Gugup Berdahapan dengan Orang yang Ditaksir, Mengapa ya?

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 13 Juli 2021 22:24
Gugup Berdahapan dengan Orang yang Ditaksir, Mengapa ya?
Bawannya gugup terus, apa ada yang salah ya?

Pernah gak sih Diazens mengalami perasaan gugup saat bertemu dengan doi? Ya, sebut saja dengan sosok idaman yang kamu taksir.

Entah itu rekan kantor, senior kerja, teman seangkatan, atau bahkan sosok teman yang saat ini barangkali kamu sedang mengharapkan hubungan lebih dari sekedar sahabat. ya, wajar banget kok kalau kamu merasakan perasaan 'gugup' ini.

1 dari 5 halaman

Tak heran dan bukan jadi hal baru kok kalau kita pernah mengalami momen saat lidah rasanya kelu dan bingung akan bicara apa di depan seseorang yang kita taksir. Bahkan, bsia jadi kita justru mengatakan sesuatu yang membuat kita seperti orang bodoh saking gugupnya.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi perempuan melamun © Diadona

Jangan khawatir ya, ternyata ada penjelasan ilmiah mengapa saat berhadapan dengan seseorang yang kita taksir bisa membuat jadi gugup. Ya, salah satu alasannya adalah respon kimia dalam tubuh yang hampir sama dengan saat seseorang menggunakan obat terlarang.

3 dari 5 halaman

Beremu tatap dengan orang yang ditaksir bisa mmebuat tubuh melepaskan hormon dopamin, adrenalin, serotonin, estrogen, bahkan testosteron. Campuran hormon ini akan membuat kecerdasan dan juga kepercayaan diri seolah lenyap begitu saja.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Perempuan Kesepian © Diadona

Reaksi hormon-hormon ini juga bisa mengganggu kemampuan berbicara. Tak sekedar itu, penelitian juga menunjukkan bahwa respon zat kimia dalam otak mampu membuat kita berpikir bahwa kita memiliki banyak kesamaan dengannya dibanding yang sebenarnya.

5 dari 5 halaman

Kendati demikian, tentu saja efek terbesar dari kesukaan terhadap seseorang bisa menyebabkan kita merasa stres, takut, bahkan cemas. Emosi yang campur aduk tersebut menurut para ilmuwan disebabkan karena produksi hormon yang kelewat aktif tadi.

Nah, sekarang sudah tahu kan mengapa kita sering banget memiliki perasaan gugup kala berhadapan dengan orang yang ditaksir? Jadi, jangan khawatir karena itu adalah hal normal dan umum terjadi. Semoga kamu bisa mengatasi rasa gugupmu ya. Semangat!

Beri Komentar