7 Cara Memperkuat Hubungan Suami Istri agar Terhindar dari Perceraian

Relationship | Sabtu, 20 Februari 2021 07:50

Reporter : Yoyok

Beberapa elemen ini dapat memprkuat hubungan suami istri

Tidak ada hubungan asmara yang baik-baik saja. Pasti akan ada halang melintang yang datang menghadang. Pilihannya pun cuma ada dua, menyerah atau tetap bertahan.

Tidak hanya hubungan pacaran usia belia, pasangan suami istri yang puluhan tahun menikah pasti juga masih mendapat cobaan di kehidupan rumah tangga mereka. Maka dari itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hubungan suami istri tetap langgeng dan terhindar dari perceraian.

Dikutip dari iHeart Intelligence, berikut ini adalah tujuh cara agar asmara rumah tanggamu tetap awet dan dijauhkan dari yang namanya perceraian.

7 Cara Memperkuat Hubungan Suami Istri agar Terhindar dari Perceraian
2 dari 9 halaman

Komitmen Tehadap Pernikahan

Ilustrasi Pasangan BaruIlustrasi Pasangan Baru © shutterstock.com/id/g/topnatthapon

Ketika kehidupan rumah tangga semakin sulit, pasti akan terbersit di pikiran pilihan untuk berpisah. Walaupun akan menyelesaikan masalah, namun bukan berarti akan jadi lebih baik.

Jika kamu kamu menginginkan kehidupan rumah tangga yang berhasil, kamu harus berkomitmen pada pernikahanmu. Itu artinya, kamu harus berhenti untuk menjadikan perceraian sebagai sebuah solusi.

3 dari 9 halaman

Hargai Pasanganmu

Jika pilihan perpisahan terbersit di kepala karena suatu masalah, cobalah untuk mengingat-ingat lagi hal yang kamu sukai dari pasangan. Cobalah untuk mengakui bahwa kamu sebenarnya sudah dapat menerima pasanganmu apa adanya.

Hal ini akan membuat kehidupan rumah tanggamu semakin kuat. Setiap orang butuh dihargai, termasuk pasangan hidupmu.

4 dari 9 halaman

Komunikasi

Ilustrasi pasangan suportifIlustrasi pasangan suportif © 2019 https://www.diadona.id / Nick Notas

Komunikasi merupakan elemen penting dalam suatu hubungan percintaan. Pastikan kamu dan pasangan melakukan komunikasi yang jujur dan saling terbuka dengan perasaan. Kalian juga sepatutnya menunjuukan rasa prihatin, sabar, dan pengertian dengan pasangan lewat komunikasi.

Luangkan waktu untuk saling membicarakan hal-hal pribadi. Komunikasi memang dapat menghangatkan hubungan asmaramu.

5 dari 9 halaman

Saling Memberi Ruang

Setiap orang pasti membutuhkan me time sendiri, termasuk mereka yang sudah berkeluarga. Kamu yang berkeluarga pasti sulit unntuk mendapatkan waktu me time sendiri. Entah itu karena pekerjaan, urusan rumah tangga, dan lainnya, dan hal ini bisa membuat seseorang stres.

Biacarakan pada pasangan bahwa kamu membutuhkan waktu untuk sendiri dan juga alasannya. Mereka pasti mengerti dan akan memberikanmu waktu untuk menikmati hal yang kamu sukai sendiri.

6 dari 9 halaman

Kencan

ilustrasi pasangan kekasihilustrasi pasangan kekasih © shutterstock

Tidak ada salahnya pasangan suami istri melakukan kencan dan diner di tempat romantis layakany ABG. padahal, dalam hubungan suami istri, kencan memiliki peran penting lho.

Kencan yang dilakukan sederhani memiliki kekuatan magis yang dapat membuat hubungan rumah tangga langgeng. Lagipiula, kencan merupakan saat dimana kedua insan saling perhatian dan bermanja-manja ria.

7 dari 9 halaman

Jangan Kontrol Pasangan

Pernikahan bukan berarti menandakan kamu milik pasanganmu sepenuhnya. Walaupun kamu sudah menikah, bukan berarti kamu dilarang untuk nongkrong dengan teman atau melakukan hobi.

Kamu tidak harus dikendalikan oleh pasangan begitu pula sebaliknya. Kebanyakan pernikahan yang membatasi kebebasan pasangannya akan berakhir ke perpisahan.

8 dari 9 halaman

Terapi

ilustrasi terapiilustrasi terapi © rawpixel.com

Jika semua usaha untuk menyelamatkan rumah tanggamu sudah kamu lakukan, dan hasilnya nihil, maka pertimbanhgkan untuk melakukan terapi dengan ahlinya. Seorang terapi dapat membantumu dapat membantumu menemukan cara untuk menyelamatkan kehidupan percintaanmu.

Seorang terapis dapat memiliki sudut pandang yang berbeda dari kamu dan pasangan. hal tersebut dapat membantumu untuk memahami pasangan lebih jauh lagi, begitu juga sebaliknya.

Join Diadona.id