Cara Sopan Memberi Tahu Pasangan Bahwa Kita Sementara Butuh Ruang dalam Hubungan

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 8 Januari 2021 13:38
Cara Sopan Memberi Tahu Pasangan Bahwa Kita Sementara Butuh Ruang dalam Hubungan
Mungkin kamu ingin bilang "Aku ingin dibiarkan sendiri untuk sementara waktu".

Ada kalanya, saat menjalin hubungan kita merasakan keadaan untuk ingin sendiri semantara waktu tanpa ada yang menggangu. Bukan untuk putus, tapi tanpa kita sadari secara pasti bahwa kita benar-benar sedang dalam kondisi iungin sendiri dan diberikan ruang untuk berfikir sejenak.

Lalu bagaimana cara menyampaikannya kepada pasanagn tanpa harus membuatnya khawatir? Melansir dari YourTango pada Jumat (8/1/2021), berikut ini adalah informasi selengkapnya.

1 dari 5 halaman

1. Bersikaplah Terbuka Tentang Apa yang Dirasakan

Meminta ruang adalah topik yang sulit untuk dibicarakan karena mungkin kamu takut salah mengambil langkah. Tetapi, menghindari masalah dan hanya mencoba memberikan petunjuk adalah salah satu cara untuk menjamin mereka akan menganggapnya dengan cara yang paling buruk. Oleh karena itu, bersikaplah terbuka tentang semua yang sedag kamu alami saat ini. Ungkapkan semua permasalahan akan diri yang ingin sementara sendiri dan diberikan ruang berfikir sejenank.

2 dari 5 halaman

2. Pilih Kata-Kata Ungkapan dengan Hati-Hati

Ilustrasi pasangan berdiskusi © Diadona

Bisa jadi kamu akan stres sendiri saat seseorang tidak memberimu ruang untuk sementara berfikir. Tak perlu juga diujadikan perdebatan walau dua belah poihak memiliki pandanagn dan ekspektasi yang berbeda dalam hubungan.

Pastikan kamu tidak membiarkan emosi lepas kendali. Beristirahatlah seperlunya dan diskusikan hal ini hanya dengan kepala dingin.

3 dari 5 halaman

3. Perjelas Kebutuhanmu

Tidak ada yang lebih membuat frustrasi daripada tidak mengetahui apa yang diinginkan pasanganmu. Kamu mungkin tidak tahu pada awalnya berapa banyak ruang yang kamu butuhkan atau untuk berapa lama.

Saat kamu telah mengetahui berapa besar kebutuhan akan ruang ini dan menanganinya, komunikasikan hal itu dengan mereka sehingga kamu berdua bisa berada di halaman yang sama. Artinya kamu harus menentukan terlebih dahulu berapa banyak ruang atau waktu yang kamu butuhkan.

Jika kamu hanya perlu beberapa hari untuk mengisi ulang, beri tahu pasangan akan kebenaran ini. Jika kamu memiliki sesuatu yang lebih dalam dalam pikira dan berpikir itu mungkin mendekati atu minggu atau lebih, kamu juga harus terbuka dengan mereka dan bersikap realistis.

4 dari 5 halaman

4. Biarkan Mereka Ikut Mempertimbangkan Kekhawatirannya

Ilustrasi Pasangan Berdiskusi © Diadona

Jika kamu meminta sesuatu dari pasangan, maka kamu harus memahami sudut pandang dan kebutuhan mereka juga. Mereka mungkin sedikit terkejut dan merasa bahwa kamu menarik diri, dan kamu perlu meluangkan waktu untuk meyakinkan mereka.

5 dari 5 halaman

5. Atasi Kekhawatiran Mereka

Yakinkan mereka bahwa ini bukan tanda kamu ingin putus dengannya, melainkan hanya sesuatu yang kamu butuhkan dari suatu hubungan, seperti kesetiaan dan kepercayaan.

Bersikaplah jujur dan jangan memberi tahu pasangan bahwa kamu membutuhkan ruang jika kamu benar-benar berencana untuk membuat mereka berbayang dan melanjutkan hidup. Inilah saatnya kamu memenuhi kebutuhan ruang pribadi untuk tidak membuat orang lain terkhusus pasanganmu merasa khawatir. Semoga kamu senantiasa diberikan kelancaran dalam hubungan ya. Semangat!

Beri Komentar