Gairah Bercinta Menurun karena Stres, Begini Cara Bikin Ranjang Kembali Hangat

Relationship | Sabtu, 23 Oktober 2021 14:15

Reporter : Olivia Lidya Elsanty

Yuk, intip cara hidupkan kembali gairah bercinta.

Menurunnya gairah bercinta bisa disebabkan oleh beragam hal. Namun siapa sangka, hal itu juga bisa terjadi saat seseorang mengalami stres loh..

Melansir dari Bustle, edukator seks bernama Kiana Reeves menyatakan bahwa efek samping paling umum dari stres adalah menurunnya gairah seks. Semakin tinggi tingkat stresnya, maka akan berdampak pada sistem saraf dan membuat gairah hingga libido jadi tersingkirkan.

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh OnePoll (2021), 56% dari 2.000 partisipan mengaku mengalami kecemasan dan hal itu membuat dorongan seksnya jadi terhambat. Secara tidak langsung, stres memengaruhi tingkat gairah, pelumasan, hingga keinginan untuk bercinta.

Lantas, bagaimana cara menghidupkan kembali gairah yang padam agar ranjang bisa kembali bergoyang? Berikut tips yang bisa kamu ikuti.

Gairah Bercinta Menurun karena Stres, Begini Cara Bikin Ranjang Kembali Hangat
2 dari 6 halaman

1. Cintai dan rawat diri sendiri

Ilustrasi Berendam Air HangatIlustrasi Berendam Air Hangat © shutterstock.com/id/g/ninabuday

Hal termudah untuk mengatasi padamnya gairah bercinta karena stres yakni dengan merawat diri sendiri lebih dulu. Hal ini diungkapkan oleh Cate Mackenzie, selaku terapis psikoseksual dan konselor pasangan.

"Kurang tidur, kepusingan di tempat kerja atau rumah, dan rutinitas kehidupan sehari-hari dapat mempengaruhi libido. Pastikan Anda tidur cukup, tetap bersenang-senang, dan menciptakan kreativitas untuk meningkatkan gairah seksual. Kecil kemungkinan dorongan seks akan langsung berubah dari 0 menjadi 100 dalam semalam. Untuk itu, bangun suasana tersebut untuk dapat meningkatkan mood Anda," ujar Cate, seperti melansir dari Bustle.

3 dari 6 halaman

2. Pahami benar-benar apa yang kamu senangi

Tahap selanjutnya yang bisa kamu lakukan yakni dengan menstimulasi diri untuk lebih bahagia dengan menghilangkan strets. Caranya yakni dengan mengenali hal-hal yang kamu sukai dan tidak kamu sukai.

"Mulailah dengan menulis atau mencatat hal-hal apa saja yang dapat membuat Anda bahagia. Rekamlah semua hal baik. Seperti kamu suka warna apa, aroma apa, apa yang membuat Anda semangat," lanjut Cate.

4 dari 6 halaman

3. Jangan terpaku dengan standar secara umum

Ilustrasi Pillow TalkIlustrasi Pillow Talk © shutterstock.com/g/silverkblack

Segala sesuatu yang berkaitan denagn seks bukanlah hal yang konstan. Perubahan usia, hormon, tahapan kehidupan, serta tingkat emosional ikut memengaruhi dorongan seks bagi seseorang. Untuk itu, penting bagi kamu untuk memahami dorongan seks diri sendiri.

"Standar tentang seberapa sering Anda seharusnya berhubungan seks atau seberapa cepat Anda harus terangsang itu menyesatkan dan berbahaya. Ini menyebabkan banyak rasa malu bagi orang-orang yang memiliki libido yang sehat dan kuat," ujar Irene Fehr, sex and intimacy coach.

5 dari 6 halaman

4. Ekspresikan gairah seks se-bebas mungkin

Yang tidak kalah penting, jangan ragu untuk mengekspresikan gairah seks karena ini juga menjadi cara lain untuk kembali meningkatkan libido bercinta. Dengan lebih banyak ekspresi yang dikeluarkan, kebutuhan seseorang akan seks jadi lebih mudah dikenali.

"Bereksperimen lah menggunakan cara yang membuat Anda bergairah. Bagi sebagian orang, memuji bagian tubuh satu sama lain bisa meningkatkan gairah. Bagi beberapa orang lainnya, percakapan dari hati ke hati bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan koneksi dan bergairah," tambah Irene.

Join Diadona.id