Curhat Masalah Hati ke Orangtua, Kenapa Tidak? Ini lho Beberapa Manfaat yang Bakal Kamu Dapatkan

Relationship | Minggu, 2 Agustus 2020 13:00
Curhat Masalah Hati ke Orangtua, Kenapa Tidak? Ini lho Beberapa Manfaat yang Bakal Kamu Dapatkan

Reporter : Yayuk Harini

Gak perlu sungkan, curhat aja deh!

Resah dan gelisah karena masalah hati memang selalu menghampiri setiap kaula muda ketika dilanda galau. Kalau bahasanya zaman sekarang, ibarat 'Rasanya tuh kayak pengen mati' tapi gak bisa :(.

Gak ada yang mau kok buat jadi galau, perasaan ini memang datang dengan sendirinya tanpa bisa dicegah. Salah satu cara untuk menyelesaikan masalah hati adalah dengan merenung dan bercerita kepada orang lain. Tapi, kebanyakan anak muda seperti kita tuh sering takut curhat, nanti malah jadinya ngomong pada orang yang salah dan akhirnya rahasia kita terbongkar lagi.

Nah, gak perlu risau, coba deh sesekali curcol dikit masalah hati kepada orang tua. Tanpa disadari, banyak banget loh manfaat saat kita curhat masalah hati kepada mereka. Berikut Diadona ulas dalam beberapa manfaat yang bakal kamu dapatkan saat curhat kepada orang tua. Check this out!

 

2 dari 5 halaman

1. Mengenal Orangtua Lebih Dekat

 Curhat Masalah Hati ke OrangtuaCurhat Masalah Hati ke Orangtua © Parentandteen.com

Di awal, mungkin kamu akan merasa ragu buat curhat sama orangtua. Saya aham kok, sebelum curhat saja pasti sudah banyak bayangan ketakutan yang muncul di kepala kan? Takut kena omel, takut dimarahi sampai takut dituduh yang enggak-enggak. Tapi nyatanya, semua itu gak benar Girls.

Waktu awal kamu ngomong mungkin akan bakal menerima berbagai pertanyaan. Tapi lama-lama obrolannya jadi mengalir gitu aja. Rasa sepemaham akan perspektif orangtua soal kenapa mereka sebegitu ketat pada kita, ternyata semua itu hanya demi melindungi. Ah, jadi ngerasa bersalah sudah pernah berpikir macam-macam. Yakin deh, kamu akna jadi tahu tentang segala hal yang selama ini kamu anggap larangan dan ternyata itu adalah wujud sayang kepada kita.

3 dari 5 halaman

2. Orangtua Jadi Lebih Ngerti Kita

 Curhat Masalah Hati ke OrangtuaCurhat Masalah Hati ke Orangtua © Youngminds.org.uk

Bermula dari obrolan ringan tentang orang yang disukai, akhirnya semua uneg-uneg yang ada di kepala bisa tercurahkan semua. Memang, topik akan hubungan ini jadi bahasan " personal" pembuka. Tapi yakin deh, orangtua jadi lebih perhatian sama kita.

Mereka pasti akan menanyakan gimana perasaan kita sampai rutin jadi teman curhat. Hasilnya, tentu gak akan ada lagi masalah yang tidak mereka ketahui. Baik itu urusan pelajaran, teman, orang yang disukai, pekerjaan, sampai soal sifat orangtua yang kita benci semuanya sudah diketahui.

4 dari 5 halaman

3. Merasa Lebih Plong saat Curhat Tanpa Perlu Jaim

 Curhat Masalah Hati ke OrangtuaCurhat Masalah Hati ke Orangtua © Elle.com

Ngobrol sama orangtua bikin merasa gak perlu jaim. Hal ini terjadi lantaran kita tahu bahwa mereka adalah orang yang sudah terpercaya tanpa perlu takut akan rahasia kita bocor ke publik.  Ya walau mereka membocorkannya, nggak mungkin juga dong bocor ke teman-teman setongkrongan. Tak hanay itu, orangtua memang benar-benar sosok yang sudah mengenal kita, jadi gak ada ang mau dijaim-in dong? Hehe...

5 dari 5 halaman

4. Dapat Solusi yang 'Me-Ngena' Banget

 Curhat Masalah Hati ke OrangtuaCurhat Masalah Hati ke Orangtua © Militaryonesource.mil

Orang tua sudah tahu karakter anak, jadi saran atau solusi yang mereka tawarkan sudah pasti benar-benar mempertimbangkan pola pikir serta kebiasaan kita. Sudah tentu, orangtua pasti juga sudah kenyang akan liku serta asam garam perkara hubungan, jadi otomatis kita bakal lebih percaya saran mereka daripada memendamnya sendirian. Jangan salah, saran dari mereka tuh emang benar-benar terbukti ampuhnya lho. Yakin deh, gak bakal nyesel buat menjalankan berbagai solusi serta saran dari mereka.

Nah, itulah beberapa manfaat melakukan curcol ke orangtua. Gak ada lagi tuh yang namanya galau-galauan perkara hati dengan segala masalah yang melingkupinya. Semoga menginspirasi!

Join Diadona.id