Dasarnya Sama-sama Insecure, Penyebab Cemburu Perempuan dan Laki-laki Ternyata Ada Bedanya

Relationship | Selasa, 15 September 2020 19:40
Dasarnya Sama-sama Insecure, Penyebab Cemburu Perempuan dan Laki-laki Ternyata Ada Bedanya

Reporter : Firstyo M.d.

Apa sih perbedaan sebab cemburunya laki-laki dan perempuan?

Kecemburuan terhadap pasangan sering muncul di diri kita dan wajar terjadi. Pemantiknya bisa bermacam-macam, namun dasar dari rasa kecemburuan umumnya adalah perasaan insecure.

Saat rasa insecure muncul, kita memang akan cenderung nggak bisa melihat nilai lebih dari diri sendiri dibanding orang lain. Akhirnya, akan muncul perasaan khawatir jika ada orang yang menurut pandanganmu punya nilai lebih darimu. Apalagi kalau orang tersebut punya kedekatan dengan pasangan, entah karena memang berteman atau sekedar kolega kerja.

Terlepas dari insecure sebagai dasar kecemburuan, rupanya ada beda yang cukup signifikan dalam penyebab kecemburuan pada laki-laki dan perempuan. Hal ini bahkan sudah terbukti secara ilmiah lho.

2 dari 5 halaman

Dasar cemburu secara biologis

Manusia hidup di dunia nggak cuma untuk dirinya sendiri, tapi juga untuk melanjutkan kehidupan ke generasi selanjutnya. Sebuah penelitian menyebut bahwa laki-laki dan perempuan punya dua tugas; menciptakan keturunan dan menciptakan kesejahteraan untuk mereka.

Dilansir dari brightside, secara biologis laki-laki akan memiliki tugas menransfer gen yang dimiliki dengan melakukan pembuahan pada perempuan. Sebaliknya, perempuan dapat memilih laki-laki mana yang dianggap baik untuk dapat meneruskan keturunan.

Terus apa hubungannya hal-hal ilmiah itu dengan rasa cemburu?

3 dari 5 halaman

Penyebab cemburu laki-laki

Jangan salah. Pembawaan secara biologis rupanya akan sangat berpengaruh pada penyebab kecemburuan pada laki-laki dan perempuan.

Secara biologis, laki-laki memiliki misi prokreasi alias menurunkan gen ke generasi selanjutnya untuk dibuahi di tubuh perempuan. Oleh karena itu, berdasarkan fakta ini, laki-laki akan menganggap perselingkuhan secara fisik lebih buruk dibanding perselingkuhan secara emosional.

Nggak usah yang besar-besar deh, para perempuan pasti pernah mengalami pasangan marah karena kamu dekat dengan seorang laki-laki yang sekedar teman kan? Penjelasan di poin sebelumnya menjelaskan penyebab munculnya reaksi tersebut.

4 dari 5 halaman

Penyebab cemburu perempuan

Sementara, untuk perempuan penyebab kecemburuan berbanding terbalik. Dalam proses biologis perempuan akan bersama dengan calon bayi mulai dari benih sampai berwujud manusia. Perempuan akan sangat mementingkan ikatan secara emosional.

Oleh sebab itu, kecemburuan perempuan lebih sering muncul ketika melihat pasangannya menemukan sandaran lain yang dirasa membuat nyaman. Tak terbatas pada lawan jenis namun juga pada teman dan bahkan kegiatan semisal hobi yang dilakukan.

5 dari 5 halaman

Dua golongan cemburu

Peneliti menggolongkan perbedaan penyebab cemburu ini dalam dua kategori, yakni dismissive untuk laki-laki dan secure untuk perempuan. Mereka yang dismissive cenderung akan cemburu di level non emosional. Kedekatan fisik akan lebih mengganggu untuk mereka.

Sebaliknya, mereka yang tergolong secure biasanya akan sangat percaya pada pasangan sehingga kedekatan fisik tak jadi masalah, namun kedekatan emosional lah yang jadi soal.

Gimana, udah lebih ngerti penyebab cemburunya pasanganmu? Semoga membantu hubungan yang sedang kamu jalani yaa.

Join Diadona.id