Gak Disadari, Berikut 7 Tanda Bahwa Perasaanmu Sedang Terluka

Reporter : Yoyok
Jumat, 30 April 2021 20:50
Gak Disadari, Berikut 7 Tanda Bahwa Perasaanmu Sedang Terluka
Sering kali orang-orang tidak sadar jika sedang sakit hati atau hatinya terluka

Perasaan sakit hati tidak harus datang dari hubungan percintaan. Masalah keluarga atau pertemanan terkadang bisa membuat perasaan terluka.

Percaya tidak percaya, banyak orang yang tidak menyadari kalau perasaannya sedang terluka. Tentu saja efeknya sangat tidak baik bagi dirimu jika dibiarkan terus menerus.

Dikutip dari iHeart Intelligence, berikut ini adalah tujuh tanda bahwa perasaanmu sedang terluka.

1 dari 8 halaman

Hilang Minat Terhadap Hal yang Bikin Senang

Ilustrasi wanita galau © Diadona

Akibat perasaan yang terluka, kamu jadi kehilangan minat terhadap hal-hal yang membuatmu bahagia. Kamu bakal kehilangan minat terhadap hobi-hobimu serta hal lainnya yang membuatmu senang.

Hal ini dikarenakan emosi negatif pada perasaanmu yang menggerogoti dari dalam. Untuk menghindarinya, jangan biarkan dirimu berdiam diri dalam waktu yang cukup lama. Selalu lakukan aktivitas agar tidak mudah melamun.

2 dari 8 halaman

Tidak Percaya Diri

Ketika perasaan sedang terluka, kamu bisa saja jadi meragukan kemampuan diri sendiri. Kamu bisa jadi insecure dan ragu atas kemampuan diri sendiri.

Perasaan ini juga menunjukkan bahwa kamu sedang tidak berada dalam kehilanagn jati diri yang sebenarnya. Butuh waktu agar kamu dapat kembali bangkit dan mulai percaya diri.

3 dari 8 halaman

Perilaku Orang-orang Sekitar Mudah Mengganggu

Ilustrasi wanita tutup mata © Diadona

Kamu akan jadi mudah terganggu dengan perilaku orang-orang sekitar ketika perasaanmu sedang terluka. Kamu akan jadi lebih sensitif dan mudah tersinggung.

Hal ini hanya akan membuatmu jadu dari hubungan sosial dan jadinya kamu akan menarik diri dari lingkungan. Terbuka dengan orang lain dapat menghilanhgkan perasaan ini.

4 dari 8 halaman

Pola Tidur Berantakan

Apakah kamu susah tidur? Atau waktu tidur lebih lama dari biasanya? Atau sering terbangun di malam hari? Pola tidur berantakan bisa menjadi tanda bahwa perasaanmu sedang terluka tanpa kamu sadari.

Pola tidur berantakan bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti mimpi buruk, kecemasan di malam hari, atau adrenalin sedang mengalir deras yang membuat kamu tidak bisa tidur. Untuk mengatasi hal ini, kamu butuh bantuan profesional.

5 dari 8 halaman

Merasa Putus Asa dan Tidak Berharga

Ilustrasi Wanita Cantik © Diadona

Perasaan yang terluka dapa membuat kamu putus asa dan merasa tidak berguna. Kamu akan sering menyalahkan diri sendiri atas segala sesuatu yang salah dan merasa hancur.

Kamu kamu berada dalam posisi ini, cobalah untuk mendapatkan perhatian dari orang yang kamu cintai agar dapat membantumu secara emosi. Faktor lingkungan akan sangat membantu jika kamu sedang berada dalam masa putus asa.

6 dari 8 halaman

Gampang Menangis

Perasaan yang terluka akan memicumu unutk menangis tanpa kamu sadari. Karena perasaan sedang terluka, kamu akan jadi mudah menangis karena hal-hal kecil. Contohnya seperti membaca novel, karena film, dan beberapa hal sepele lainnya.

Ketika kamu menjadi mudah menangis seperti ini, coba pahami lebih dalam penyebabnya. Pahami apakan memang cerita di novel tersebut benar-benar menyedihkan, atau itu karena dirimu yang sedang mudah menangis.

7 dari 8 halaman

Terus Mengingat Kenangan Buruk

Ilustrasi Wanita Sedih © Diadona

Ketika kamu berusaha move on dari pengalaman buruk namun kenangannya selalu menghantui, bisa jadi perasaanmu sedang terluka. Perjuangan move on atas pengalaman buruk tersebut menjadi tanda bahwa kamu sebenarnya harus menerima rasa sakit tersebut.

Coba untuk mencari alasan mengapa perasaan tersebut bisa terasa sangat sakit. Setelah ketemu, kamu harus rela menikmatinya karena itu sebenarnya sesuatu yang akan normal.

Beri Komentar