Aku Ingin Sukses Dulu Sebelum Nikah, Apakah Salah?

Relationship | Kamis, 26 November 2020 20:38

Reporter : Yoga Tri Priyanto

Mari simak curhatan dari salah satu pembaca Diadona ini...

Halo, namaku Wira (nama samaran).

Usia 26 tahun, asal dari Malang, Jawa Timur. Aku bekerja di sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang properti. Aku punya pacar yang usianya setahun lebih muda dariku bernama Pinar (nama samaran). Hubunganku dengannya sudah berjalan kurang lebih 3 tahun.

Beberapa waktu yang lalu, dia meminta Aku untuk segera melamar. Di sisi lain, Aku belum sukses di pekerjaan. Untuk tabungan sih ada, hanya pas-pasan. Desakan itu makin menyudutkanku ketika permintaan terlontar dari orang tuanya. Saat ini Aku benar-benar bingung harus bagaimana. Kalau boleh egois, Aku ingin menikah di usia 30 tahun. Tapi tentu saja dia dan orang tuanya tidak menginginkan itu.

Apa yang harus Aku lakukan? Kalau harus mengakhiri hubungan hanya karena desakan menikah, jujur saja aku tidak rela. Dan aku masih terlalu sayang Pinar jika harus berpisah dengan alasan itu. Mohon pencerahannya.

Terima kasih.

Aku Ingin Sukses Dulu Sebelum Nikah, Apakah Salah?
2 dari 3 halaman

Halo Wira,

Dokter Cinta, Dr. Dona akan memberikanmu solusi yang untuk permasalahanmu. Pertama yang harus kamu lakukan adalah meyakinkan Pinar agar bersedia menunggu dengan sabar sampai kamu bisa memantapkan hati untuk segera menikah. Sembari Pinar menunggu, kamu harus instropeksi diri.

Jangan pernah mematok usia saat ingin menikah. Karena kita tidak tahu apa yang terjadi di masa depan. Saat ini kamu berusia 26 tahun dan ingin menikah di usia 30. Adakah yang bisa menjamin kamu akan sukses di usia 30 tahun? Tentu tidak ada. Renungkan itu baik-baik. Mindset kamu harus diubah, Wira.

Jika alasanmu menunda pernikahan adalah masalah ekonomi mungkin ada benarnya. Tapi bisa juga tidak benar. Baca artikel Diadona ini, silakan klik tautannya. Di situ dijelaskan apa saja yang harus kamu pertimbangkan sebelum nikah muda. Usia 26 tahun tidak tergolong muda, tapi tanggung untuk menikah karena pondasi tabungan belum cukup. Galau juga kan?

Nah, jika kamu muslim, ada pepatah yang bilang bahwa jangan mencari harta untuk menikah, tapi menikahlah untuk mencari harta. Dengan kata lain, pernikahan akan membawa pundi-pundi rezeki untuk mereka dan jangan takut selama kamu berusaha.

Pernikahan tidak melulu tentang keuangan, ada cinta dan kebahagiaan di dalamnya. Terkadang mindset orang saat ini ingin punya rumah dulu sebelum menikah. Padahal tidak semua harus seperti itu. Jika ingin selamat dengan masalah keuangan, maka setidaknya harus memiliki pemasukan dari dua belah pihak. Jika kamu sendiri yang memiliki pemasukan, setidaknya gaji yang kamu terima harus di atas UMK. Mungkin itu bisa membantu rumah tanggamu selamat dari masalah ekonomi.

Akan tetapi semua itu tergantung dari pandangan masing-masing. Kembali ke pribadi masing-masing. Dr Dona hanya memberikan gambaran mengenai hal yang harus kamu tahu. Semoga bisa memberikan solusi atas permasalahan kamu ya, Wira.

3 dari 3 halaman

Jika kalian memiliki masalah asmara, percintaan, keluarga, dan lain sebagainya silakan kirimkan email ke redaksi@diadona.id. Dokter Dona akan membantu kamu memberikan jawaban dan mungkin bisa menjadi solusi untuk masalah kamu. Rahasia terjamin!

Langsung aja isi form konsultasi di link berikut ini https://bit.ly/dokterdona.

Kami tunggu konsultasi dari kamu, ya!

Join Diadona.id