Katanya Cowok yang Lagi Naksir Cewek tuh Bisa Keliatan dari Suaranya, Bener Nggak sih?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 13 Februari 2024 10:15
Katanya Cowok yang Lagi Naksir Cewek tuh Bisa Keliatan dari Suaranya, Bener Nggak sih?
Dengerin baik-baik deh..

Saat seseorang jatuh cinta dengan lawan jenis, tanpa disadari ada banyak perubahan yang terjadi. Bukan perubahan yang mudah terlihat sih, sehingga kamu perlu sedikit menambah ekstra kepekaan untuk menyadarinya.

Mengutip dari curiosity.com, sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Nonverbal Behaviour menyatakan bahwa laki-laki akan menurunkan nada suaranya saat berbicara dengan perempuan yang disukainya. Bahkan secara nggak sadar, mereka akan mengubah suaranya jadi lebih lembut loh.

Suara adalah salah satu bentuk komunikasi nonverbal yang bisa mengungkapkan emosi dan perasaan seseorang. Ketika seseorang sedang tertarik atau menyukai orang lain, seringkali ada perubahan pada suaranya, baik dari segi volume, nada, maupun intonasi.

Namun, mengidentifikasi apakah dia benar-benar naksir padamu dari suaranya bisa menjadi tantangan. Pasalnya, reaksi suara seseorang bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor lain termasuk situasi, mood, dan keadaan fisik.

1 dari 5 halaman

Tanda Cowok Naksir Cewek dari Suaranya © Diadona

Meski perubahan ini antara sadar dan nggak sadar, ternyata sebenarnya mereka sedang mengirim sinyal lho~ Para peneliti berpendapat jika perubahan nada suara ini merupakan sinyal laki-laki untuk menyatakan bahwa mereka maskulin dan sensitif terhadap lawan bicara. Nada suara mereka menunjukkan mereka manly, namun kelembutan suara juga menunjukkan kalau mereka adalah pasangan yang baik.

Saat berbicara dengan perempuan yang disukainya, laki-laki nggak mau dicap sebagai cowok yang kasar dong.. Itulah sebabnya mereka berusaha mengontrol cara berbicaranya.

Apalagi jika si perempuan pujaan hati merupakan sosok yang lembut, mereka sedikit menurunkan egonya sekaligus menurunkan nada suaranya. Sikap perhatian semacam ini tentu aja supaya si cewek nggak menghindar atau bahkan kabur ya.

2 dari 5 halaman

Tanda Cowok Naksir Cewek dari Suaranya © Diadona

Nada suara laki-laki kalau sedang tertarik dengan seseorang, biasanya akan terdengar lebih halus dan lembut. Hal ini dilakukan untuk menciptakan suasana yang lebih romantis dan intim loh~

Selain itu, cowok-cowok yang sedang jatuh cinta ini juga ingin dianggap bisa menghargai perempuan. Dengan nada suara yang terkontrol, mereka seolah menunjukkan bahwa mereka nggak akan terlalu mendominasi pembicaraan.

Intonasi suara laki-laki ketika sedang berbicara dengan perempuan yang membuatnya tertarik biasanya akan lebih variatif, dengan menggunakan berbagai nada dan irama yang berbeda. Ini dilakukan untuk membuat suara mereka terdengar lebih menarik dan menyenangkan.

3 dari 5 halaman

Tanda Cowok Naksir Cewek dari Suaranya © Diadona

Pada saat naksir seseorang, laki-laki akan jadi lebih bersemangat dan terangsang secara psikologis untuk menggunakan lebih banyak nada dalam suaranya. Mereka juga akan lebih sering tertawa, tersenyum, bahkan lebih ramah ketika sedang berbicara dengan perempuan yang membuatnya tertarik.

Namun, perlu diingat jika ada juga tipe laki-laki yang mencoba mengendalikan rasa senang di hatinya dengan memperdalam suaranya. Biasanya mereka melakukan ini agar terdengar lebih manly dan tenang di depan gebetannya.

Di sisi lain, ada juga beberapa tipe orang yang menjadi canggung atau gugup ketika berbicara dengan orang yang mereka sukai. Gerak-gerik ini tercermin dalam perubahan nada suara atau dia tiba-tiba menjadi terbata-bata ketika berbicara denganmu.

 

4 dari 5 halaman

Tanda Cowok Naksir Cewek dari Suaranya © Diadona

Tentu aja, nggak semua perubahan suara pada laki-laki menandakan bahwa dia sedang naksir seseorang. Setiap orang berbeda dan ada faktor-faktor lain seperti kepribadian yang mempengaruhi cara berbicara seseorang.

Namun, jika perubahan suara tersebut disertai dengan tanda-tanda lain, seperti sering menatap, tersenyum, dan berusaha untuk dekat, maka kemungkinan besar dia memang sedang naksir dan tertarik padamu.

Beri Komentar