Bukan karena Capek, Hal ini Bisa Bikin Kamu Kamu Ogah-Ogahan Berhubungan Intim

Reporter : Yoyok
Jumat, 19 Februari 2021 21:50
Bukan karena Capek, Hal ini Bisa Bikin Kamu Kamu Ogah-Ogahan Berhubungan Intim
Kira-kira, apa ya yang bikin malas bercinta?

Bagi pasangan suami istri, seks bisa menjadi "penyedar rasa" dalam sebuah hubungan rumah tangga. Tidak hanya itu, seks bisa saja menjadi pereda konfilk pasangan suami istri.

Namun, ada kalanya kamu atau suami malas untuk berhubungan intim. Banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi, seperti halnya obat-obatan ataupun masih capek.

Tapi, pernah gak sih Diazen berpikir kalau perasaan juga bisa menjadi penyebab malas berhubungan intim?

1 dari 4 halaman

Masalah Perasaan

Dikutip dari Womantalk, asisten profesor klinis kebidanan dan ginekologi, Anne R. Davis, MF, MPH, berpendapat bahwa perasaan atau emosi memiliki peran yang besar dalam libido.

“ Masalah suasana hati dan pasangan lebih penting daripada perubahan kecil dalam testosteron akibat obat tertentu. Bagi banyak perempuan, lebih mudah menyalahkan alat kontrasepsi daripada memeriksa faktor emosional dan hubungan yang rumit yang dapat mempengaruhi dorongan seksual mereka,” ucapnya.

Beda dengan laki-laki, dr. Anne mengatakan bahwa mereka dapat memisahkan perasaan pribadi dan urusan seks. Untuk perempuan yang tidak berada dalam situasi yang bikin bergairah, akan sulit untuk tertarik melakukan hubungan intim.

Ilustrasi Pasangan di Ranjang © Diadona

2 dari 4 halaman

Perubahan Libido

Sarah L. Berga, MD, profesor dan ketua dari departemen ginekologi dan kebidanan, menyarankan untuk para perempuan mengidentifikasi titik kapan dimulainya perubahan libido dan keinginan bercinta yang dirasakan menurun.

" Kadang saya mendapatkan pasien berusia 50 tahun yang datang dan berkata memiliki libido rendah. Saat ditanya sudah berapa lama dan jawabannya adalah 40 tahun, maka kemungkinan besar masalahnya bukan hanya pada perasaan, konsumsi pil KB, atau kelelahan yang disebabkan oleh kurang tidur selama beberapa malam,” ujar Sarah.

3 dari 4 halaman

Pahami Sebabnya

Maka dari itu, coba pikirkan baik-baik apa yang membuat kamu malas berhubungan intim dengan suami. Dari situ, kamu bisa mengenali penyebabnya, apakah karena obat-obatan, atau kecapekan, atau menurunnya motivasi berhubungan intim.

Dr. Anne juga mengatakan kalau perempuan bisa lebih semangat berhubungan seks saat sedang berlibur ataupun bersantai. Jika hal ini yang dapat membuatmu menggebu-gebu berhubungan intim, maka carilah waktu libur bareng suami agar libido meningkat dan motivasi melakukan seks bertambah besar.