Dianggap Sepele, Memeluk Pasangan Usai Bercinta Ternyata Penting Banget loh!

Relationship | Kamis, 5 Agustus 2021 15:15

Reporter : Olivia Lidya Elsanty

Jangan langsung pergi, peluk dulu deh pasangannya..

Bicara soal hubungan pernikahan dan rumah tangga, pasti sering dikaitkan dengan aktivitas seksual. Hal ini tergolong sebagai salah satu kegiatan yang penting untuk menjaga keharmonisan dan keintiman hubungan.

Keintiman tentunya nggak hanya terjadi selama sesi bercinta. Ada kalanya, ambiens tersebut bisa dibangun sejak sebelum bercinta hingga setelah bercinta.

Dianggap Sepele, Memeluk Pasangan Usai Bercinta Ternyata Penting Banget loh!
2 dari 6 halaman

Salah satu caranya yakni dengan menjaga emosi dan ikatan bersama pasangan, lewat sebuah pelukan. Melansir dari Your Tango, pelukan usai bercinta memang terlihat sepele, namun ternyata menyimpan banyak manfaat bagi hubungan.

Penasaran seperti apa saja keuntungannya, simak ulasan selengkapnya ya!

3 dari 6 halaman

1. Meningkatkan kepuasan

Ilustrasi Pasangan di Atas RanjangIlustrasi Pasangan di Atas Ranjang © shutterstock.com/g/Nemanja Novakovic

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim dari University of Toronto Mississauga menemukan fakta bahwa pasangan yang berpelukan usai bercinta, memiliki tingkat kepuasan yang lebih tinggi dalam kehidupan seksnya. Pasalnya, keintiman dan ikatan emosional mereka tetap erat terikat satu sama lain.

2. Bikin hubungan lebih bahagia

Saat berpelukan, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin yang berkaitan dengan kebahagiaan. Elizabeth Lombardo, seorang psikolog menyatakan bahwa keintiman yang terbentuk lewat pelukan bisa mendatangkan kesehatan dan kebahagiaan dalam hubungan.

4 dari 6 halaman

3. Meningkatkan kasih sayang

Ilustrasi Pasangan di Atas RanjangIlustrasi Pasangan di Atas Ranjang © freepik.com

Pelukan usai bercinta juga bisa menumbuhkan rasa kasih sayang. Apalagi bagi pasangan yang sulit mengutarakan cinta lewat kata-kata, pelukan dan dekapan hangat adalah bukti bahwa kalian saling mencintai.

4. Jembatan untuk menuju ronde kedua

Dengan saling memeluk usai bercinta, keintiman akan terjaga. Lebih dari itu, gairah seksual juga bisa kembali meningkat. Dengan kondisi semacam ini, bukan nggak mungkin kan untuk adanya ronde kedua yang semakin membara?

5 dari 6 halaman

5. Meningkatkan imun

Ilustrasi Pasangan di Atas RanjangIlustrasi Pasangan di Atas Ranjang © shutterstock.com/g/Dmytro Zinkevych

Manfaat lain dari berpelukan usai bercinta adalah meningkatkan imun atau daya tahan tubuh. Kondisi imun yang baik, membuat tubuh jadi lebih kuat dan nggak mudah terserang penyakit. Hangatnya dapet, intimnya dapet, sehatnya juga dapet!

6. Mengurangi rasa cemas dan stres

Berpelukan usai sesi bercinta dipercaya bisa menekan hingga mengurangi rasa cemas dan stres yang dialami loh! Pasalnya, pelukan yang erat akan menimbulkan rasa aman dan nyaman. Mood booster banget deh!

6 dari 6 halaman

7. Meminimalisir risiko penyakit jantung

Sebagaimana yang disebut sebelumnya, pelukan bisa merilis hormon oksitosin. Hormon ini ternyata bisa menormalkan tekanan darah, serta menurunkan risiko penyakit jantung. So, jangan lupa peluk pasangan biar jantungnya tetap sehat ya!


Nah, itu dia 7 manfaat tak terduga dari pelukan usai sesi bercinta. Kelihatan sepele, tapi manfaatnya banyak banget kan? Selamat mencoba!

Join Diadona.id