5 Tips Hadapi Salah Paham dalam Hubungan Asmara, Mending Dibicarain Baik-Baik deh!

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 12 November 2021 19:15
5 Tips Hadapi Salah Paham dalam Hubungan Asmara, Mending Dibicarain Baik-Baik deh!
Jangan tersulut, ada baiknya buat dibicarakan pelan-pelan ya Diazens.

Komunikasi merupakan hal penting dalam jalin hubungan, termasuk asmara. Jika komunikasi tidak dibangun dengan baik antar kedua pihak, maka hubungan akan rentan terhadap berbagai masalah, misalnya salah paham. Jika sudah begini, keharmonisan hubungan pun dipertaruhkan. Berikut ini adalah beberapa tips atasi kesalahpahaman.

1 dari 5 halaman

Mendengarkan dengan Baik

Cara terbaik untuk mengatasi salah paham adalah dengan berusaha mendengarkan lawan bicara baik-baik. Bahkan, ketika kamu merasa yakin sudah mendengarnya dengan jelas, kamu tetap masih bisa salah dalam mengartikan.

Cobalah untuk benar mendengarkan lawan bicara dan cobalah untuk menyusun apa yang dikatakan dan mengulanginya ke dalam bahasa yang logis dan mudah dimengerti. Cara ini dapat membantu mencegah kesalahpahaman dan asumsi yang kurang tepat.

2 dari 5 halaman

Lakukan Komunikasi antar Muka

Ilustrasi Pasangan Bertengkar © Diadona

Bila lawan bicara salah mengartikan apa yang tertulis, maka kesalahpahaman pun bisa terjadi. Jadi, saat kamu dihadapi oleh hal penting, ada baiknya untuk membicarakannya secara tatap muka.

3 dari 5 halaman

Jangan Berbicara Banyak saat Emosi

Salah satu penyebab timbulnya salah paham adalah dengan bicara saat emosi. Pasalnya, pada saat emosi, kamu mungkin akan lebih berpotensi untuk lepas kendali dan mengucapkan kata yang tidak pikirkan sebelumnya.

4 dari 5 halaman

Coba Lihat dari Sudut Pandang yang Berbeda

Ilustrasi Pasangan Bertengkar © Diadona

Tak ada salahnya untuk mencoba berusaha melihat dari sudut pandang mereka. Pasalnya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa melihat perspektif yang lebih objektif dapat membantu mengatasi kesalahapahaman.

5 dari 5 halaman

Jangan Asal Menyimpulkan

Tidak langsung menyimpulkan apa yang dibicarakan oleh lawan bicara adalah trik atasi salah paham selanjutnya. Jika ada sesuatu yang menyakiti perasaan atau membuat bingung, cobalah untuk langsung menanyakan apa maksud dari ucapannya.

Memang tak mudah ya buat jalin komunikasi dengan seseorang, tak heran kalau sering timbul salah paham. Semoga kamu dan pasangan selalu ayem sampai jenjang pernikahan dan menua bersama. Semangat!

Beri Komentar