Hati-Hati, Kurang Tidur Berpotensi Bikin Kamu Jomblo!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 30 Maret 2020 12:12
Hati-Hati, Kurang Tidur Berpotensi Bikin Kamu Jomblo!
Eh, gimana ceritanya sih?

Biasanya seseorang yang kurang tidur selalu dikaitkan dengan kondisi kesehatannya, tapi siapa sangka kurang tidur ternyata bisa berhubungan dengan kondisi asmara dan pertemanan lho.

Melansir dari brightside.me, sebuah penelitian mengungkap bahwa orang-orang yang kurang tidur akan sulit disukai oleh orang lain. Atau lebih mudahnya, orang-orang nggak begitu suka melihat orang lain dengan wajah yang masih ngantuk dan terkesan kurang tidur.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi mengantuk © Diadona

Sebanyak 25 orang dilibatkan dalam penelitian yang dilakukan oleh Tina Sundelin, Mats Lekander, Kimmo Sorjonen, dan John Axelsson. Responden tersebut difoto 2 kali, foto pertama diambil sewaktu mereka sudah tidur selama 8 jam dalam sehari dan foto kedua diambil ketika mereka tidur hanya 4 jam dalam waktu dua hari.

122 orang lainnya diminta untuk melihat foto tersebut dan menilai seberapa besar daya tarik mereka untuk bersosialisasi dengan orang yang ada di foto tersebut. Hasil penelitian mengungkap bahwa orang-orang dengan kondisi kurang tidur menunjukkan penampilan yang kurang menarik dan kurang sehat.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Mengantuk © Diadona

Beberapa orang mengaitkan daya tarik dengan karakteristik positif. Sehingga manakala dihadapkan dengan orang yang terlihat kurang tidur, mereka beranggapan bahwa orang-orang tersebut kurang ramah, tidak optimis, kurang empati, bahkan seringkali sulit memahami dan mengekspresikan emosi dengan buruk.

 

3 dari 3 halaman

Orang yang kurang tidur memang seringkali dikaitkan dengan masalah kesehatan mental. Meskipun sebenarnya mereka dalam kondisi sehat, wajah yang terlihat mengantuk justru memberikan kesan negatif pada orang lain. Dengan demikian, secara tidak sadar orang lain justru justru kurang tertarik untuk melakukan kontak dengan mereka.

Waduh, kalau dibiarin lama-lama, orang yang kurang tidur bakalan sulit dapat temen dan pasangan dong ya? Mulai sekarang jangan skip tidur ya hehe..

Beri Komentar