Buktikan Kepedulian, Ini 5 Cara Tenangkan Hati Pria yang Sedang Tertekan

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 22 Maret 2021 10:15
Buktikan Kepedulian, Ini 5 Cara Tenangkan Hati Pria yang Sedang Tertekan
Yuk, coba jadi pasangan yang peduli dan pengertian.

Selama masih hidup di dunia, manusia pasti masih akan berhadapan dengan beragam masalah. Bisa jadi karena masalah keluarga, pasangan, atau bahkan pekerjaan.

Meski sama-sama menghadapi masalah, pria dan wanita punya cara yang berbeda untuk mengatasinya. Jika wanita lebih suka curhat dengan orang dekatnya, pria justru memilih menyendiri untuk kembali mendapatkan ketenangan.

Jika pasanganmu sedang tertekan dan kamu ingin menjadi sosok pasangan yang peduli, coba deh tenangkan hatinya lewat 5 cara ini.

1 dari 6 halaman

1. Jangan memaksanya bercerita jika belum siap

Ilustrasi Menenangkan Pasangan © Diadona

Hal pertama yang perlu kamu ketahui saat pasangan sedang tertekan, yakni jangan menambah beban dengan memaksanya untuk bercerita. Saat kamu terus-terusan menuntut ia berbagi cerita, lama-lama ia akan kesal sama kamu.

Apalagi jika dia sudah bilang nggak mau membahasnya, maka kamu harus memahami keputusannya tersebut. Lagipula, kalau sudah siap, dia pasti cerita dengan sendirinya kok.

2 dari 6 halaman

2. Tetap beri perhatian meski ia ingin menyendiri

Saat menghadapi masalah, kebanyakan pria memilih untuk menyendiri. Selain untuk menenangkan diri, cara ini diambil supaya perkataan atau perbuatan mereka nggak menyakiti orang lain.

Jika pasanganmu pun melakukan hal yang sama, maka biarkan dia dan jangan memaksanya untuk terus bersamamu. Mungkin dia bakal lama balas chat atau telepon, tapi jangan lupa untuk tetap memberi perhatian supaya mereka nggak merasa dibiarkan sendirian.

3 dari 6 halaman

3. Jangan berpikiran negatif dengan sikapnya

Ilustrasi Pasangan Merenung © Diadona

Ada kalanya seseorang nggak bisa mengontrol emosinya saat sedang tertekan, sehingga mereka bisa melontarkan kata-kata atau perbuatan yang tidak terduga. Jika memang demikian, belajarlah untuk memahami hal tersebut.

Jangan buru-buru berpikiran negatif dan melakukan perbuatan sepihak yang bisa merugikan hubungan. Tunggu hingga emosinya stabil jika memang ada hal yang perlu kalian bahas secara serius.

4 dari 6 halaman

4. Berikan dukungan yang diperlukan

Sebagai seseorang yang pasangannya sedang bermasalah, tentunya kamu tetap perlu memberi dukungan. Apalagi jika masalah tersebut melibatkan kalian berdua, sebisa mungkin bantu pasangan dengan selalu berada di dekatnya.

Mungkin dia ingin menyelesaikan masalahnya sendiri, it's okay. Tapi berusahalah memberi dukungan secara moril agar dia masih merasa ada kamu yang peduli padanya.

5 dari 6 halaman

5. Jadilah pendengar yang baik dan jangan menghakimi

Ilustrasi Pasangan Mengobrol © Diadona

Jika pada akhirnya dia memutuskan untuk membagi permasalahannya denganmu, maka dengarkan semua ceritanya tanpa memotong dan menghakimi. Berikan saran jika memang dia memintanya.

Sebagian pria kadang hanya butuh didengarkan dan nggak mau terkesan lemah di hadapan pasangannya. So, sediakan telinga dan jangan ikut campur terlalu jauh jika tidak diminta.

Beri Komentar