Gak Perlu Gugup, Berikut 10 Cara Menghadapi Kecemasan saat Mempersiapkan Pernikahan

Reporter : Yoyok
Rabu, 23 Juni 2021 07:50
Gak Perlu Gugup, Berikut 10 Cara Menghadapi Kecemasan saat Mempersiapkan Pernikahan
Walaupun diawali dengan semangat, namun bisa jadi ujung-ujungnya kamu batalkan

Banyak dari kita pastinya akan semangat saat menrencanakan pernikahan sendiri. Entah itu mau pakai catering yang mana, dekorasinya seperti apa, atau gaun pengantinnya yang ingin modelnya seperti apa.

Namun, walaupun dimulai dengan perasaan berapi-api, ada kalanya ketika menjelang hari H kamu akan gugup dan cemas akan pernikahanmu sendiri. bahkan, ada juga yang saking cemasnya membatalkan pernikahan lho.

Semua persiapan pernikahan pastilah ujung-ujungnya akan positif dan menyenangkan. Yang harus kamu lakukan sebagai calon pengantin adalah mengatasi kecemasan saat mempersiapkan pernikahan.

Dikutip dari Thought Catalog, berikut ini adalah 10 cara menghadapi kecemasan saat mempersiapkan pernikahan.

1 dari 11 halaman

Terima Perasaan Cemas Tersebut

Langkah pertama dalam mengatasi rasa cemas saat mempersiapkan pernikahan yauitu dengan menerima rasa cemas tersebut. Biasanya, calon pengantin sering kali stres dalam merencanakan pernikahannya. Rasa cemas pun otomatis datang dan kamu tidak ada niat untuk mengatasinya.

Memang, merasa gugup dan cemas di hari-hari sebelum pernikahan merupakan hal yang biasa terjadi. Namun, rasa gugup ini tidak seharusnya membuatmu sampai membatalkan pernikahan.

Jika kamu merasa cemas dan gugup saat merencanakan pernikahan, terima perasaan tersebut dengan jujur dan ikhlas.

2 dari 11 halaman

Cari Tahu Alasannya

Ilustrasi Pernikahan © Diadona

Setelah kamu menerima perasaan cemas tersebut, langkah berikutnya adalah cari tahu penyebabnya. Cari tahu hal yang membuatmu cemas ketika merencanakan pernikahan.

Apakah ini tentang budget pernikahan? masalah dengan keluarga calon pengantin? Menghindari masalahnya hanya akan memperburuk keadaan. Cara mengatasinya yaitu dengan membicarakan masalah tersebut, karena dengan begini beban besar tidak lagi di pundakmu.

3 dari 11 halaman

Sadari Bahwa Sempurna Itu Tidak Mungkin

Tidak ada yang sempurna di dunia ini, termasuk pernikahanmu nanti. Ketidaksempurnaan akan menjadi begian saat kamu merencanakan pernikahan nanti. Jadi, bersiaplah untuk menhadapinya.

jangan terlalu cemas memikirkan bahwa pernikahanmu harus sempurna. Lakukan yang terbaik, dan terima bahwa tidak ada yang bakal sempurna di pernikahanmu nanti. Ingat, yang penting dari sebuah pernikahan adalah kamu akan mengikat janji suci bersama dengan orang yang kamu cintai.

4 dari 11 halaman

Jaga Selera Humor

Ilustrasi Pernikahan © Diadona

Hidup bakalan hampa tanpa adanya humor atau tertawa. Maka dari itu, penting untuk kamu menjaga selera humor selama merencanakan pernikahan.

Jangan semua-muanya dibawa serius. Tertawa membahas dekorasi yang unik dan lucu atau catering makanan yang bakalan dipilih bareng pasangan dapat mengatasi kecemasan selama merencanakan pernikahan. Menjadi konyol satu sama lain merupakan hal yang kamu butuhkan saat ini.

5 dari 11 halaman

Tetapkan Goal yang Sehat

Tidak ada proses merencanakan pernikahan yang bebas dari stres. Daripada memikirkan hal mustahil seperti itu, lebih baik kamu memikirkan bagaimana cara mengatasi perasaan cemas tersebut.

Tidak usah kamu menuruti kecemasanmu, tetapkan saja seperti apa pernikahann yang cocok dalam segala sesi bagi kamu dan pasangan. Tetapkan goal yang sehat dan tidak muluk-muluk agar tidak menjadi beban buat kalian berdua.

6 dari 11 halaman

Meditasi

Ilustrasi Pernikahan Outdoor Seleb © Diadona

Meditasi merupakan salah satu cara untuk mengatasi kecemasan. Temukan teknik meditasi yang cocok untuk kamu.

Penelitian membuktikan bahwa 10 menit meditasi dalam sehari dapat mengatasi rasa cemas dalam pikiran. Kalau bisa, mulailah dari sekarang.

7 dari 11 halaman

Tetapkan Batasan

Tidak adanya batasan dalam merencanakan pernikahan, dapat membuat kamu dan pasangan stres dan cemas. Apalagi jika keluarga atau kerabat sangat ikut campur dalam perencanaan pernikahanmu, tentu saja akan bikin bingung dan ujung-ujungnya stres.

Jika sudah begini, kamu perlu menentukan batasan agar orang-orang di sekitarmu tersebut tidak terlalu ikut campur dalam persiapan pernikahan. Kamu bisa denngan mengatakannya secara tegas namun halus bahwa perencanaan pernikahan ini bisa kamu selesaikan sendiri.

8 dari 11 halaman

Temukan Hobi

Ilustrasi Pernikahan © Diadona

Hobi dapat mengatasi stres yang disebabkan oleh apapun, termasuk perencanaan pernikahan. Salurkan semua energi cemas tersebut ke dalam hobimu.

Entah itu kamu bisa olahraga untuk melepas penat atau nongkrong bareng teman-teman. Bahkan, kamu juga bisa memulai suatu hobi baru ketika kecemasan mulai datang.

9 dari 11 halaman

Makan Makanan Sehat

Tips satu ini bukanlah cara untuk diet. Malahan, melakukan diet sebelum pernikahan dapat menjadi salah satu penyebab stres lho.

Makanlah makanan yang membuat kamu rileks ataupun enjoy, contohnya seperti makanan favorit. Makan makanan yang kamu sukai dapat memberikanmu pikiran positif dan memengaruhi kesehatan mental.

Dan jangan lupa, makanlah secara teratur dalam sehari. Camilan atau snack juga merupakan ide bagus dalam mengatasi stres.

10 dari 11 halaman

Minta Bantuan

Ilustrasi pernikahan © Diadona

Dalam merencanakan pernikahan, kamu tidaklah sendirian. Ada pasangan yang siap membantu, wedding planner juga dapat menolong, atau mendengarkan beberapa saran dari keluarga atau teman dekat juga akan sangat membantu.

Jadi, kamu jangan ragu untuk minta tolong dengan orang sekitar, karena mereka sejatinya siap untuk membantumu.

Beri Komentar