Bakal Jago Memahami, Berikut 5 Tips Menjadi Tempat Curhat yang Baik

Reporter : Yoyok
Jumat, 19 November 2021 06:50
Bakal Jago Memahami, Berikut 5 Tips Menjadi Tempat Curhat yang Baik
Salah satunya adalah tidak memotong obrolan.

Masalah bisa menjadi ringan jika kita menceritakannya atau membaginya. Terkadangan teman atau keluarga bisa menjadi tempat curhat yang baik.

Namun kamu perlu ingat, hal tersebut itu "terkadang", yang artinya mereka tidak selalu bisa menjadi tempat curhat yang baik. Tidak semua orang bisa menjadi pendengar yang baik ataupun tempat curhat yang cocok.

Namun, kamu bisa mempelajarinya lho. Berikut ini adalah beberapa tips menjadi tampat curhat yang baik.

1 dari 6 halaman

Posisikan Diri sebagai Si Pencurhat

Ketika teman, keluarga, ataupun kekasih sedang curhat denganmu, itu menandakan kalau mereka mengannggap kalau kamu adalah orang yang ia percaya. Dengan mendengar curhatannya, kamu bisa mengerti dan memahami apa yang sedang ia rasakan.

Dengan begitu, kamu jadi lebih mudah untuk berada di posisinya atau menjadi dirinya. Dengan merasa berada di posisinya, kamu akan jadi jauh lebih berempati dan memahami bagaimana perasaannya.

Ilustrasi Curhat © Diadona

2 dari 6 halaman

Tidak Memotong Pembicaraan

Memotong pembicaraan bisa dibilang hal yang tidak sopan ketika sedang mengobrol. Apalagi ketika kamu mendengar curhatan, memotong pembicaraan sangat terlarang untuk dilakukan.

Dengan tidak memotong pembicaraan lawan bicaramu, itu menunjukkan bahwa kamu sedang mendengarkan curhatannya dan memberikan perhatian padanya.

3 dari 6 halaman

Jangan Membandingkan Masalahnya dengan Masalahmu

Ketika temanmu sedang curhat akan masalahnya, jangan pernah membandingkannya dengan masalahmu. Apalagi menganggap masalahnya lebih mudah dari yang pernah kamu alami.

Selain kamu menganggap remeh masalahnya, kamu juga tidak berempati terhadap orang yang sedang curhat padamu. Dengan begini, kamu sudah menjadi orang menyebalkan dan tidak bisa diajak curhat.

Ilustrasi Curhat © Diadona

4 dari 6 halaman

Beri Saran Jika Diminta

Sering kali orang curhat hanya untuk didengarkan. Maka dari itu, beri saran atas curhatan lawan bicaramu ketika ia minta.

Jika kamu tidak tahu saran apa yang harus diberikan, maka jujur saja jika kamu tidak tahu solusinya. Hal ini gak membuatmu tidak menjadi tempat curhat yang baik kok.

5 dari 6 halaman

Tanya Keadaannya Setelah Ia Curhat

Menanyakan kabar akan setelah temanmu curhat bisa menjadi obat yang baik untuknya. Contohnya seperti bagaimana hari-harinya setelah ia mengungkapkan masalahnya tersebut, ataupun bagaimana perkembangan masalahnya.

Tidak lupa juga untuk memberikannya motivasi dan memberikannya semangat. Hal ini menunjukkan bahwa kamu peduli pada masalah yang tengah dihadapinya serta menjadi pendengar yang baik.

Ilustrasi Teman Curhat © Diadona

Beri Komentar