Hari Persahabatan Sedunia 30 Juli, Begini Sejarah dan Acara Perayaannya

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 30 Juli 2021 15:05
Hari Persahabatan Sedunia 30 Juli, Begini Sejarah dan Acara Perayaannya
Happy International Frienship Day, Diazens.

Eh Diazens sudah pada tahu belum ya kalau tiap tanggal 30 Juli itu ada spesial yang diperingati di seluruh dunia loh. Yaitu, Hari Persahabatan Sedunia atau khalayak internasional menamainya sebagai Intertional Friendship Day.

Hari Persahabatan Sedunia ini maknanya bukan sekedar individu dengan individu lain ya. Gagasan terbentuknya hari ini adalah bahwa persahabatan antar masyarakat, negara, budaya, dan individu dapat menginspirasi upaya perdamaian dan membangun jembatan antar komunitas.

Lalu bagaimana sih awal mula, atau sejarah terbentuknya Hari Persahabatan Sedunia ini?

1 dari 4 halaman

Sejarah Hari Persahabatan Dunia 30 Juli

Hari Persahabatan Sedunia © Diadona

Melansir dari laman Tirto.id, hari Persahabatan Sedunia ini adalah insiatif yang bermula dari sebauh proposal UNESCO. Proposal tersebut merupakan atau berisi tentang Budaya Damai sebagai seperangkat nilai, sikap dan perilaku menolak kekerasan dan mencegah konflik. Nah, kemudian, inisiatif ini diadopsi Majelis Umum PBB pada 1997.

Sebelum diadopsi oleh PBB pada tahun 1997 dan ditetapkan pada tahun 2011, Hari Persahabatan Sedunia secara perdana diusulkan oleh Dr. Ramon Artemio Bracho bersama World Friendship Crusade pada tahun 1958. Sebagai info tambahan, ini merupakan komunitas sipil internasional yang mengkampanyekan budaya damai melalui persahabatan.

Alasan PBB menetapkan 30 Juli sebagai Hari Persahabatan Sedunia selian untuk menjembatani perdamaian antar komunitas dunia adalah juga ingin melibatkan kaum muda sebagai pemimpin masa depan untuk terus menghormati keragaman dan mempromosikan perdamaian dunia.

2 dari 4 halaman

Memperingati Hari Persahabatan Sedunia 2021

Hari Persahabatan Sedunia © Diadona

Menindaklanjuti Hari Persahabatan Sedunia, PBB mendorong pemerintah, organisasi internasional dan kelompok masyarakat sipil untuk mengadakan acara, kegiatan, dan inisiatif lain guna mempromosikan solidaritas, saling pengertian, dan rekonsiliasi.

Nah, kita sebagai masyarakat sipil bisa kok memperingati hari persahabatan ini sesuai kapasitas kita. Juga, ini adalah saat yang tepat bagi kita untuk mengingat teman-teman yang selalu ada, mengingatkan kita tentang kesalahan-kesalahan kita, mengorbankan waktu mereka, menghibur kita, dan bahkan tetap berteman meski jarak memisahkan.

3 dari 4 halaman

Inilah beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk merayakan Hari Persahabatan Sedunia. Oh iya ini semua dilansir dari laman National Today, ya.

1. Temui teman untuk makan bareng dan mengobrol

Bertemu teman sambil menikmati santapan favorit lalu mengobrol tentang banyak hal adalah hal yang sangat menyenangkan. Tentu saja ini bisa kita jadikan salah satu cara merayakan Hari Persahabatan Sedunia.

Namun, karena sedang dilanda pandemi kita bisa menggantinya secara virtual. Kita bisa melakukan panggilan video dengan sahabat kita bisa juga dengn saling bertukar hadiah dan mengirim makanan.

2. Menghadiri perayaan budaya sebuah komunitas

mengahdiri acara untuk bertemu dengan orang baru dan kemudian mendapatkan sahabat baru adalah hal yang sangat mengasikan. Namun lagi-lagi karena pandemi yang belum usai memaksa kita kiita untuk lebih peduli ke kesehatan dari pada keluar mencari teman.

3. Mengirim kartu ucapan

Saling mengirimkan kartu ucapan yang berisi doa serta harapan baik pasti akan membuat persahabatan semakin erat. Ini juga saat yang tepat untuk berterima kasih kepada sahabat kita karena telah menjadi penghias paling indah di hidup kita.

Jadi, selamat merayakan Hari Persahabatan Sedunia, ya. Let's make a better world.

Beri Komentar