Deg-Degan Waktu Bertemu Mantan, Ada Apa Gerangan?

Reporter : Firstyo M.D.
Selasa, 31 Desember 2019 12:37
Deg-Degan Waktu Bertemu Mantan, Ada Apa Gerangan?
Urusan sama dia sudah selesai, tapi normalkah untuk tetap deg-degan waktu bertemu?

Bertemu mantan di tempat umum secara tiba-tiba adalah hal yang menganggetkan, terlebih kalau kamu sudah lama nggak saling tatap muka. Kecenderungan yang muncul adalah menunduk lalu cepat-cepat berlalu. Pokoknya sebisa mungkin jangan sampai mantan tahu keberadaanmu. Ternyata, ada penjelasan di balik perilakumu itu.

"Pertemuanmu dengan mantan akan membawa bermacam-macam emosi. Bentuk dari emosi itu kemudian berpengaruh pada fisik, seperti detak jantung mengencang, berkeringat, dan perut sakit," terang David Bennett, seorang konselor relationship, kepada Bustle (20/11).

Pernyataan David menjelaskan bahwa reaksi tersebut normal terjadi waktu kamu bertemu mantan. Hal tersebut juga nggak selalu jadi indikasi kalau kamu masih cinta dengan dia, namun lebih seperti mekanisme pertahanan dari tubuhmu.

1 dari 3 halaman

Mantan = Beruang?

Kali ini penjelasan datang dari seorang dating coach bernama Elsa Moreck.

" Badanmu nggak bisa membedakan antara bertemu mantan dengan bertemu beruang. Jadi, waktu hal itu terjadi, satu hal yang kamu tau harus lakukan cuma satu: kabur," ujar Moreck.

Namun reaksimu tersebut juga bergantung pada seburuk apa memorimu dengan mantanmu. Semakin buruk, maka tubuhmu akan semakin responsif terhadap hal itu.

2 dari 3 halaman

Bisa Dilatih

Kamu memang nggak bisa sepenuhnya mengontrol bagaimana tubuhmu merespon pertemuan dengan mantan, tapi kamu tetap bisa memilih tindakan apa yang akan kamu lakukan setelahnya.

" Di antara stimulus dan pemikiran, ada satu ruang kecil yang harus diisi dengan perhatian. Jika mantan adalah stimulus dan perasaan terancam adalah hasil dari pemikiran, maka perhatian adalah yang berperan untuk memunculkan rasa aman. Perhatian adalah hal yang bisa dilatih," ujar Moreck tentang apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi respon tubuh tersebut.

3 dari 3 halaman

Kuasai Situasi

Ilustrasi otak perempuan © Diadona

Bertemu dengan mantan memang membuat kamu ingin kabur saja, tapi hal tersebut bisa diseimbangkan dengan pemikiran untuk menguasai situasi.

" Biarkan yang lalu berlalu. Berterima kasihlah untuk semua pelajaran yang sudah diberikannya. Pada akhirnya, masa lalu itu lah yang membawamu ke posisi saat ini," tutup Moreck.

Gimana, apa kamu sudah siap untuk nggak deg-degan waktu bertemu mantan?

Beri Komentar