8 Hal yang Perlu Dilakukan Pengantin Baru untuk Menguatkan Pernikahan Menurut Para Ahli

Relationship | Rabu, 7 April 2021 12:15
8 Hal yang Perlu Dilakukan Pengantin Baru untuk Menguatkan Pernikahan Menurut Para Ahli

Reporter : Olivia Lidya Elsanty

Perlu banyak usaha supaya nggak terlena~

Banyak yang bilang, kehidupan pernikahan yang sebenarnya baru dimulai seusai bulan madu. Pengantin baru akan mulai beradaptasi satu sama lain terutama saat mereka akhirnya tinggal bersama.

Pernikahan tentunya nggak selalu berisi bahagia dan senang-senang, akan ada banyak kerikil tajam yang menguji kesetiaan dan komitmen pasangan. Untuk itulah, kamu dan pasangan tentunya perlu berjuang ekstra di awal pernikahan untuk menguatkan ikatan cinta di anntara kalian.

Menurut pendapat para ahli, ternyata ada 8 hal yang perlu dilakukan pengantin baru untuk menguatkan pernikahan. Kira-kira apa aja, simak selengkapnya ya..

2 dari 6 halaman

1. Hidup dalam couple bubble

 Ilustrasi Pasangan BaruIlustrasi Pasangan Baru © shutterstock.com/id/g/topnatthapon

Seorang terapis pasangan bernama Stan Tatkin, PsyD, MFT, menyarankan agar setiap pengantin baru punya sistem couple bubble atau gelembung pasangan. Couple bubble merupakan salah satu cara untuk menjaga dan melindungi hubungan pernikahan yang baru dibina. Couple bubble merujuk pada nilai dan janji yang sudah disepakati bersama.

2. Belajar berdebat secara dewasa

Mulai hidup bersama tentunya akan ada hal-hal baru yang perlu disesuaikan, penyesuaian-penyesuaian semacam ini kadangkala bisa memicu terjadinya perdebatan atau pertengkaran. Hal ini memang wajar terjadi, tapi pengantin baru harus belajar menjaga diri sendiri sekaligus pasangan. Kalau perlu ambillah istirahat sejenak dan tenangkan pikiran agar emosi negatif tidak menguasai.

3 dari 6 halaman

3. Nonton film romantis dan mendiskusikannya

 Ilustrasi Nonton Film Bareng PasanganIlustrasi Nonton Film Bareng Pasangan © mensxp.com

Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Consulting and Clinical Psychology menemukan fakta bahwa menonton film romantis bersama pasangan ternyata punya manfaat besar untuk pernikahan. Pasangan yang menonton film romantis sekaligus mendiskusikannya bersama pasangan, cenderung memiliki risiko perceraian yang lebih rendah dibanding mereka yang tidak melakukannya.

4. Menjaga kontak mata

Menjaga kontak mata dengan pasangan adalah hal sepele yang justru sering terlupakan. Padahal, kontak mata yang intens bisa membantu menghidupkan bara cinta dalam hubungan. Untuk belajarlah untuk saling memandang dengan kontak mata yang intens, tapi tidak dipaksakan. Coba aja dulu selama 40 hari, maka kamu akan terbiasa melakukannya.

4 dari 6 halaman

5. Rutin mencium pasangan

 Ilustrasi Suami Mencium IstriIlustrasi Suami Mencium Istri © shutterstock.com/g/oneinchpunch

Seorang pakar seks bernama Ava Cadwell, PhD., mengungkap pentingnya ciuman bagi pasangan suami istri. Ciuman bisa dilakukan setiap pagi hari dan menjelang istirahat di malam hari. Berciuman selama 12 detik bisa membantu gairah tetap hidup dan menjaga hubungan tetap intim.

6. Saling terlibat dalam berbagai hal

Emma Seppala, PhD, seorang psikolog, penulis, sekaligus pembicara menyatakan bahwa pasangan yang saling mencintai akan selalu berpartisipasi dalam aktivitas bersama. Keterlibatan satu sama lain ini bisa mendatangkan kegembiraan bahkan keintiman. Kamu dan pasangan bisa memasak bersama, olahraga bersama, bertukar ide melalui bacaan, serta mencoba atau mempelajar hal-hal baru.

5 dari 6 halaman

7. Menyisihkan waktu untuk me time

 Ilustrasi Perempuan BersantaiIlustrasi Perempuan Bersantai © shutterstock.com/g/konstantynov

Meski sudah memiliki pasangan, kebahagiaan tetap menjadi tanggung jawab diri sendiri. Utamanya pada wanita, kebahagiaan pribadi bisa meningkatkan kualitas hubungan. Jadi, selalu sisihkan waktu untuk me time ya. Entah untuk sekadar beristirahat, bertemu teman-teman, atau bahkan melakukan hobi yang mungkin tertunda.

8. Selalu bersyukur

Sebuah penelitian di University of California-Berkeley menemukan fakta bahwa pasangan yang lebih sering bersyukur dalam hubungan, cenderung lebih lebih dekat dan memiliki perilaku yang positif. Pasalnya, ketika salah satu pihak merasa bersyukur, pihak lainnya akan merasa lebih aman dan dihargai. Bagi pengantin baru, hal ini sekaligus bisa meningkatk komitmen dan kepuasan dalam hubungan loh.

Join Diadona.id