Dikenal Cerdas dan Hati-Hati, Berikut 7 Ciri Orang yang Memiliki Kepribadian Melankolis

Relationship | Rabu, 19 Januari 2022 06:50

Reporter : Yoyok

Kamu termasuk melankolis gak nih?

Masih banyak orang yang salah mengartikan seseorang yang memiliki kepribadian melankolis. Masih banyak yang mengartikan bahwa melankolis merupakan orang yang lemah, mudah sedih, ataupun depresi sekalipun.

Padahal, melankolis merupakan kepribadianyang terbilang sangat detail dan hati-hati dalam mengambil keputusan. Bisa dibilang, melankolis cenderung perfeksionis dan juga sensitif.

Dikutip dari BetterHelp, berikut ini adalah beberapa ciri dari orang yang memiliki kepribadian melankolis.

Dikenal Cerdas dan Hati-Hati, Berikut 7 Ciri Orang yang Memiliki Kepribadian Melankolis
2 dari 9 halaman

Cerdas

Ciri pertama mereka yang memiliki sifat melankolis adalah cerdas. Orang yang melankolis cenderung memiliki kemampuan analitis dan juga intelektual. Contohnya, mereka sangat unggul dalam merencanakan liburan.

Gak cuma itu, melankolis juga bisa melihat sebuah masalah secara luas dan mencari solusinya. Hal ini membuat seorang melankolis dikenal sebagai problem solver.

Ilustrasi Wanita BerpikirIlustrasi Wanita Berpikir © Shutterstock

3 dari 9 halaman

Workaholic

Ciri berikutnya adalah melankolis cenderung berorientasi pada pekerjaan. Melankolis yang dikenal introvert dan tertutup lebih suka menghabiskan waktu dengan pekerjaan.

Mereka memiliki kepuasan tersendiri ketika menyelesaikan suatu pekerjaan. Setelah menyelesaikan pekerjaan, mereka merasa jauh lebih produktif dan efisien.

4 dari 9 halaman

Perfeksionis

Mereka yang melankolis juga terkenal memiliki sifat yang perfeksionis. Si melankolis suka melakukan segala sesuatu dengan sempurna, bagi mereka.

Orang melankolis cenderung menetapkan standar yang tinggi terhadap apapun. mereka juga menerapkan standar tersebut kepda diri sendiri dan juga orang lain. Jika standar tersebut tidak dapat tercapai, mereka lebih memilih untuk memendam amarahnya.

Ilustrasi WanitaIlustrasi Wanita © shutterstock.com/mentatdgt

5 dari 9 halaman

Setia

Orang melankolis cenderung memiliki sifat yang setia atau loyal. Mereka memiliki sifat loyal pada teman, rekan kantor, sahabat sejak kecil, ataupun atasan sekalipun. Walaupun begitu, tidak mudah lho untuk mendapatkan kesetiaan seorang melankolis.

Namun, sekali mereka bisa setia, maka akan berlangsung lama bahkan sampai selamanya. Si melankolis akan memiliki komitmen tinggi pada orang yang mereka percayai dan hormati.

6 dari 9 halaman

Kreatif

Orang yang melankolis cenderung kreatif dan bergelut di dunia senia, seperti musik, ataupun penulis. Si melankolis juga memiliki pola pemikiran out of the box.

Gak cuma itu, mereka juga kerap menunjukkan rasa pedulinya dengan berbagai cara yang inovatif.

Ilustrasi Wanita Main LaptopIlustrasi Wanita Main Laptop © shutterstock.com/TimeImage Production

7 dari 9 halaman

Mood Swing

Si melankolis juga sering berubah-ubah suasana hatinya lho. Melankolis memiliki sifat emosi yang tinggi dan selalu berubah menyebabkan suasana hati yang bisa berganti dengan sangat cepat.

Maka dari itu, bisa dibilang melankolis memiliki sifat yang mood swing banget.

8 dari 9 halaman

Sabar

Seperti disebutkan sebelumnya, orang melankolis cenderung untuk memendam amarah karena mereka memiliki sifat sabar dan tenang. Mereka cenderung tidak mudah kesal atau frustrasi ketika ada masalah.

Namun, jika mereka sudah marah, maka itu merupakan perasaan yang telah dikumpulkan dan menumpuk di hatinya. Ingat, kesabaran juga ada batasnya lho.

Ilustrasi Wanita dengan Tanaman HiasIlustrasi Wanita dengan Tanaman Hias © Shutterstock

Join Diadona.id