Emang Iya Perbedaan Usia yang Terlalu Jauh Ngaruh Banget ke Hubungan Percintaan?

Relationship | Kamis, 2 Desember 2021 06:50

Reporter : Yoyok

Yuk coba kita tanya ke si pernah ngalamin, Taylor Swift.

Beberapa waktu lalu, penyanyi Taylor Swift mengeluarkan album terbaru yang merupakan album remake dari Red yang sempat rilis di tahun 2012. Dalam album terbarunya tersebut, viral lagu berjudul All Too Well yang merupakan pengalaman cinta Taylor dengan aktor Jake Gyllenhall.

Mereka berdua menjalin hubungan ketika Taylor berusia 20 tahun dan Jake 29 tahun. Hubungan keduanyan pun tidak berjalan mulus dan pada akhirnya mereka putus. Lagu All Too well pun menjadi media curhat Taylor Swift akan perasaaannya saat itu.

Taylor dan Jake memiliki perbedaan usia yang cukup jauh ketika menjalin hubungan asmara, yaitu sembilan tahun. Emang, perbedaan usia ngaruh banget ya ke hubungan asmara? Atauka uysia hanya sebuah angka?

Emang Iya Perbedaan Usia yang Terlalu Jauh Ngaruh Banget ke Hubungan Percintaan?
2 dari 6 halaman

Ternyata, perbedaan usia yang cukup jauh pada sebuah hubungan asmara ngaruh banget lho. Dikutip dari Womantalk, menurut psikolog bernama Seth Meyers, Ph.D., perbedaan usia yang lenbih dari 10 tahun dapat membawa serangkaian masalahnya tersendiri.

“Meskipun selalu ada pengecualian, aturan yang baik untuk diingat adalah berkencan dengan seseorang yang lebih dari 10 tahun akan menghadirkan tantangan sekarang atau nanti yang menambah tantangan yang sudah ada sebelumnya dalam hubungan apa pun,” ucap Meyers.

Ilustrasi Pasangan Beda UsiaIlustrasi Pasangan Beda Usia © shutterstock.com/fonti

3 dari 6 halaman

Walaupun di awal bakal mulus dan merasa cocok dengan pasangan, perbedaan usia yang cukup jauh akan membuat kamu merasa dia berada di dunia yang berbeda. Contohnya seperti pergaulan ataupun pola pikir dalam memandang sesuatu.

“Pasangan dengan perbedaan usia besar perlu memikirkan segala sesuatunya atau mengambil risiko mengalami tahap yang saling bertentangan dalam hubungan. Anda akan mengalami perbedaan referensi, ketidaksetujuan dari keluarga dan teman, dan mungkin juga pandangan negatif masyarakat. Bahkan, mungkin sulit untuk berhubungan dengan teman sebaya satu sama lain," ucap Rachel Sussman, terapis pernikahan dan keluarga.

4 dari 6 halaman

Namun, jika kamu pernah menjalin hubungan dengan pasangan berbeda usia cukup jauh akan membawa hal positif padamu, yaitu kamu bisa lebih open minded ketika memilih kekasih. Rachel pun menambahkan jadikan perbedaan usia 10 tahun sebagai pedoman dasar dalam mencari pasangan.

Jangan membatasi diri hanya berkencan dengan calon pasangan yang lebih muda. Maka dari itu, sah-sah saja jika pria kencan dengan wanita yang lebih tua, begitu pula wanita yang coba-coba pacaran dengan pria lebih muda.

5 dari 6 halaman

“Individu yang tidak sehat memiliki tipe yang terlalu spesifik dan sempit, seperti 'Saya ingin seseorang berusia antara 30-35 tahun yang mencintai alam bebas, sangat dekat dengan orang tua dan saudara kandungnya' atau sebaliknya, terlalu luas dan tidak jelas, semisal 'Saya hanya menginginkan seseorang yang baik’,” ucap Meyers.

Kesimpulannya, menjalin hubungan dengan perbedaan usia yang cukup jauh memang akan memunculkan masalah di satu waktu. Namun, bukan berarti masalah tersebut tidak bisa diatasi lho, bahkan bisa jadi si dia yang terbaik untukmu.

Join Diadona.id