Berdebat dengan Pasangan, yuk Pahami Cara yang Tepat!

Reporter : Yayuk Harini
Sabtu, 29 Mei 2021 14:00
Berdebat dengan Pasangan, yuk Pahami Cara yang Tepat!
Ketahui cara yang tepat dalam berdebat dengan pasangan ya.

Dalam setiap hubungan, sangat mungkin terjadi perdebatan. Ya, hal ini sudah umum terjadi kok. "Aku tuh kadang males banget buat debat mulu pasti ujung-ujungnya malah makin panjang dan gak ketemu pangkal permasalahannya. Kan makin ribut jadinya?".

Eits tunggu-tunggu, buat kamu yang males berdebat, kamu harus tahu bahwa sejatinya ada banyak manfaat dalam perdebatan dengan pasangan lho. Buat kamu yang sedang berdebat, yuk ketahui cara yang tepat dalam menyikapinya.

1 dari 6 halaman

1. Memulai dengan tujuan yang baik

Dalam perdebatan, setiap orang memiliki alasan dan kekhawatiran masing-masing. Perdebatan ini bertujuan untuk menemukan jalan keluar bersama, bukan untuk menyakiti pasangan atau memaksakan kehendak di alam hubungan. Coba deh tanyakan pada dirimu sendiri, " Apa yang sebenarnya mengganggmu?" , " Apa sebenarnya tujuan dari perdebatan ini?" .

2 dari 6 halaman

2. Sampaikan dengan bahasa yang tepat

Ilustrasi Pasangan di Sofa © Diadona

Perasaan kecewa dan marah membat kita lebih mudah mengeluarkan kata-kata yang menyakiti pasangan. Sayangnya, pemilihan bahasa ini cenderung fokus ada emosi saja, bukan pada permasalahan yang sesungguhnya.

Tetapkan waktu yang tepat untuk berdebat dan nyatakan permasalahan dengan sejelasnya. Hindari mengawali dengan kata " kamu" , seperti misalnya " Kamu membat saya marah" , namun sebaiknya dengan ungkapan " Aku kecewa karena..." .

3 dari 6 halaman

3. Tetap terbuka

Dalam perdebatan, kita bisa saja berfikir bahwa mengungkapkan perasaan akan menyebabkan perdebatan semakin panjang. Padahal, hal terpenting adalah seluruh pihak dalam hubungan tetap mengungkapkan perasaan dengan sejujurnya.

Menutupi perasaan hanya akan membuat masalah serta rasa kesal kian berlarut dan tunggal menunggu waktu sampai hal tersebut semakin menjadi besar dan akhrinya meledak. Gak mau dong?

4 dari 6 halaman

4. Beri kesempatan bicara

Ilustrasi Pasangan © Diadona

Ingat, perdebatan tidak hanya melibatkan satu orang saja. Jadi, berilah ruang pada pasangan untuk menyampaikan pendapatnya. Jangan pula memotong pembicaraannya ya. Kunci dalam perdebatan yang sehat adalah dengan mendengarkan dan memahami apa yang disampaikan oleh pasangan.

5 dari 6 halaman

5. Masalah lama akan terus berulang

Akibat masalah yang tidak benar-benar selesai, pasangan akan menghadapi konflik yang sama berulangulang kali. Masalah yang terus berulang tanpa resolusi membat hubungan menajdi tidak sehat. Jadi, kalau bisa segera tuntaskan segala unek-nek yang membelenggu hati.

6 dari 6 halaman

6. Selesaikan masalah dengan solusi yang tepat

Carilah solusi bersama dalam masing-masing pihak di dalam hubungan lalu lanjutkan dengan diskusi mengenai manfaat dan kerugiannya. Terkadang, solusi yang dipilih adalah mencari jalan tengah atau saling berkorban untuk kebaikan bersama.

Jika sudah berhasil mencari keputsan untuk menyelesaikan masalah, rayakan hal tersebut bersama-sama karena sudah berhasil melewati perdebatan dengan baik. Ingat, perdebatan itu fokus untuk memperjuangkan hubungan dan bukan memperjuangkan ego masing-masing ya. Semangat!

Beri Komentar