Keadaan Orang Lain

Membayangkan dan merasakan keadaan yang sedang dialami orang lain juga bisa menumbuhkan rasa empati. Dengan begini, kamu bisa jadi lebih paham dan mengerti dengan kondisi orang tersebut.

Kamu bakal jadi jauh lebih peka dengan apa yang ia rasakan. Gejolak emosi yang ia rasakan jadi bisa kamu pahami.

Ilustrasi CurhatIlustrasi Curhat © shutterstock.com/g/PRImageFactory

Join Diadona.id