Bikin Resah dan Gelisah, Berikut 5 Tips Ampuh Mengatasi FOMO

Relationship | Jumat, 24 September 2021 06:50

Reporter : Yoyok

Buat yang terganggu dengan sifat FOMO-nya, ikuti tips di bawah ini ya

Sebuah tren atau gosip, terkadang sulit sekali kita lewatkan. Effort yang besar pun kita lakukan demi mendapatkan informasi gosip tersebut ataupun mengikuti tren yang berkembang saat ini.

Sifat seperti ini disebut FOMO (Fear of Missing Out). FOMO sering kali membuat kita tidak tenang setiap waktu. Kamu pun juga bisa mengenali ciri FOMO yang ada dalam diri sendiri.

Namun, bukanlah hal mustahil kok kalau kamu ingin mengatasi sifat FOMO ini. Dikutip dari Glints, berikut ini adalah 5 tips ampuh dalam mengatasi fomo.

Bikin Resah dan Gelisah, Berikut 5 Tips Ampuh Mengatasi FOMO
2 dari 7 halaman

Menikmati Proses

Tips pertama dalam mengatasi FOMO adalah dengan menikmati sebuah proses. Seperti halnya proses dari bangun pagi, lalu berangkat kerja, sampai pulang ke rumah, nikmati prosesnya step by step.

Kembangkan pemikiran bahwa hal-hal yang biasa kamu lakukan merupakan sebuah berkah dan kesempatan, bukan suatu kewajiban. Dengan berpikir begini, kamu akan jadi merasa tidak terbebani.

Ilustrasi Wanita SenyumIlustrasi Wanita Senyum © shutterstock.com/violetblue

3 dari 7 halaman

Fokus pada Pengalaman, Bukan Benda

Sering kali kita iri dengan apa yang dimiliki seseorang. Seperti halnya mereka memiliki mobil, rumah, baji branded, ataupun hal lainnya.

Padahal, sebenarnya kamu sudah memiliki hal-hal tersebut. Hanya saja, karena sering melihat rumput tetangga, makanya kamu jadi FOMO alias kepengen.

Dari pada dengan benda, lebiak baik fokus pada pengalaman. Contohnya seperti melakukan sebuah petualangan, pencapaian, ataupun menjalin koneksi baru. Pengalaman akan memberikan kesenangan serta kepuasan yang lebih tahan lama daripada sebuah benda.

4 dari 7 halaman

Kamu Tidak Wajib Punya Semuanya

Salah satu ciri FOMO adalah kamu memiliki keinginan untuk memiliki segalanya. Padahal, kita juga harus memahami bahwa keinginan itu sifatnya infinity, sedangkan kebutuhan itu terbatas.

Maka dari itu, pahami bahwa kamu tidak bisa memiliki segalanya. Kamu tidak bisa memenuhi segala keinginanmu. Atau, kamu bisa menentukan prioritas keinginan dari yang paling penting sampai yang cuma sekedar pengen aja.

Ilustrasi Wanita SenyumIlustrasi Wanita Senyum © shutterstock.com/fizkes

5 dari 7 halaman

Mengurangi Main Medsos

Salah satu hal yang membentuk orang bisa memiliki FOMO adalah karena keseringan main medsos. Sebuah peneliatian yang dilakukan Trust Pulse mengatakan, 69 persen generasi milenial takut ketinggalan sebuah gosip atau tren saat membuka media sosial.

Maka dari itu, salah satu tips ampuh mengatasi FOMO adalah dengan mengurangi main medsos. Cukup dengan membatasi penggunaan media sosial secukupnya.

6 dari 7 halaman

Menulis Jurnal

Tips terakhir dalam mengatasi FOMO adalah dengan menulis jurnal. Menulis jurnal atau diari juga bisa mengingatkan kamu tentnag hal-hal baik yang kamu lakukan seharian.

Kamu juga bisa kok menulias hal yang ditakuti, namun akhirnya tidak terjadi. Menulis jurnal dapat membuat perilaku FOMO-mu akan berkurang.

Ilustrasi MenulisIlustrasi Menulis © Unsplash/ ana_tavares

Join Diadona.id