Gak Perlu Panik, Berikut Ini 7 Tips Ampuh Buat si Introvert Menjalani Lebaran

Reporter : Yoyok
Jumat, 29 April 2022 06:50
Gak Perlu Panik, Berikut Ini 7 Tips Ampuh Buat si Introvert Menjalani Lebaran
Saat bertemu dengan keluarga besar, bisa menjadi mimpi buruk buat kamu yang introvert.

Lebaran 2022 tinggal menghitung hari lagi. Semua orang pasti senang merayakan lebaran bersama dengan keluarga besar yang sudah lama tidak bertemu.

Namun, bagia sebagian orang, lebaran bisa menjadi mimpi buruk. Bagi orang introvert, lebaran dan bertemu banyak orang membuat mereka resah dan gelisah.

Seperti kita tahu, orang introvert tidak nyaman dengan tempat penuh orang. Apalagi orang-orang tersebut mengenalnya dan pastinya akan mengajaknya ngobrol.

Namun, buat kamu yang introvert, tidak perlu panik menjalani lebaran. Berikut ini adalah beberapa tips bagi si introvert untuk menjalani lebaran.

1 dari 8 halaman

Tenangkan Pikiran Dulu

Tips yang pertama, sebelum bertemu dengan banyak orang, sebaiknya kamu menenangkan pikiran dulu. Hal ini dikarenakan si introvert sebelumnya bakal gugup, tidak PD, bahkan bisa sampai panik.

Maka dari itu, menenangkan diri dahulu sebelum bertemu dengan banyak orang adalah sebuah kunci. Jangan terburu-buru untuk langsung bertemu dengan banyak orang.

Ilustrasi Lebaran © Diadona

2 dari 8 halaman

Buat Diri Nyaman

Tips berikutnya yaitu buat diri sendiri nyaman terlebih dahulu. Kumpulkan dulu rasa percaya diri sambil membuat diri nyaman sebelum bertemu dengan sanak saudara.

Hal ini sangat dibutuhkan oleh si introvert untuk mengurangi risiko merasa tertekan ataupun panik.

3 dari 8 halaman

Cari Space Untuk Menyendiri Sejenak

Tips selanjutnya yaitu menemukan tempat atau space menyendiri sejenak dari orang-orang. Kerumunan orang merupakan hal yang sangat dihindari oleh mereka yang introvert.

Menjauhkan diri sejenak dari mereka dapat menenangkan diri dan juga pikiran. kamu bisa memilih toilet ataupun teras depan rumah sambil menghirup udara segar.

Ilustrasi Lebaran © Diadona

4 dari 8 halaman

Jangan Paksa Diri Untuk Bicara

Jangan memaksakan diri untuk ngobrol atau bicara jika tidak suka. Apalagi saat itu kamu bicara pada banyak orang dengan kondisi yang tidak nyaman.

Ngobrol dengan banyak orang bisa bikin si introvert merasa tertekan, apalagi topik pembicaraannya cenderung gak nyambung dan tidak disukai. Kamu tidak perlu basa-basi kepada mereka. Mungkin saja mereka bisa paham bahwa kamu tidak bisa berbasa-basi.

5 dari 8 halaman

Hindari Obrolan Tentang Kehidupan Pribadi

Tips berikutrnya yaitu hindari untuk membicarakan seputar kehidupan pribadi atau privasi. Seperti kehidupan percintaan, karier, atau semacamnya yang menurutmu privasi.

Bagi orang introvert, membicarakan hal pribadi kepada oranglain termasuk keluarga bakal membuat dirinya tertekan. Orang-orang jadi tahu tentang kehidupan pribadimu dan membuat si introvert jadi merasa serba salah dan sensitif.

Ilustrasi Lebaran © Diadona

6 dari 8 halaman

Jadi Diri Sendiri Apa Adanya

Saat lebaran, kamu tidak perlu untuk jadi orang lain. Jadilah diri sendiri apa adanya. Orang introvert cenderung tidak percaya diri dengan dirinya.

Kamu harus mulai membiarkan orang lain untuk mengetahui dirimu yang sebenarnya. Jangan jadikan kehadirian orang lain mengganggumu untuk jadi diri sendiri.

7 dari 8 halaman

Segera Pamit Jika Acara Sudah Selesai

Pulang merupakan hal yang ditunggu-tunggu untuk mereka yang introvert saat lebaran. Kamu tidak perlu menunda-nunda lagi sudah saatnya pulang.

Bagi orang introvert, bertemu dengan banyak orang dalam satu waktu dapat menghabiskan energi berlebih. Maka dari itu, mereka butuh recharge lagi dengan pulang ke rumah.

Tetapi, jangan lupa pamit pulangnya yang sopan ya.

Ilustrasi Buka Bersama © Diadona

Beri Komentar