Bener Nggak sih Beda Usia yang Terlalu Jauh Bisa Pengaruhi Hubungan Asmara?

Relationship | Kamis, 16 September 2021 15:15

Reporter : Olivia Lidya Elsanty

Bakal lebih bahagia atau sebaliknya?

Perasaan jatuh cinta memang sulit dikendalikan. Kita nggak bisa memilih bakal jatuh cinta pada siapa karena perasaan tersebut sering datang di waktu yang tidak terduga.

Kadang, kita bisa jatuh cinta dengan seseorang yang seumuran, atau bisa juga lebih tua, bahkan lebih muda. Biasanya kalau udah cinta, usia hanyalah angka yang nggak bisa membatasi perasaan kita.

Bener Nggak sih Beda Usia yang Terlalu Jauh Bisa Pengaruhi Hubungan Asmara?
2 dari 6 halaman

Namun, pernah nggak sih kamu memikirkan dampak dari perbedaan usia ini terhadap kelangsungan hubungan? Apakah perbedaan usia bakal aman-aman saja atau justru bisa menimbulkan permasalahan di kemudian hari?

Sejumlah ahli pun mengungkap pendapatnya mengenai efek perbedaan usia terhadap hubungan asmara yang dijalani pasangan. Berikut ulasan selengkapnya.

3 dari 6 halaman

ilustrasi pasangan beda usiailustrasi pasangan beda usia © eligiblemagazine.com

Seth Meyers, Ph.D, seorang psikolog menyebut bahwa perbedaan usia bukan hanya sekadar angka. Apalagi jika perbedaan usia mencapai lebih dari 10 tahun, serangkaian masalah akan lebih mudah terjadi pada suatu hubungan.

"Meskipun selalu ada pengecualian, aturan yang baik untuk diingat adalah berkencan dengan seseorang yang (beda usianya) lebih dari 10 tahun akan menghadirkan tantangan baik sekarang atau nanti, sekaligus menambah tantangan yang sudah ada sebelumnya dalam hubungan apa pun," ujar Seth, seperti melansir dari Womantalk.

4 dari 6 halaman

Di awal-awal hubungan, mungkin pasangan akan selalu merasa cocok dan nyaman satu sama lain. Namun akan datang saatnya di satu titik tertentu, pasangan akan merasa ada perbedaan yang menimbulkan ketidakcocokan.

Tantangan ini bahkan tidak hanya terjadi dalam hubungan internal kedua belah pihak. Hubungan dengan pihak lain seperti keluarga dan teman pun kadang akan merasakan dampaknya.

5 dari 6 halaman

Ilustrasi Pasangan Beda UsiaIlustrasi Pasangan Beda Usia © shutterstock.com/fonti

"Pasangan dengan perbedaan usia besar perlu memikirkan segala sesuatunya atau mengambil risiko mengalami tahap yang saling bertentangan dalam hubungan. Anda akan mengalami perbedaan referensi, ketidaksetujuan dari keluarga dan teman, dan mungkin juga pandangan negatif masyarakat. Bahkan, mungkin sulit untuk berhubungan dengan teman sebaya satu sama lain," ujar terapis pernikahan dan keluarga, Rachel Sussman.

Namun meski demikian, punya pengalaman menjalin hubungan dengan seseorang yang usianya beda jauh dengan kita justru membuat kita memiliki perspektif lain dalam memilih pasangan. Kita nggak akan terpaku dengan kriteria-kriteria tertentu yang sebenarnya nggak berlaku saat kita jatuh cinta.

Join Diadona.id